In This Corner of the World

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
In This Corner of the World
この世界の片隅に
(Kono Sekai no Katasumi ni)
Manga
PengarangFumiyo Kōno
PenerbitFutabasha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahWeekly Manga Action
DemografiSeinen
Terbit5 Januari, 20066 Januari, 2009
Volume3
Film televisi laga hidup
SutradaraToya Sato
ProduserTomio Nishimuta
Makoto Morikawa
Yoshiyuki Watanabe
SkenarioTaeko Asano
MusikTakeshi Onishida
Tayang5 Agustus, 2011
Durasi144 menit
Anime film
 Portal anime dan manga

In This Corner of the World (Jepang: この世界の片隅に, Hepburn: Kono Sekai no Katasumi ni) adalah seri manga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Fumiyo Kōno yang berlangsung dari 2007 hingga 2009 di Weekly Manga Action. Serial manga ini menceritakan kehidupan Suzu Urano, seorang pengantin muda dengan keluarga barunya yang tinggal di pinggiran Kota Kure selama Perang Dunia Kedua. Manga ini diterjemahkan oleh JManga dengan judul To All the Corners of the World.[1] Setelah JManga ditutup, Futabasha menerbitkan manga secara digital dan membuatnya tersedia untuk dibaca di BookWalker, toko manga digital, dan aplikasi, kemudian dilisensikan oleh Seven Seas Entertainment untuk rilis di Amerika Utara dengan judul aslinya[2] Manga ini diadaptasi menjadi sebuah acara televisi live-action khusus pada tahun 2011. Sebuah film adaptasi anime teatrikal juga dirilis pada 2016.[3] Serial TV live action-nya sendiri disiarkan di TBS dari Juli hingga September 2018.[4]

Plot[sunting | sunting sumber]

Kisah manga ini mengikuti Suzu, seorang wanita muda Jepang yang polos dan juga seorang ilustrator berbakat yang tinggal di Hiroshima dan Kure, Jepang selama Perang Dunia II. Ketika Suzu berusia 18, dia bekerja untuk bisnis keluarga kecil ketika seorang pria muda yang tidak dikenal tiba-tiba melamarnya. Pria itu, Shūsaku, tinggal di Kure sebagai warga sipil angkatan laut, ingat melihat Suzu sepuluh tahun yang lalu, dengan pengalaman yang fantastis. Suzu menikahinya, pindah ke Kure, dan bergabung dengan keluarga Shūsaku. Namun, awan gelap perang melawan AS semakin dekat dan mengancam rakyat Jepang.

Kure, sebuah kota pelabuhan besar, terletak dalam satu jam dengan kereta api lokal dari Hiroshima. Pelabuhan ini menghadap ke Laut Pedalaman Seto dan secara luas dikenal sebagai pangkalan militer terbesar Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Ketika Jepang kalah dari AS, kondisi kehidupan di Jepang semakin buruk dan pasukan militer AS mengancam orang-orang Jepang biasa.

Terlepas dari kekurangan makanan, Suzu melakukan upaya untuk mengatasi kondisi sulit selama masa perang dan juga untuk mempersiapkan mitigasi kerusakan bom. Pada tahun 1945, serangan udara AS dimulai dan banyak menyerang kapal perang dan fasilitas angkatan laut dan wilayah kota di Kure. Suzu bertanya-tanya apakah dia akan kembali ke kota kelahirannya (Eba) di Hiroshima, belum dibom, dari rumah Kure. Ketika Suzu masih di Kure, 6 Agustus 1945, pemboman atom menghancurkan banyak sekali manusia dan segala sesuatu di Hiroshima.

Seperti banyak orang Jepang, Suzu tidak dapat menghindari tragedi yang tak terhindarkan akibat perang, dan perang membuat Suzu kehilangan orang-orang yang berharga, dan juga "bagian tubuhnya yang tak tergantikan" berupa tangan kanannya, dikarenakan ketergantungannya terhadap itu. Ketika perang usai sembilan hari setelah bom atom, keluarga itu memulai kehidupan baru pada masa Jepang yang baru lahir. Suzu mendapatkan kembali motivasi untuk melewatinya, untuknya dan orang lain, dengan keberanian dan kasih sayang, di satu sudut dunia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  • Suzu - Menikah pada usia remaja dan pindah dari kota asalnya di Hiroshima ke rumah Shūsaku di Kure. Karakter polos dan naif, dia pandai menggambar. Dia melakukan upaya untuk mengatasi banyak kesulitan selama masa perang tetapi kemudian dilanda tragedi.
  • Shūsaku - suami Suzu. Orang yang tulus dan pendiam. Seorang petugas pengadilan di Pengadilan Militer di Kure. Dia empat tahun lebih tua dari Suzu.
  • Harumi - Gadis berusia sekitar 5 tahun. Keponakan Suzu. Putri Keiko. Dibunuh oleh bom AS di Kure, saat berjalan dengan Suzu.
  • Keiko - Adik dan janda Shūsaku. Ibu Harumi. Dia juga memiliki seorang putra bernama Hisao yang diklaim oleh keluarga almarhum suaminya sebagai pewaris keluarga. Dia tidak lagi memiliki hak untuk melihatnya.
  • Tetsu - teman Suzu sejak kecil. Dia memiliki kenangan indah tentang Suzu. Pelaut angkatan laut kapal penjelajah Jepang Aoba. Dia sebenarnya jatuh cinta dengan Suzu.
  • Sumi - Adik Suzu. Kemudian sakit parah akibat radiasi bom atom di Hiroshima.
  • Entarō - ayah Shūsaku. Seorang insinyur Hiro Naval Arsenal.
  • San - ibu Shūsaku. Dia memiliki cedera kaki yang membatasi kemampuannya untuk membantu dalam pekerjaan rumah tangga. Tersirat bahwa Shūsaku menikahi Suzu sehingga dia dapat merawat keluarga, tetapi dia menyangkal hal itu.
  • Jūrō - ayah Suzu. Dia memiliki bisnis keluarga untuk mengolah dan memperdagangkan rumput laut tetapi kemudian menjadi pekerja pabrik. Kemudian sakit parah akibat radiasi bom atom di Hiroshima dan meninggal.
  • Kiseno - Ibu Suzu. Hilang setelah bom atom di Hiroshima, dan mungkin terbunuh.
  • Yōichi - kakak laki-laki Suzu. Seperti seorang prajurit yang dikirim ke pulau pertempuran di Samudra Pasifik selatan. Dilaporkan terbunuh dalam aksi.
  • Rin / Lin - Pelacur yang bekerja di distrik lampu merah Kure. Ketika dia muda, Lin menggunakan atap kakek-nenek Suzu untuk berlindung. Di sana dia sebentar bertemu Suzu, yang menawarkan semangka. Terlambat dalam hidupnya, dia bertemu Suzu lagi di kota Kure karena Suzu tersesat dalam perjalanan kembali ke rumah. Mereka membentuk persahabatan. Tanpa diketahui Suzu, Shūsaku memiliki hubungan dengan Rin. Dia menyadari ini di kemudian hari dan itu membuat ketegangan pada hubungannya dengan Shūsaku. Suzu merasa bahwa dia lebih rendah daripada Rin tetapi dia masih ingin Shūsaku mencari tahu apakah dia baik-baik saja ketika dia mendengar bahwa daerah tempat tinggal Rin dibom. Suzu menemukan bordil Rin benar-benar hancur dan menyadari bahwa dia sudah mati.

Media[sunting | sunting sumber]

Live-action[sunting | sunting sumber]

Serial manga ini diadaptasi menjadi siaran langsung khusus televisi yang ditayangkan 5 Agustus 2011 di NTV, dibintangi Keiko Kitagawa sebagai Suzu Urano, Keisuke Koide sebagai Shūsaku Hōjō, Yūka sebagai Rin Shiroki, Mokomichi Hayami sebagai Tetsu Mizuhara, Ryo sebagai Keiko, Saburō Shinoda sebagai Entarō Hōjō, Yoshie Ichige sebagai San Hōjō, dan Mana Ashida sebagai Chizuko Hōjō.

Anime[sunting | sunting sumber]

Serial manga ini diadaptasi menjadi film anime 2016 yang disutradarai oleh Sunao Katabuchi.[5]

Serial televisi[sunting | sunting sumber]

Live-action-nya mendapatkan sembilan episode, ditayangkan mulai 15 Juli hingga 16 September 2018 pukul 21:00 (JST) pada hari Minggu di TBS. Matsumoto Honoka dan Miu Arai memainkan Suzu (dewasa dan muda) dan Tori Matsuzaka memainkan Shusaku Hojo. Anggota pemeran lainnya termasuk Machiko Ono, Tomorowo Taguchi, Ran Ito, Sairi Ito, Kaho Tsuchimura, dan Sayu Kubota. Penulis skenario adalah Yoshikazu Okada (Churasan, Hiyokko), Nobuhiro Doi (Kuartet) menyutradarai seri, dengan musik oleh Joe Hisaishi.

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Manga ini adalah Karya Rekomendasi Juri di Japan Media Arts Festival 2008,[6] dan pada tahun berikutnya memenangkan Penghargaan Excellence.[7] Pembawaan cerita yang "seperti cerita rakyat" telah diperhatikan dalam karya ini, dan humor Kouno juga dipuji.[8]

Khusus TV menerima rating 12,7.[9] Manga ini memiliki lebih dari 1 juta kopi di cetak pada Maret 2018.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "JManga Site Launches with Works Never Printed in U.S." Anime News Network. August 17, 2011. Diakses tanggal October 27, 2012. 
  2. ^ "Seven Seas Licenses In This Corner of the World Historical Manga". Anime News Network. April 7, 2017. Diakses tanggal April 12, 2017. 
  3. ^ "'To All The Corners Of The World' Manga Gets Anime Film". Anime News Network. August 17, 2012. Diakses tanggal August 18, 2012. 
  4. ^ "In This Corner of the World Gets Live Action Series". MANGA.TOKYO. May 8, 2018. Diakses tanggal May 8, 2018. 
  5. ^ Bamboo Dong (December 9, 2014). "Interview: Sunao Katabuchi". Anime News Network. Diakses tanggal December 10, 2014. 
  6. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-11. Diakses tanggal 2009-05-16. 
  7. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-04-04. Diakses tanggal 2017-01-17. 
  8. ^ "Japanese Book News Vol. 63" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2021-01-05. Diakses tanggal October 27, 2012. 
  9. ^ "Japan's Animation TV Ranking, August 1–7". Anime News Network. August 15, 2011. Diakses tanggal October 27, 2012. 
  10. ^ http://www.crunchyroll.com/anime-news/2018/03/20-1/in-this-corner-of-the-world-manga-to-get-live-action-serial-tv-drama-this-summer

Pranala luar[sunting | sunting sumber]