Infante

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Infante (bahasa Spanyol: [iɱˈfante], bahasa Portugis: [ĩˈfɐ̃t(ɨ)]; feminin: Infanta), diterjemahkan sebagai Pangeran, adalah gelar dan pangkat yang diberikan di kerajaan Iberia Spanyol (termasuk kerajaan-kerajaan pendahulunya, Aragon, Kastila, Navarra, dan León) dan Portugal kepada anak laki-laki dan perempuan (infanta) Raja, tanpa memandang usia. Terkadang, gelar ini tidak diberikan terhadap pewaris tetap maupun pewaris sementara takhta yang biasanya memegang gelar pangeran atau adipati tersendiri.[1] Seorang wanita yang menikah dengan seorang infante juga akan diberi gelar infanta apabila pernikahan tersebut disetujui oleh wangsa (contoh: Infanta Alicia dari Bourbon-Parma), meskipun sejak 1987 tidak lagi diberikan secara otomatis di Spanyol (contoh: Infanta Ana dari Orléans).[1] Sementara itu, suami dari seorang infanta tidak mendapatkan gelar infante melalui pernikahan (tidak seperti gelar keturunan bangsawan Spanyol lainnya), meskipun terkadang ada yang diberikan gelar de gracia ("yang dianugerahi") sesuai perintah Penguasa.[1][2]

Selain menjadi hak kepada seluruh putra maupun putri penguasa monarki (meskipun hingga orang tua mereka tidak lagi bertahkta), gelar ini juga sering diberikan kepada para menantu laki-laki dan cucu penguasa dari jalur laki-laki (contoh: Infante Fernando dari Bayern, Infante Pedro Carlos dari Spanyol dan Portugal), terkadang kepada kerabat laki-laki dari wangsa penguasa (contoh: Infante Enrique, Adipati Sevilla), juga kepada kerabat dari jalur perempuan penguasa (contoh: Infante Sebastião dari Spanyol dan Portugal, Infante Alfonso, Adipati Galliera).

Infante Spanyol[sunting | sunting sumber]

Infante Spanyol saat ini[sunting | sunting sumber]

Sesuai kedudukannya, penyandang gelar infante/infanta Spanyol saat ini adalah:

Infante Portugal[sunting | sunting sumber]

Infante Portugal saat ini[sunting | sunting sumber]

Portugal telah menjadi sebuah republik sejak tahun 1910, menghilangkan kuasa monarki di negara tersebut. Berikut adalah penyandang gelar infante/infanta Portugal yang merupakan kerabat dekat Duarte Pio, Adipati Braganza, kepala wangsa kerajaan Portugal:

  • Infanta Maria Francisca, Adipati Wanita Coimbra (anak kedua Duarte Pio);
  • Infante Dinis, Adipati Porto (anak ketiga Duarte Pio);
  • Infante Miguel, Adipati Viseu (adik Duarte Pio).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c de Badts de Cugnac, Chantal; de Saisseval, Guy Coutant (2002). Le Petit Gotha (dalam bahasa Prancis). Paris: Nouvelle Imprimerie Laballery. hlm. 303, 364–369, 398, 406, 740–742, 756–758. ISBN 2-9507974-3-1. 
  2. ^ Velde, François R. (30 Desember 2004). "The style of Infante / Infanta de España". Heraldica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Juli 2022.