Ingress (gim video)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Ingress adalah sebuah gim daring banyak pemain, yang menggunakan informasi lokasi dan teknologi realitas tertambah. Gim ini dikembangkan oleh Niantic, yang merupakan kantor bawahan Google. Gim ini pada awalnya dirilis khusus untuk ponsel Android, pada 15 November 2012, dan kemudian diluncurkan pula untuk ponsel iOS, pada 14 Juli 2014. Cerita latar gim ini adalah fiksi ilmiah, dengan narasi terbuka yang terus berjalan. Ingress juga dipandang sebagai "exergame" yang menggunakan informasi lokasi.

Tidak seperti dalam banyak gim daring banyak pemain lainnya, dalam Ingress kompetisi terjadi antara dua faksi (tim) dan bukan antara masing-masing pemain. Pemain tidak pernah berinteraksi secara langsung dengan pemain lain atau terkena damage (kecuali ketika kehabisan XM, yaitu sebuah zat yang membolehkan seluruh aksi kecuali pergerakan dan komunikasi). Gim ini dimainkan dengan cara menangkap "portal" pada tempat-tempat yang penting secara kultural, seperti seni publik, bangunan bersejarah, monumen, dll., dan saling menautkannya satu sama lain untuk menciptakan "zona kontrol" (control field) berbentuk segitiga yang menyelimuti area geografis di dunia nyata.

Progres di dalam gim ini dihitung secara individual, yaitu dengan mengakumulasikan Action Points atau AP. AP diberikan untuk berbagai hal yang dilakukan dalam gim, seperti menghancurkan atau merusak portal lawan; menangkap, menautkan, atau mengisi ulang portal; menciptakan control field; dan lain-lain. Para pemain diberi ranking berdasarkan AP yang didapat. Pemain faksi lawan dapat "bertarung" secara tidak langsung, dalam waktu yang hampir bersamaan, yaitu dengan mencoba mengambil kendali satu portal: satu faksi akan menghancurkan sumber daya dan pertahanan portal tersebut, dan faksi lain akan mengembalikan ketahanan portal tersebut. Namun, tidak ada penalti untuk "kehilangan" portal, kehancuran field, atau untuk alasan lainnya. Kompetisi yang bermakna hanyalah kompetisi antarfaksi.

Para pemain gim ini bermain dengan cara bergerak secara fisik untuk mencapai portal tertentu. Berkendara diperbolehkan, tetapi setelah kecepatan tertentu, gim ini takkan bekerja. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesehatan pemain serta mengajak mereka berkendara dengan aman, selain itu juga untuk mencegah spoofing GPS.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Permainan ini memiliki latar belakang cerita fiksi ilmiah. Alkisah, berkaitan dengan penemuan partikel Higgs oleh para ilmuwan CERN di tahun 2012, ditemukan pula bahwa Bumi dilingkupi dengan "Exotic Matter" atau XM. Zat ini kemudian dikaitkan dengan kaum Shapers, yaitu fenomena atau ras alien yang misterius.

Faksi[sunting | sunting sumber]

Di dalam gim, reaksi manusia terhadap penemuan ini kemudian memecah manusia menjadi dua faksi besar dan saling berlawanan, yaitu Enlightened dan Resistance. Faksi Enlightened percaya bahwa aksi mereka akan meningkatkan dan memajukan kemanusiaan; sementara itu, kaum Resistance percaya bahwa aksi-aksinya melindungi kemanusiaan dari masuknya kaum Shapers dan melindungi kebebasan kemanusiaan. Kedua faksi ini adalah "tim" yang saling berlawanan dalam gim. Kaum Resistance diwakili dengan warna biru, sementara kaum Enlightened dengan warna hijau.

Gawai yang mendukung aplikasi gim[sunting | sunting sumber]

Koneksi Wi-Fi atau seluler yang kuat, serta koneksi GPS, diperlukan untuk bermain Ingress. Gawai yang mendukung aplikasi gim ini adalah gawai yang menjalankan Android 4.0+ dan iOS 7 ke atas.

Di daerah tanpa koneksi seluler, sebuah modem BGAN dapat digunakan untuk mencapai portal.