Infrared Space Observatory

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Infrared Space Observatory (ISO) adalah teleskop ruang untuk cahaya inframerah yang dirancang dan dioperasikan oleh European Space Agency (ESA), bekerja sama dengan ISAS (bagian dari JAXA pada 2003) dan NASA. ISO dirancang untuk mempelajari cahaya inframerah pada panjang gelombang 2,5-240 mikrometer.

Euro 480.100.000 ISO diluncurkan pada 17 November 1995 dari landasan peluncuran ELA-2 di Guyana Space Centre dekat Kourou di Guyana Prancis. Kendaraan peluncuran, roket Ariane 44P, mentempatkan ISO berhasil masuk orbit geosentris sangat elips, menyelesaikan satu revolusi mengelilingi bumi setiap 24 jam. Cermin utama yang Ritchey-Chrétien teleskop diukur 60 cm dan didinginkan menjadi 1,7 Kelvin dengan cara helium superfluida. Satelit ISO berisi empat instrumen yang memungkinkan untuk pencitraan dan fotometri 2,5-240 mikrometer dan spektroskopi 2,5-196,8 mikrometer.

Saat ini, ESA dan IPAC melanjutkan upaya untuk meningkatkan pipa data dan alat analisis perangkat lunak khusus untuk menghasilkan yang terbaik kalibrasi kualitas dan reduksi data metode dari misi. IPAC mendukung pengamat ISO dan pengguna arsip data melalui in-house kunjungan dan lokakarya.

Referensi[sunting | sunting sumber]