Inside Out (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Inside Out (film 2015))

Inside Out

Poster film Inside Out
Index card
SutradaraPete Docter
Protagonis
Performing arts productionJonas Rivera
Perancang produksiRalph Eggleston
NaskahPete Docter, Meg LeFauve, Josh Cooley, Ronnie del Carmen, Bill Hader, Michael Arndt dan Amy Poehler
MusikMichael Giacchino
Penyuntingan filmKevin Nolting
Rumah produksiPixar Animation Studios dan Walt Disney Pictures
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Penampilan perdana
Durasi94 menit[1]
Bahasa asli (film atau acara televisi)Inggris
Warnaberwarna
Budget$175 juta[2]
Pendapatan box office$857.611.174[3]
Deskripsi
Genrefilm komedi, film fantasi, family film, film petualangan, film drama, drama komedi dan children's film
MPA film ratingPG
Subjek utamaEmosi
Latar tempatSan Francisco
List of awards and nominations
Nominasi
Penghargaan
Laman resmidisneypixar.fr…
IMDB: tt2096673 Filmaffinity: 135623 Allocine: 196960 Rottentomatoes: m/inside_out_2015 Letterboxd: inside-out-2015 Mojo: pixar2014 Allmovie: v547721 TCM: 2021003 Metacritic: movie/inside-out-2015
Twitter: PixarInsideOut
Seri: Inside Out
Seri: Daftar film Pixar

Inside Out adalah film animasi remaja Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Pete Docter dan diproduseri oleh Jonas Rivera. Skenario film ini ditulis oleh Pete Docter, Meg LeFauve dan Josh Cooley, sementara cerita film ini ditulis oleh Pete Docter dan Ronnie del Carmen berdasarkan pengalaman Pete Docter terhadap perubahan perilaku putrinya, Ellie, yang telah menginjak usia 11 tahun. Proses pengembangan film ini dibantu oleh sejumlah ilmuwan psikologis termasuk Dacher Keltner dari Universitas California, Berkeley. Film ini dibintangi oleh Amy Poehler, Phyllis Smith, Bill Hader, Lewis Black, Mindy Kaling, Kaitlyn Dias, Kyle MacLachlan dan Diane Lane.

Film Inside Out ditayangkan perdana di Cannes pada tanggal 18 Mei 2015[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Juni 2015.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis bernama Riley Andersen lahir di Minnesota, dan dalam pikirannya, lima manifestasi dari emosi yaitu Joy (riang), Sadness (kesedihan), Fear (ketakutan), Anger (kemarahan), dan Disgust (jijik). Emosi tersebut tinggal di Markas besar yang terletak di pikiran Riley, di mana mereka mengatur keadaan riley dalam bertindak dan menjadikannya sebuah kenangan. Kenangan barunya disimpan di bola berwarna yang mewakilkan masing-masing emosi seperti Joy berwarna kuning, Sadness berwarna biru, Fear berwarna ungu, Anger berwarna merah, Disgust berwarna hijau. Di mana memori-memori yang telah diolah seharian penuh tersebut dikirim ke Long Term Memory (ingatan jangka panjang) pada tahap awal tidur yaitu REM (Rapid Eye Movement). Sedangkan memori yang paling penting atau disebut "inti memori" disimpan di hub Markas, inti memori berisikan kejadian yang terpenting dalam kehidupan Riley sehingga membentuk suatu kepribadian dirinya. Oleh karena itu ketika salah satu inti memori tercipta, akan tercipta pula pulau kepribadian. Saat itu Riley memiliki 5 inti memori yang mewakilkan 5 pulau kepribadian Riley; pulau kekonyolan, pulau hoki, pulau persahabatan, pulau kejujuran, dan pulau Kekeluargaan, kelima inti memori tersebut dihasilkan dari kenangan bahagia. Joy bertindak sebagai emosi yang dominan untuk menjaga Riley dalam keadaan bahagia, sementara Fear bertindak menjaganya dari bahaya, Disgust melindunginya dari racun dalam hal fisik dan sosial, Anger membantunya dari ketidakadilan, tetapi saat itu belum ada yang mengetahui kegunaan Sadness kepada Riley sehingga Joy kerap menjauhkannya dari konsol.

Ketika Riley berusia 11 tahun, keluarganya berpindah ke San Francisco setelah ayahnya mendapat pekerjaan baru. Namun, rumah baru mereka tak sesuai yang diharapkannya, dan barang-barang mereka masih dalam truk bergerak yang berakhir tersesat di suatu tempat di Texas. Dikala tersebut, Sadness kerap menyentuh memori bahagia yang sedang dimainkan (di mana ini menjadi konsep ketika Riley "mengingat" sesuatu), menyebabkan memori tersebut berubah menjadi memori sedih. Joy mencoba menjauhkan Sadness sebisa mungkin dari konsol. Namun, pada hari pertama Riley di sekolah barunya, Sadness sengaja menyebabkan Riley menangis di depan kelasnya, kejadian tersebut sangat petaka sehingga menciptakan inti memori dari kenangan sedih untuk pertama kalinya. Joy mencoba untuk membuang inti memori baru tersebut sebelum mencapai hub pusat, tetapi dia tidak sengaja menyentuh inti memori lainnya sehingga terjatuh saat bertengkar dengan Sadness, menon-aktifkan kelima pulau kepribadian dan membuat Riley dalam ketidakstabilan. Ketika Joy berusaha mengembalikan inti memori tersebut kembali ke hub, dia, Sadness, dan kenangan inti tersedot keluar dari Markas melalui tabung memori yang mengarah ke sisa pikiran Riley. Mereka berakhir di tempat penyimpanan labirin kenangan jangka panjang Riley dan berangkat untuk kembali ke Markas.

Anger, Disgust, dan Fear berupaya untuk mempertahankan kondisi emosional Riley saat Joy tidak ada, tetapi secara tidak sengaja malah menjauhkan Riley dari orangtuanya, teman-teman, dan hobi, sehingga pulau kepribadiannya perlahan runtuh dan jatuh ke dalam Dump Memory, sebuah jurang di mana kenangan memudar, dibuang dan dilupakan. Anger menyisipkan ide untuk melarikan diri ke Minnesota di konsol kontrol, percaya mereka dapat menghasilkan kenangan inti baru jika kembali ke Minnesota. Sementara itu, Joy dan Sadness bertemu dengan Bing Bong, teman imajinasi Riley yang terlupakan, Joy memberikan janji untuk berusaha mengembalikan Bing Bong kedalam imajinasi Riley. Bing Bong memberitahu mereka bahwa mereka bisa pergi ke Markas Besar dengan mengendarai kereta pemikiran. Setelah menjelajahi daerah yang berbeda di pikiran Riley; Abstract Thought, Taman Imajinasi, dan Tempat Produksi Mimpi, ketiganya akhirnya berhasil menaiki kereta pemikiran. tetapi tidak bertahan lama, kereta tersebut terjatuh saat terkena reruntuhan pulau kejujuran yang runtuh akibat Riley mencuri kartu kredit ibunya.

Riley berhasil mempersiapkan untuk naik bus menuju Minnesota, Joy mencoba untuk kembali ke Markas melalui pulau kekeluargaan, tetapi pulau kekeluargaan perlahan hancur akibat penyikapan Riley yang mengelabui orang tuanya ketika ia kabur. Joy pun menemukan cara menggunakan pipa pengingat yang terhubung ke markas, dikala itu Joy berpikir bahwa sadness hanya akan membuat hidup Riley semakin menderita sehingga ia menutup pipa pengingat untuk dirinya sendiri, dan meninggalkan Sadness bersama Bing Bong. Namun akibat efek reruntuhan pulau kekeluargaan, tabung tersebut pecah dan menjatuhkan Joy ke Dump Memory, Bing Bong yang berniat menolongpun malah ikutan terjatuh. mereka mendarat diatas ribuan memori yang telah memudar, Joy putus asa dan menangis meratapi memori masa kecil Riley yang penuh keceriaan memudar, di mana ia merindukan Riley saat masih dalam keceriaan. dikala itu Joy menemukan sebuah memori sedih yang berisikan keputusasaan Riley ketika ia kalah dalam pertandingan hoki, lalu Joy terkejut memori tersebut berubah menjadi memori riang ketika Riley dihibur oleh orang tuanya juga tim hokinya, menyadarkan Joy bahwa Sadness (Kesedihan) berguna untuk memberitahu seseorang di lingkungannya bahwa Riley dalam masa berat dan membutuhan bantuan psikologis.

Mereka menemukan roket wagon milik Bing Bong yang dapat mengeluarkan tenaga dorong dan akhirnya berusaha keluar dari Dump Memory, tetapi setelah beberapa kali gagal, Bing Bong menyadari berat badan gabungan mereka terlalu berat sehingga ia mengorbankan diri dengan melompat dari roket, supaya Joy bisa keluar dari Dump Memory. Joy menggunakan berbagai alat dari Dunia Imajinasi untuk mendorong dirinya sendiri dan Sadness ke Markas. ketika berhasil sampai di markas Joy mendesak Sadness mengambil kendali dan berhasil menghapus ide kabur Riley, dan mendorong Riley untuk kembali ke rumah ketika dirinya baru saja menaiki bus.

Riley tiba di rumah dan terjatuh dalam tangisan, mengaku kepada orangtuanya bahwa dia merindukan kehidupan lamanya. Orangtuanya memeluk Riley dan secara langsung kondisi batin dalam diri Riley membaik, menjadikan sebuah tangisan kebahagiaan yang begitu penting, menghasilkan inti memori baru yang mewakilkan dua warna (Joy dan Sadness) dan membentuk pulau kekeluargaan terbaru, menggantikan pulau kekeluargaan lama yang telah hancur. Setahun kemudian, Riley sudah mampu beradaptasi dengan rumah barunya, dan semua emosinya sekarang bekerja sama untuk membantunya memimpin konten, hidup yang lebih kompleks secara emosional saat ia terus bertumbuh kekedewasaan, dengan konsol kontrol diperluas (menandakan semakin kompleksnya psikologis Riley) dan pulau-pulau kepribadian tambahan yang dihasilkan oleh inti memori campuran dua emosi.

Pengisi Suara[sunting | sunting sumber]

Bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Clara Dewanti sebagi Joy
  • Francisca Sri Setyaningsih sebagi Sadness
  • Hermano Suryadi sebagi Fear
  • Juni "Muchus Gober" Faif sebagi Anger
  • Ajeng Atmakusuma sebagi Disgust

Versi bahasa Indonesia saat ini tersedia di Disney+ Hotstar.

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Inside Out mendapatkan review positif dari para kritikus di seluruh dunia. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 98%, berdasarkan 328 ulasan, dengan rating rata-rata 8,9/10.[11] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 94 dari 100, berdasarkan 55 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[12] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[13]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Inside Out mendapatkan $356.461.711 di Amerika Utara dan $501.149.463 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $857.611.174, melebihi anggaran produksi film $175 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $90.440.272, menempati posisi kedua di box office di belakang film Jurassic World.[3]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The 2015 Official Selection". Cannes Film Festival. April 15, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 18, 2015. Diakses tanggal April 16, 2015. 
  2. ^ Lang, Brent (June 17, 2015). "Box Office: 'Inside Out' Won't Stop 'Jurassic World' Rampage". Variety. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 18, 2015. Diakses tanggal June 18, 2015. 
  3. ^ a b c "Inside Out (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  4. ^ Todd McCarthy (May 18, 2015). "'Inside Out': Cannes Review". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses tanggal May 18, 2015. 
  5. ^ Gettell, Oliver (May 11, 2015). "Cannes 2015: Studios to drop in with 'Mad Max,' 'Inside Out'". Los Angeles Times. Diakses tanggal May 16, 2015. 
  6. ^ "Inside Out An IMAX 3D Experience". IMAX. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-15. Diakses tanggal June 17, 2015. 
  7. ^ a b c d e f g "D23 Expo: New Art From the Upcoming Disney, Pixar and Disneytoon Movies". ComingSoon.net. August 9, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-08-13. Diakses tanggal August 13, 2013. 
  8. ^ Debruge, Peter (June 10, 2014). "Pixar Breaks Silence, Offers Inside Look at 'Inside Out' at Annecy". Variety. Diakses tanggal June 13, 2014. 
  9. ^ Mendelson, Scott (October 2, 2014). "'Inside Out' Trailer Sells Pixar's Emotional Legacy". Forbes. Diakses tanggal October 5, 2014. Inside Out stars Kaitlyn Dias as the young girl whose brain provides the basis for the story. 
  10. ^ a b Bryan Alexander (December 8, 2014). "Parents speak their mind in Pixar's 'Inside Out'". usatoday.com. Gannett. Diakses tanggal December 8, 2014. 
  11. ^ "Inside Out (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  12. ^ "Inside Out reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 5, 2016. 
  13. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]