Imathia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Imathia (bahasa Yunani: Ἠμαθία) merupakan sebuah dataran yang berlawanan dengan Teluk Thermaikos ketika kerajaan Makedonia terbentuk. Dengan nama ini didefinisikan daerah antara sungai Aliakmon dan Loudias, yang, karena itu adalah pusat kerajaan, juga disebut Makedonia.[1] Imathia adalah salah satu dari enam provinsi tertua di Makedonia dan berbatasan di barat oleh Orestis, di utara dipisahkan dari Bisaltia oleh sungai Loudias, dan di selatan dipisahkan dari Pieria oleh sungai Aliakmon.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Menurut Solinus dan Yustinus, Imathia dinamai menurut raja Samotrakia Imathion dan bukan setelah Imathos. Etimologi dari nama tersebut telah dikaitkan dengan Yunani Homerik amathos[2] dan êmathoessa[3] (< PIE *samadh) 'padang pasir', yaitu pantai, tanah berawa di sekitar sungai Axius, berbeda dengan Makedonia yang bergunung, mungkin juga dimaksudkan sebagai 'tanah padang rumput' (lih. PIE *mē-2, *me-t- 'untuk memotong, untuk menuai').[4]

Sumber klasik[sunting | sunting sumber]

Homeros,[5] yang tidak menyebutkan Makedonia, menempatkan Imathia sebagai wilayah di sebelah Pieria.

Nama Homeros diperbaharui terutama pada zaman Romawi dan Ptolemaeus menyebutkan beberapa kota di Imathia. Di Nonnos, Dionysiaca 48.6 Tifon memiliki stript pegunungan Imathia, ia melemparkan rudal-rudal berbatu di Dionysus. Dalam Ovidius, Metamorphoses 5.313[6] putri-putri Pieros berkata: kami memberikan dataran Imathia, ke tempat yang menjulang dari puncak salju Paionia. Bangsa Imathia, Emathius dux adalah nama yang sering digunakan oleh penyair Latin untuk Aleksander Agung, seperti dalam Milton, penakluk Imathia. Strabo [7] menceritakan bahwa apa yang sekarang disebut Makedonia pada zaman dulu disebut Imathia tetapi sejak Homeros, sumber paling awal menganggap Imathia hanya wilayah di sebelah Pieria, referensi Strabo harus ditafsirkan dalam konteks era Romawi tentang nama Imathia yang dihidupkan kembali. Hal yang sama juga berlaku untuk para penulis Latin[8] yang menyebut Thessalia sebagai Imathia; Makedonia (provinsi Romawi) termasuk Thessalia. Dalam 12.462 Metamorphoses, seorang Imathia Halesus dibunuh oleh Kentaur Latreus dan dalam Catullus 64. 324, Peleus adalah Imathiai tutamen (pelindung).

Polibios (23.10.4) menyebutkan bahwa Imathia paling awal disebut Paionia dan Strabo (frg 7.38) bahwa Paionia diperluas ke Pieria dan Pelagonia. Menurut Hammond[9] referensi terkait dengan periode Zaman Perunggu sebelum Perang Troya.

Kota[sunting | sunting sumber]

Kota-kota terpenting di Imathia adalah:

  • Aigai (ibu kota pertama dan kota suci Makedonia)
  • Beria (Veria modern)
  • Kition (Naoussa modern)

Aleksander Agung dengan para pemukim dari daerah ini mendirikan Imathia di Suriah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Herodotus, Histories, Book VII, 127
  2. ^ Liddell–Scott–Jones amathos[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Pulon êmathoentaOdyssey 1.93
  4. ^ Pokorny Pokorny's dictionary
  5. ^ Iliad 14.226
  6. ^ The nine Muses and the nine Magpipes[pranala nonaktif permanen]
  7. ^ Strab.Frag.7.11
  8. ^ Lucan (1. 1, 6. 360, 7. 166)
  9. ^ Prehistoy of Macedonia, i. 418 n. 2