In America (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
In America
In America Poster 2003.jpg
Poster film In America
Sutradara Jim Sheridan
Produser Jim Sheridan
Arthur Lappin
Skenario Jim Sheridan
Naomi Sheridan
Kirsten Sheridan
Pemeran Paddy Considine
Samantha Morton
Sarah Bolger
Emma Bolger
Djimon Hounsou
Musik Gavin Friday
Maurice Seezer
Sinematografi Declan Quinn
Penyunting Naomi Geraghty
Perusahaan
produksi
Hell's Kitchen Films
East of Harlem Ltd.
Distributor Fox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
Durasi
105 menit[1]
Negara Irlandia
Amerika Serikat
Britania Raya
Bahasa Inggris
Pendapatan kotor $25,382,911[2]

In America adalah film drama independen tahun 2003 yang disutradarai oleh Jim Sheridan dan diproduseri oleh Jim Sheridan dan Arthur Lappin. Naskah film ini ditulis oleh Jim Sheridan, Naomi Sheridan dan Kirsten Sheridan. Film ini dibintangi oleh Paddy Considine, Samantha Morton, Sarah Bolger, Emma Bolger dan Djimon Hounsou.

Film In America ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 12 September 2003 dan dirilis di Britania Raya dan Irlandia pada tanggal 31 Oktober 2003. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 6 Februari 2004. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1982, Johnny Sullivan (Paddy Considine) beserta istrinya, Sarah (Samantha Morton), dan dua putrinya, Christy (Sarah Bolger) dan Ariel (Emma Bolger), tiba di Amerika Serikat dengan visa turis dari Irlandia melalui Kanada, di mana Johnny bekerja sebagai aktor. Keluarga itu menetap di New York, di rumah petak Hell's Kitchen yang dihuni oleh pecandu obat-obatan, transvestit dan seniman sekaligus fotografer yang tertutup dari Nigeria bernama Mateo Kuamey (Djimon Hounsou). Keluarga Sullivan berduka atas kematian putra mereka yang berusia lima tahun, Frankie, yang meninggal karena tumor otak. Johnny, yang taat secara Katolik, bertanya kepada Tuhan dan telah kehilangan kemampuan untuk merasakan emosi yang sebenarnya, yang telah mempengaruhi hubungannya dengan keluarganya. Christy percaya bahwa ia telah diberikan tiga keinginan oleh adiknya yang meninggal, yang hanya digunakan pada saat-saat yang sangat mengerikan bagi keluarga ketika mereka mencoba untuk bertahan hidup di New York.

Setelah menemukan apartemen, Sarah mendapatkan pekerjaan di sebuah parlor es krim untuk memenuhi kebutuhan keluarga sementara Johnny mengikuti audisi untuk peran apapun yang sesuai dengannya, tanpa keberhasilan. Meskipun mereka mengalami kemiskinan, keceriaan awal mereka ketika berada di Amerika Serikat dan kedekatan keluarga membuat mereka bersemangat untuk memanfaatkan apa yang mereka miliki dan Christy menceritakan beberapa peristiwa dalam kehidupan mereka dengan sebuah kamera perekam kesayangannya. Ketika uang mulai menipis dan suhu kota sangat panas, keluarga menabung untuk pergi ke bioskop untuk menonton E.T. the Extra-Terrestrial dan menikmati pendingin ruangan untuk beristirahat dengan cuaca panas. Perseteruan antara Johnny dengan Sarah semakin meningkat seiring dengan suhu kota yang semakin meningkat. Hal ini tidak membantu finansial dan emosional mereka hingga keluarga Sullivan mengetahui bahwa Sarah hamil. Akhirnya, Johnny mendapatkan pekerjaan sebagai supir taksi untuk menambah penghasilan mereka dan membantu membayar biaya sekolah dua putrinya.

Ketika keluarga Sullivan merayakan Halloween, gadis-gadis ramah dengan Mateo ketika mereka mengetuk pintu untuk trick-or-treat. Meskipun Johnny terpaksa berbicara dengan Mateo yang agak memaksakan dan melarang itu, Sarah mengundangnya ke apartemen mereka untuk makan malam dan akhirnya, mereka mengetahui bahwa Mateo sedih dan kesepian karena ia sekarat akibat AIDS. Kemudian, Mateo jatuh dari tangga dan pingsan. Christy mencoba menyadarkannya menggunakan CPR, meskipun Christy diperingatkan menjauh dari Mateo oleh penduduk lain, yang tampaknya menyadari bahwa Mateo positif HIV. Kondisi Mateo terus memburuk saat janin Sarah berkembang. Bayi Sarah lahir prematur dan dalam kondisi yang buruk sehingga ia membutuhkan transfusi darah. Johnny dan Sarah cemas tidak hanya tentang peluang kelangsungan hidup bayi mereka, tetapi juga tagihan rumah sakit yang membesar dan harus dibayar setelah persalinan bayi mereka, menyebabkan Sarah mengalami gangguan mental yang singkat dan menyalahkan Johnny atas kematian Frankie dan dengan berlinang air mata memarahi Johnny.

Namun, setelah menenangkan Sarah, Johnny dan Sarah menyetujui transfusi darah, namun tanpa memberikan "darah yang buruk" kepada bayi tersebut karena menggunakan bank darah rumah sakit adalah sumber kontraksi HIV Mateo. Tak lama kemudian, mereka mengetahui bahwa Christy memiliki golongan darah yang cocok untuk disumbangkan dan kematian Mateo bertepatan dengan gerakan sehat pertama bayi mereka setelah transfusi darah dari Christy. Setelah operasi bayi tersebut berhasil, keluarga Sullivan terkejut mengetahui bahwa Mateo telah membayar tagihan rumah sakit mereka sebelum ia meninggal setelah mereka mengetahui bahwa Mateo memiliki dana perwalian besar yang tidak pernah dihabiskannya. Mereka memberi nama bayi perempuan yang baru lahir tersebut dengan nama tengah Mateo sebagai rasa syukur dan penghormatan terhadap Mateo.

Dengan kelahiran bayi baru keluarga Sullivan dan kematian Mateo, Johnny akhirnya mampu mengatasi emosinya dan berdukacita untuk Frankie agar ia beristirahat dengan damai. Johnnya juga akhirnya mendapatkan peran kecil dalam drama A Chorus Line di Broadway. Film ini berakhir setelah baby shower yang diadakan oleh keluarga Sullivan di apartemen, dengan banyak penghuni apartemen yang hadir untuk merayakannya, sementara Christy dan seluruh keluarganya melihat pemandangan kota dan melihat Mateo di langit pada malam hari.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film In America mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 89%, berdasarkan 175 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[3] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 76 dari 100, berdasarkan 41 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[4]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film In America mendapatkan $15,539,656 di Amerika Utara dan $9,843,255 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $25,382,911.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $205,229, menempati posisi ke-32 di box office.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "In America (15)". British Board of Film Classification. May 23, 2003. Diakses tanggal May 15, 2013. 
  2. ^ a b c "In America (2003)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  3. ^ "In America (2003)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  4. ^ "In America reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]