Ilyushin Il-86

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Ilyushin Il-86
S7 Il-86.jpg
Tipe Pesawat jet berbadan lebar
Terbang perdana 22 Desember 1976
Dipensiunkan 2011 (sipil)
Status Tidak diproduksi, dalam pelayanan (khusus militer)
Pengguna utama Aeroflot (dipensiunkan)
Pengguna lain Siberia Airlines (dipensiunkan)
Kras Air (dipensiunkan)
Donavia (dipensiunkan)
Tahun produksi 1977-1994
Jumlah produksi 106
Varian Ilyushin Il-96
Ilyushin Il-86 Camber and Il-96-300 top-view silhouettes.png
Sebuah Aeroflot Il-86

Ilyushin Il-86 (kode NATO: Camber) adalah sebuah pesawat buatan Uni Soviet berbadan lebar dan berjarak menengah. Dibuat oleh perusahaan pesawat Soviet, yaitu Ilyushin. Pesawat ini memiliki empat mesin, namun digunakan untuk jarak menengah.

Perancangan dan pembangunannya banyak menghadapi masalah, baik masalah kesiapan infrastruktur (di mana banyak bandara-bandara Soviet saat itu tidak mampu menampung pesawat badan lebar) dan masalah mesin yang tepat (karena mesin jet Soviet tercanggih saat itu, Soloviev D-30, memiliki rasio bypass yang rendah, konsumsi BBM dan tingkat kebisingan yang tinggi, berbeda dengan tuntutan pesawat badan lebar yang menuntut mesin dengan rasio bypass sehingga lebih efisien dalam penggunaan BBM).

Selain itu, Uni Soviet juga mengalami kelangkaan sarana produksi, yang saat itu lebih banyak dialokasikan untuk Angkatan Udara, karena saat itu Amerika Serikat dan Uni Soviet sedang terlibat dalam perlombaan senjata akibat Perang Dingin, serta teknologi otomatisasi avionik, di mana pesawat Soviet sebelum Il-86 (seperti Il-62, pesawat jarak jauh Soviet yang pertama) membutuhkan 4 hingga 5 kru penerbang (pilot, kopilot, juru mesin, navigator, dan operator radio).

Hal ini menunjukkan bahwa teknologi avionik Soviet sangat tertinggal jika dibandingkan dengan pesawat Barat, yang bahkan pesawat tercanggihnya hanya membutuhkan 2 kru (pilot dan kopilot, contohnya Airbus A300 dan Boeing 767). Sehingga, pesawat ini menggunakan mesin Kutnetszov NK-86 turbofan, yang juga memiliki rasio bypass yang rendah. hingga kalah bersaing dengan pesawat barat (hanya 106 pesawat jenis ini yang dibuat dan dioperasikan). Pesawat ini masuk dinas pada tahun 1980.

Il-86 adalah generasi pendahulu pesawat Il-96, karena keduanya sama-sama memiliki empat mesin. Operator pertama pesawat Il-86 adalah Atlant-Soyuz Airlines dan S7 Airlines. Pesawat ini memulai produksinya pada tahun 1977 dan berakhir tahun 1994. Namun, statusnya bersifat operasional. Sampai tahun 2009 Il-86, jumlah pesawat yang dibuat ada 106 buah. Sekarang, hanya 4 pesawat Il-86 yang masih beroperasi yang bertugas untuk Angkatan Udara Rusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]