Insomnia fatal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insomnia fatal
Citra kranial pasien FFI (fatal familial insomnia). Pada MRI, terdapat sinyal abnormal di daerah subkortikal frontoparietal bilateral. MRA menunjukkan cabang distal yang lebih kecil dari arteri serebral.
Informasi umum
SpesialisasiPsikiatri, Sleep medicine [En], Neuropatologi
TipeFatal familial insomnia, sporadic fatal insomnia[1]
PenyebabMutasi genetik, bentuk sporadis sangat jarang ditemui
Faktor risikoRiwayat keluarga
Aspek klinis
Gejala dan tandaInsomnia progresif yang menyebabkan demensia dan kematian.
KomplikasiKeadaan hypnagogia [en] permanen di kemudian hari
Awal munculAbad pertengahan[2]
DiagnosisSuspek berdasarkan gejala, Didukung oleh Studi tidur, PET scan dan tes DNA (Jika bentuk Familial dicurigai)[2]
Kondisi serupaPenyakit Alzheimer, demensia frontotemporal, ensefalopati spongiform menular lain[3]
Tata laksana
PencegahanTidak ada
PerawatanPengobatan simtomatik[1]
PengobatanTidak ada
PrognosisSelalu mematikan
PrevalensiKurang dari 40 keluarga di seluruh dunia diketahui membawa gen yang terkait dengan penyakit ini, 24 kasus sporadis telah didiagnosis (per tahun 2016) [3]

Insomnia fatal[4] adalah kelainan genetik sangat langka yang menyebabkan insomnia (kesulitan tidur) sebagai gejala khasnya.[1] Gangguan tidur biasanya muncul secara bertahap dan memburuk seiring waktu.[3] Gejala lain yang menyertai termasuk gangguan bicara, gangguan koordinasi, dan demensia.[5][6] Penyakit ini dapat menyebabkan kematian dalam beberapa bulan hingga beberapa tahun.[1]

Peyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit prion.[1] Biasanya disebabkan oleh mutasi pada gen penyandi protein PrPC.[1] Insomnia fatal memiliki dua bentuk berbeda: insomnia fatal familia, atau fatal familial insomnia (FFI), yang dominan autosomal serta insomnia fatal sporadis (sporadic fatal insomnia, (sFI)) yang disebabkan oleh mutasi yang tidak diwariskan. Diagnosis dicurigai berdasarkan gejala, dan dapat didukung oleh studi tidur, pemindaian PET, dan pengujian genetik jika keluarga pasien memiliki riwayat penyakit. Mirip dengan penyakit prion lainnya, diagnosis hanya dapat dikonfirmasi dengan otopsi otak post-mortem.[2]

Insomnia fatal belum diketahui obatnya, dan menyebabkan penderitanya mengalami insomnia yang semakin memburuk, serta mengarah pada halusinasi, delirium, keadaan bingung seperti demensia, hingga pada akhirnya menyebabkan kematian.[7] Waktu kelangsungan hidup rata-rata dari timbulnya gejala adalah 18 bulan. Kasus pertama yang tercatat adalah seorang pria Italia, yang meninggal di Venesia pada tahun 1765.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f "Fatal Insomnia - Neurologic Disorders". Merck Manuals Professional Edition (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 May 2019. 
  2. ^ a b c "Fatal familial insomnia". Genetic and Rare Diseases Information Center (GARD) – an NCATS Program. Diakses tanggal 17 May 2019. 
  3. ^ a b c "Fatal Familial Insomnia". NORD (National Organization for Rare Disorders). Diakses tanggal 17 Mei 2019. 
  4. ^ "Insomnia Fatal, Ketika Tubuh Kehilangan Kemampuan untuk Tidur". detikHealth. 22 Januari 2016. Diakses tanggal 16 Agustus 2021. 
  5. ^ "What is fatal familial insomnia?". Healthline. 2018-01-26. Diakses tanggal 4 May 2018. 
  6. ^ "Fatal Insomnia". Merck Manual. Diakses tanggal 4 Mei 2018. 
  7. ^ Schenkein J, Montagna P (2006). "Self management of fatal familial insomnia. Part 1: what is FFI?". MedGenMed. 8 (3): 65. PMC 1781306alt=Dapat diakses gratis. PMID 17406188. 
  8. ^ Max, D. T. (2007). The Family that Couldn't Sleep: A medical mysteryPerlu mendaftar (gratis) (dalam bahasa Inggris). New York: Random House Trade Paperbacks. hlm. 4. ISBN 9781400062454. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi