Insiden Makau (1799)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insiden Makau
Bagian dari Perang Revolusi Prancis

Peta muara Sungai Mutiara. Kepulauan Wanshan dilabeli "Ladrone In".
Tanggal27 Januari 1799
LokasiKepulauan Wanshan, Laut Tiongkok Selatan
Hasil Tidak jelas
Pihak terlibat
 Britania Raya Spanyol Spanyol
Prancis Prancis
Tokoh dan pemimpin
Kapten William Hargood Laksamana Muda Ignacio Maria de Álava
Kekuatan
Dua kapal tiang, satu fregat Dua kapal tiang, empat fregat
Korban
Nihil Nihil

Insiden Makau adalah suatu pertempuran yang berakhir dengan ketidakjelasan antara skuadron kuat Prancis dan kapal perang Spanyol dengan sebuah skuadron pendamping Angkatan Laut Britania Raya di Kepulauan Wanshan (atau Kepulauan Ladrones) dekat Makau pada 27 Januari 1799. Insiden ini terjadi dalam konteks kampanye militer Hindia Timur dalam Perang Revolusi Prancis, skuadron sekutu lawan yang berusaha mengganggu konvoi pedagang Britania yang berharga karena berlayar dari Dinasti Qing Tiongkok. Ini merupakan upaya yang kedua dalam tiga tahun; pada Insiden Selat Bali tahun 1797, sebuah skuadron fregat Prancis telah mundur untuk melawan enam Armada India Timur dalam perjalanan mereka ke Tiongkok. Pada awal tahun 1799, skuadron Prancis tersebut telah berpencar, dengan dua kapal fregat tersisa dikerahkan ke Filipina Spanyol. Di sana fregat tersebut bergabung dengan skuadron Manila Spanyol dan berlayar untuk menyerang konvoi-konvoi Tiongkok Britania yang berkumpul di Makau.

Komandan Britania di Hindia Timur, Laksamana Muda Peter Rainier khawatir terhadap kerentanan konvoi Tiongkok dan mengirim bala bantuan untuk mendukung satu-satunya kapal pendamping Angkatan Laut Britania Raya, kapal tiang HMS Intrepid di bawah Kapten William Hargood. Bala bantuan ini tiba pada 21 Januari, hanya enam hari sebelum skuadron sekutu lawan tiba di Makau. Hargood berlayar untuk menghadapi kapal Prancis dan Spanyol, dan pengejaran pun terjadi melalui Kepulauan Wanshan sebelum kontak hilang. Kedua belah pihak kemudian menyatakan bahwa satu sama lain telah menolak pertempuran, meskipun itu merupakan skuadron sekutu yang mundur, Hargood kemudian berhasil mengawal konvoi Tiongkok dengan aman ke arah barat.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Perdagangan Hindia Timur merupakan suatu komponen penting dari ekonomi Britania Raya dalam abad kedelapan belas. Dikelola oleh Perusahaan Hindia Timur Britania dari India Britania, barang-barang perdagangan eksotis dibawa dengan kapal-kapal dagang besar dan bersenjata lengkap yang dikenal sebagai Armada India Timur,[1] yang berbobot antara 500 dan 1.200 ton panjang (510 dan 1.220 ton).[2] Di antara bagian yang paling berharga dari perdagangan India Timur adalah konvoi tahunan dari Kanton, sebuah pelabuhan di Dinasti Qing Tiongkok. Pada awal setiap tahun, sebuah konvoi besar dari Armada India Timur akan berkumpul di Pelabuhan Whampoa dalam persiapan untuk perjalanan enam bulan mereka melintasi Samudra Hindia dan melalui Samudra Atlantik menuju Britania. Nilai perdagangan yang dibawa dalam konvoi ini, yang dijuluki "Armada Tiongkok", sangat besar: satu konvoi pada tahun 1804 dilaporkan membawa barang senilai lebih dari £8 juta dalam nilai kontemporer.(setara dengan £700.000.000 sampai dengan tahun 2024).[3][4]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Note: Although Woodman claims that Sercey led the allied squadron off Macau,[5] Parkinson is clear that Sercey remained on Java at Sourabaya and had no part in the inconclusive operation.[6]

Kutipan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gardiner "Victory of Seapower" 1997, hlm. 101.
  2. ^ Clowes, Vol.V 1997 [1899], hlm. 337.
  3. ^ Indeks Harga Eceran di Britania Raya berbasis data dari Clark, Gregory (2017). "The Annual RPI and Average Earnings for Britain, 1209 to Present (New Series)". MeasuringWorth. Diakses tanggal 27 Januari 2019. 
  4. ^ Gardiner "Victory of Seapower" 1997, hlm. 32.
  5. ^ Woodman 2001, hlm. 115.
  6. ^ Parkinson 1954, hlm. 124.

Referensi[sunting | sunting sumber]