Ilal Ferhard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
H. M.
Ilal Ferhard
B. Sc., S. H.
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Periode 2004–2009
Masa jabatan
2004–2009
PresidenSusilo Bambang Yudhoyono
GubernurSutiyoso
Fauzi Bowo
Informasi pribadi
Lahir1 September 1971 (umur 49)
Jakarta, Indonesia
KebangsaanBendera Indonesia Indonesia
Partai politikPartai Demokrat
PasanganVera Febyanthy (bercerai tahun 2009)
Regina Andriane Saputra (bercerai tahun 2014)
Alma materUniversitas Bung Karno
PekerjaanPengacara, Politikus

H. M. Ilal Ferhard, B. Sc., S. H. (lahir di Jakarta, 1 September 1971; umur 49 tahun) adalah salah satu politikus dari Indonesia. Ilal merupakan salah satu dari pendiri Partai Demokrat. Ilal merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta Periode 2004–2009 dan menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DKI Jakarta. Sekarang, Ilal merupakan anggota Badan Kehormatan Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat di DKI Jakarta.

Profil[sunting | sunting sumber]

Ilal Ferhard sebetulnya bukan nama baru di dunia perpolitikan. Maklum, Ilal merupakan satu dari 99 nama yang tercantum dalam akta pendirian Partai Demokrat, partai yang didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003 dengan tujuan awal mengusung Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden.

Akhir 2009, saat Vera Febyanti (istrinya, yang merupakan putri Vence Rumankang pendiri utama Partai Demokrat) sedang memulai kariernya kembali sebagai politisi Senayan untuk periode yang kedua, muncul masalah yang melibatkan keduanya. Bukan masalah politik, tapi urusan rumah tangga. Desember 2009, Ilal menggugat cerai dengan tudingan Vera berselingkuh. Namun Vera membantah dan balik menuding bahwa sebenarnya dialah yang ingin mengajukan gugatan cerai. Keduanya pun resmi bercerai dan dari perkawinan mereka belum dikarunai anak.

Nama Ilal juga pernah terseret kasus penipuan Direktur Bank DKI, yang melibatkan oknum polisi gadungan berpangkat komisaris besar pada April 2009, atau menjelang Pemilu dimana jabatannya sebagai anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004–2009 akan berakhir.

Tahun 2010, Ilal menikah lagi, dengan Regina, yang juga janda beranak satu. Regina menikah pertama kali sewaktu masih sekolah di kelas tiga SMA. Regina pernah tercatat sebagai Wakil Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Bogor.[1]

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Pemilu Legislatif 2004[sunting | sunting sumber]

Kiprah Ilal sebagai politisi awalnya moncer. Sebagai salah satu pendiri partai dan menantu dari pendiri utama Vence Rumankang, tentu dia mendapat posisi penting. Pada Pemilu 2004, Ilal terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta periode 2004–2009. Dia juga menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode tersebut bersama dengan isterinya Vera Febyanthy yang pada saat itu juga terpilih sebagai Anggota DPR RI untuk pertama kalinya dari dapil Jateng 1. Jika saat itu partainya meraih kursi terbanyak di parlemen ibu kota, bukan tidak mungkin Ilal menjadi Ketua DPRD, namun pemenang Pemilu Legislatif 2004 di Jakarta adalah partai lain.

Pada Pemilu 2009, Ilal tak terpilih lagi menjadi anggota legislatif. Namun istrinya saat itu, Vera Febyanthy, wanita yang dinikahinya pada tahun 2000 dengan status janda beranak satu, terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2009–2014 dari Partai Demokrat untuk periode yang kedua.

Perseteruan dengan Farhat Abbas[sunting | sunting sumber]

Ilal merupakan partner kerja dari Farhat Abbas, yang sekarang diduga menyelingkuhi Regina (istri Ilal) dan menjadi seteru Ilal. Kabar perseteruanya dengan pengacara kondang itu gencar tersiar di berbagai televisi. Farhat dan Ilal pun saling menuding. Padahal, awalnya Farhat berteman dengan Ilal. Pada saat itu, Farhat menjadikan Regina sebagai juru bicaranya. Hal ini diketahui sepenuhnya oleh Ilal. Sejak saat itulah Farhat, Regina, dan Ilal sering tampil bertiga. Namun, tiba-tiba saja semua itu berputar sangat jauh. Ilal mulai menyadari bahwa Farhat sebenarnya ingin mendekati Regina. Sejak saat itulah, Ilal berseteru dengan Farhat dan merekapun saling tuding. Bahkan, setelah sidang perceraian antara Farhat Abbas-Nia Daniati dan Ilal Ferhard-Regina Andriane Saputra digelar, mereka saling sindir.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menelisik Kisah Ilal Ferhard dan Regina di Masa Lalu, tabloidbintang.com, diakses 11 Mei 2014
  2. ^ Usai Sidang Cerai, Farhat Abbas dan Ilal Ferhard Saling Sindir, hot.detik.com, diakses 11 Mei 2014

Pranala luar[sunting | sunting sumber]