Inca Kola

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Inca Kola
Inca Kola
JenisMinuman Ringan
ProdusenCorporación José R. Lindley S.A.
Negara asalPeru
Diperkenalkan1935
Produk terkaitCoca-Cola, Kola Real

Inca Kola (juga dikenal sebagai "Kola Emas"/"Golden Kola" pada iklan internasional)[1] adalah minuman ringan yang diciptakan di Peru pada 1935 oleh imigran asal Inggris Joseph Robinson Lindley.[2] Minuman soda ini rasanya manis, memiliki rasa buah yang merepresentasikan bahan utamannya yaitu lemon verbena (verbena de Indias or cedrón dalam bahasa Spanyol),[3] di Amerika Serikat mirip rasanya dengan rasa permen karet atau krim soda.[4] Terkadang dikategorikan sebagai champagne cola, produk ini dideskripsikan sebagai an acquired taste" whose "intense color alone is enough to drive away the uninitiated."[5]

Perusahaan Coca-Cola memiliki merek dagang Inca Kola diseluruh dunia kecuali Peru.[6] Di Peru, merek dagang Inca Kola dimiliki oleh Corporación Inca Kola Perú S.A., sejak 1999[7] yang merupakan perusahaan patungan antara Coca-Cola Companydan keluarga Lidley, mantan pemiliki tunggal dari Corporación Inca Kola Perú S.A. dan Corporación José R. Lindley S.A.

Inca Kola merupakan kebanggaan dan rasa patriotisme Peru, sebuah ikon nasional.[2] Inca Kola tersedia di sebagian Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Eropa, walaupun begitu Inca Kola tidak terlalu sukses di luar Peru, Inca Kola juga dapat ditemukan di toko-toko khusus Amerika Latin di seluruh dunia. Inca Kola dijual dalam bentuk botol yang diberi motif khusus Inca.

Sejarah Inca Kola[sunting | sunting sumber]

Pada 1910, di distrik Rímac, salah satu distrik tertua dan paling tradisional di Kota Lima, keluarga imigran dari Inggris memulai usaha pembotolan skala kecil dengan menggunakan nama keluarga yaitu Lindley. Pada 1928, perusahaan tersebut akhirnya resmi berbadan hukum di Peru dengan nama Corporación José R. Lindley S.A dimana Joseph R. Lindley menjadi Direktur Umum yang pertama.[8][8][8][9]

Pada awal 1930an, perusahaan ini memiliki sepuluh rasa soda yaitu Orange Squash, Lemon Squash, Champagne Kola, dan Cola Rosada. Pada 1935, dalam acara 400 tahun berdirinya kota Lima, Lindley memperkenalkan apa yang menjadi produk paling terminal, Inca Kola yang rasanya berdasarkan Lemon Verbena (bahasa Spanyol: Verbena de Indias or Cedrón). Lindsey telah melakukan beragam eksperimen dengan beragam campuran, beragam bahan dan beragam tingkatan karbonasi, sampai pada akhirnya Lindsey mendapatkan kombinasi tiga belas cita rasa dari beragam tumbuhan. Perusahaan meluncurkan "Inca Cola" dengan slogan "There is only one Inca Kola and it's like no other" (Inca Kola sólo hay una y no se parece a ninguna).

Pada pertengahan 1940an, Inca Kola adalah pemimpin pasar di Lima karena kampanye iklan yang agresif. Hal ini menarik minat bagi warga negara Peru yang mendominasi populasi, perusahaan memposisikan Inca Kola sebagai minuman tradisional Peru, menggunakan gambar dan ikon nasional dan pribumi. Kampanye iklan ini susses dan penjualan Inca Kola naik.

Inca Kola mencapai angka 38% penetrasi pasar pada 1970, mengungguli semua produsen minuman berkarbonasi di peru dan menjadikannya "Minuman Warga Peru" (La Bebida del Perú). Logo umum yang digunakan pada akhir 1970an dan awal 1980an menggunakan slogan "Made of National Flavor!" (¡De Sabor Nacional!), yang kemudian diubah menjadi "The taste of Peru" (El Sabor del Perú).

Pada 22 Januari 2009, Inca Kola berkolaborasi dengan D'Onofrio, perusahaan eskrim ikonik asal Peru yang dimiliki oleh Netsle meluncurkan minuman dengan rasa ice pop.

Di Amerika Serikat, Inca Kola dibuat oleh Coca-Cola Company dan dijual di supermarket dengan ukuran botol 2-liter (68 U.S. fl oz), kaleng, dan botol individual

Kompetisi[sunting | sunting sumber]

Pada 1995, Coca-cola memiliki pangsa pasar minuman soda mencapai 32% di Peru sementara itu Inca Kola memiliki pangsa pasar 32,9% sejak saat itu pangsa pasar Inca Kola terus naik karena beberapa restoran waralaba cepat saji memasukannya ke dalam menu makanan. Bembos, restoran waralaba cepat saji dari Peru mengganti Coca-cola ke Inca Kola pada 1995 karena tingginya permintaan, McDonald's juga mulai menyajikan Inca Kola pada restorannya di Peru pada 1995, sebelum Coca-Cola memiliki merek Inca Kola (saat itu, Peru merupakan satu-satunya tempat dimana Coca-Cola setuju dengan perjanjian semacam itu).

Lindley menjalankan restrukturisasi perusahaan pada 1997. Ekspansi yang dilakukan mendatangkan banyak hutang yang memakan banyak korban, Lindley rugi hampir $5 juta pada 1999. Inca Kola mencari pertolongan, mereka mendatangi Coca-Cola Co., yang kemudian membeli setengah saham Inca Kola Peru dan seperlima saham Corporación José R. Lindley S.A. dengan harga yang tidak disebutkan tetapi diperkirakan total transaksi mencapai $200 juta. Johnny Lindley Taboada, cucu dari pendiri dan Direktur Utama Corporación José R. Lindley S.A., ditunjuk menjadi Direktur Utama perusahaan patungan antara Inca Kola dan Coca-Cola. Coca-Cola menjadi pemilik tunggal dari merek Inca Kola diluar Peru sedangkan di Peru perjanjian kerja sama dibuat.[10] Sampai sekarang, Ekuador dan Amerika Serikat (sebagian besar di New York dan wilayah timur laut Amerika Serikat) merupakan dua negara dimana Inca Kola diproduksi oleh Coca-Cola Company

Saat dua entitas besar itu bernegosiasi, beragam perusahaan kecil mulai muncul di Peru, berusaha untuk menjual minuman yang menyaingi Coca-Cola (Peru Cola, Cola Nacional, Inti Cola, Kola Real, dll.) dan Inca Cola (Isaac Kola, Triple Kola, Concordia, Oro, dll.). Penjulan utama perusahaan ini adalah fakta bahwa Inca Kola sudah bukan menjadi perusahaan Peru, setelah dijual kepada perusahaan asing, sehingga Inca Kola tidak layak untuk menerima uang masyarakat Peru.

Selama 2004, Corporación José R. Lindley S.A. memulai pembicaraan untu membeli Embotelladora Latinoamericana S.A., sebuah perusahaan pembotolan yang melakukan pembotolan Inca Kola sejak 1973. Embotelladora Latinoamericana S.A. komplain karena harga konsentrat Inca Kola yang naik drastis sejak merger dengan Coca-Cola akibatnya, mereka membatalkan kontrak pembotolan Inca Kola di 2000. Hasilnya, pada 2005 Corporación José R. Lindley S.A. membeli dua per tiga saham Embotelladora Latinoamericana S.A. senilai $215 juta. Corporación José R. Lindley S.A. saat ini melakukan pembotolan untuk produk Inca Kola dan Coca-Cola dimana pangsa pasar gabungan mencapai 60%.

Slogan[sunting | sunting sumber]

Slogan Inca Kola: " The taste of Peru "
Inca Kola Gordita
  • 1935: Inca Kola OK .[11]
  • 1936   – 1950: Solo hay una y no se parece a ninguna ("Hanya ada satu, tidak seperti yang lain").
  • 1960   – 1980: La bebida del sabor nacional ("Minuman dengan cita rasa nasional").
  • 1980   – 1985: El sabor de la alegría ("Rasa kebahagiaan").
  • 1985   – 1989: La bebida del sabor nacional ("Minuman rasa nasional").
  • 1990   – 1995: Es nuestra, La bebida del Perú ("Ini milik kita, Minuman Peru").
  • 1996   – 1999: Pide bien; que con todo combina ("Pesanlah, ini sesuai dengan segalanya").
  • 2000   – 2001: El sabor de lo nuestro ("Rasa apa yang menjadi milik kita").
  • 2001   – 2003: Hay una sola y el Perú sabe por qué ("Hanya ada satu, dan Peru tahu mengapa").
  • 2003   – 2005: El sabor del Perú ("Rasa Peru").
  • 2005: Destapa el sabor del Perú ("Lepaskan rasa dari Peru").
  • 2005   – 2006: Celebra el Perú ("Rayakan Peru").
  • 2006: Qué buena idea ("Ide yang bagus").
  • 2007: El sabor de la creatividad ("Rasa kreativitas").
  • 2008   – 2009: Con creatividad todo es posible ("Dengan kreativitas, semuanya mungkin").[12]
  • 2010: Inca Kola 75 años ("Inca Kola: 75 tahun").
  • 2015: Vamos por más ("Mari kita lanjutkan lebih banyak").

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Publicidad The Golden Kola" (dalam bahasa Spanish). YouTube. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  2. ^ a b Sims, Calvin (December 26, 1995). "Lima Journal; Peru's Pride That Refreshes: Kola of a Local Color". The New York Times. hlm. 1. 
  3. ^ "Inca Kola: The Curious Peruvian Cola". Diakses tanggal January 11, 2012. 
  4. ^ "Coca-Cola Agrees to Buy Half of Inca Kola Peru". The New York Times. February 24, 1999. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  5. ^ Sims, Calvin (December 26, 1995). "Lima Journal;Peru's Pride That Refreshes: Kola of a Local Color". The New York Times. hlm. 2. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  6. ^ "Product Descriptions: Inca Kola". The Coca-Cola Company. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 9, 2012. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  7. ^ "Gale Directory of Company Histories: Corporación José R. Lindley S.A." 
  8. ^ a b c "Ayuda a Pablo y sé parte de la historia del nuevo comercial de Inca Kola" (dalam bahasa Spanish). Diarsipkan dari versi asli tanggal October 22, 2011. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  9. ^ "Corporación José R. Lindley S.A." Inca Kola. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-17. Diakses tanggal 2020-02-13. 
  10. ^ "Coca-Cola Buys Half of Peru Soft Drink, Rights to Global Distribution...And Unveils Its Own Bottled Water in the United States". All Business. March 1, 1999. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 7, 2012. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  11. ^ "INCA KOLA: Una historia de tamaño familiar" (dalam bahasa Spanish). arkivperu.com. Diakses tanggal January 11, 2012. 
  12. ^ "Creatividad ante toto" (dalam bahasa Spanish). blogs.elcomercio.pe. February 5, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-01-21. Diakses tanggal January 11, 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]