Imbrium

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kawah Mare Imbrium
Pembagian dari Skala waktu geologi Bulan :
Pra-Nektarium - Nektarium - Imbrium Awal - Imbrium Akhir - Eratostenium - Kopernikum

Imbrium adalah periode geologi Bulan yang terbagi menjadi dua kala, yaitu Imbrium Awal dan Akhir.

ImbriumImbriumPra-NektariumNektariumEratosteniumKopernikum
Juta tahun yang lalu


Imbrium Awal[sunting | sunting sumber]

Batu basal olivin yang berasal dari bulan, terbentuk 3.3 miliar tahun lalu

Kala Imbrium Awal hanya berlangsung selama 50 juta tahun, dari 3.85 miliar tahun lalu hingga 3.8 miliar tahun lalu. Kala ini dimulai tepat setelah pembombardiran berat akhir berakhir. Salahsatu asteroid dari peristiwa tersebut menubruk bulan, membentuk kawah Mare Imbrium, menandai mulainya periode Imbrium. Beberapa kawah atau cekungan besar lainnya di Bulan, (seperti Mare Crisium, Tranquilitatis, Serenitatis, Fecunditatis, dan Procellarum) juga terbentuk pada kala ini. Kawah-kawah tersebut, saat terbentuk diperkirakan memiliki permukaan berupa batuan basal.

Imbrium Akhir[sunting | sunting sumber]

Kala Imbrium akhir berlangsung selama 600 juta tahun, dari 3.8 miliar tahun lalu hingga 3.2 miliar tahun lalu. Pada kala ini, mantel Bulan memiliki kandungan batuan basal yang tinggi. Ini dikarenakan tumbukan yang terjadi menyebabkan mantel menipis atau mengurangi tekanan pada mantel berkurang, menyebabkan material pada mantel keluar hingga ke permukaan, bergabung dengan batuan basal yang dihasilkan oleh tumbukan-tumbukan tersebut. Hampir seluruh sampel batuan Bulan berasal dari kala ini.

Hubungan dengan skala waktu geologi Bumi[sunting | sunting sumber]

Imbrium juga digunakan sebagai pembagian tak resmi dari eon Hadean[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ W. Harland; R. Armstrong; A. Cox; L. Craig; A. Smith; D. Smith (1990). A Geologic time scale 1989. Cambridge University Press.