Inoue Kaoru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Inoue Kaoru
Kaoru Inoue 4.jpg
Inoue Kaoru
Menteri Luar Negeri Jepang
Masa jabatan
Desember 1885 - September 1887
PendahuluTidak ada
PenggantiItō Hirobumi
Menteri Pertanian dan Perdagangan
Masa jabatan
Juli 1888 - Desember 1898
PendahuluKuroda Kiyotaka
PenggantiIwamura Michitoshi
Menteri Dalam Negeri Jepang
Masa jabatan
Agustus 1892 - Oktober 1894
PendahuluKōno Togama
PenggantiNomura Yasushi
Menteri Keuangan Jepang
Masa jabatan
Januari 1898 - Juni 1898
PendahuluMatsukata Masayoshi
PenggantiMatsuda Masahisa
Informasi pribadi
Lahir(1836-01-16)16 Januari 1836
Yuda, Wilayah Chōshū, Jepang
Meninggal dunia1 September 1915(1915-09-01) (umur 79)
Shizuoka, Prefektur Shizuoka, Jepang

Marquis Inoue Kaoru (井上 馨, lahir 16 Januari 1836 – meninggal 1 September 1915 pada umur 79 tahun), GCMG adalah anggota dari oligarki Meiji pada zaman Meiji di Kekaisaran Jepang. Sebagai salah satu negarawan senior Jepang selama periode itu, ia memiliki pengaruh besar pada pemilihan pemimpin bangsa dan pembentukan kebijakan.

Tahun-tahun awal[sunting | sunting sumber]

Inoue Kaoru sebagai seorang samurai muda.

Ia lahir dengan nama Yakichi (勇吉) dari keluarga samurai kelas bawah di Yuda, Domain Chōshū (sekarang Yamaguchi, Prefektur Yamaguchi) Inoue menghadiri sekolah Meirinkan Domain dengan saudaranya Ikutarō (幾 太郎). Dia adalah seorang teman masa kecil dekat Ito Hirobumi yang kemudian menjadi perdana menteri pertama Jepang, dan dia memainkan peran aktif dalam gerakan sonnō jōi. Pada tahun 1858, ia belajar Rangaku, artileri dan pedang di Edo.

Pada periode Bakumatsu, Inoue muncul sebagai pemimpin gerakan antiforeigner di kota asalnya Chōshū. Berkeinginan untuk menyingkirkan Jepang orang asing, ia dan Takasugi Shinsaku membakar kedutaan Inggris di Edo di Januari 1863.

Menyadari kebutuhan Jepang untuk belajar dari kekuatan Barat, Inoue bergabung dengan Chōshū Lima dan diselundupkan keluar dari Jepang untuk belajar di Kuliah Universitas, London di Inggris pada tahun 1863. Ketika ia kembali dengan Itō Hirobumi, ia gagal mencoba untuk mencegah perang (Pertempuran Shimonoseki) antara Chōshū dan kekuatan angkatan laut barat selama penutupan Selat Shimonoseki ke pelayaran asing. Kemudian, ia berperang melawan pasukan dari Keshogunan Tokugawa di 1864 Pertama Chōshū ekspedisi, di mana ia terluka parah. Dia kemudian memainkan peran kunci dalam pembentukan Satchō Aliansi melawan Keshogunan Tokugawa.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikimedia Commons Media yang berkaitan dengan Inoue Kaoru di Wikimedia Commons