International Race of Champions

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
International Race of Champions
KategoriBalap mobil stok
Negara atau daerahAmerika Serikat
Musim pertama1974
Musim terakhir2006
Pembalap12
KonstruktorPontiac
Juara pembalap terakhirTony Stewart

International Race of Champions (IROC) adalah kompetisi balap mobil Amerika Utara, yang diciptakan oleh Les Richter, Roger Penske dan Mike Phelps, dipromosikan sebagai setara dengan American All-Star Game atau The Masters. Terlepas dari namanya, IROC terutama terkait dengan budaya balap oval Amerika Utara.

Pengendara melaju dengn mobil-mobil stok yang disiapkan secara identik yang dibentuk oleh satu tim mekanik dalam upaya untuk membuat balapan murni sebagai tes kemampuan pengemudi. Dan lomba dijalankan dengan bidang kecil driver yang diundang (6-12 pembalap). Ajang ini dibuat dan dikembangkan pada tahun 1972 oleh David Lockton, pengembang Ontario Motor Speedway, diluncurkan pada tahun 1973, dengan Mark Donohue menjadi pembalap pertama yang memenangkan kejuaraan pada tahun 1974. Mobil-mobil yang digunakan tahun itu adalah Porsche Carrera RSRs. Kemenangan Donohue dalam balapan keempat dan terakhir musim itu adalah kemenangan terakhirnya, ketika ia meninggal dalam kecelakaan Formula Satu di Österreichring dalam praktik untuk Grand Prix F1 Austria 1975. Seri ini tidak berjalan pada tahun 1981, 1982, atau 1983.

Pada tahun 2007, IROC tidak dapat menemukan sponsor dan menunda dua balapan pertama di Daytona dan Texas.[1] IROC melanjutkan hiatus pada tahun 2007 berharap untuk kembali dengan sponsor pada tahun 2008, yang tidak terjadi. Pada Maret 2008 IROC melelang peralatan, peralatan, mobil dan memorabilia, dan keluar dari bisnis.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]