Ikuno-ku, Osaka

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikuno-ku (2014)
Lokasi Ikuno-ku di kota Osaka
Daerah pemukiman khas Ikuno-ku

Ikuno-ku (生野区) adalah salah satu dari 24 distrik di Osaka, Jepang. Tsuruhashi (鶴橋) wilayah Ikuno-ku terkenal dengan sejumlah besar Korea,[1] terutama warga Korea Jepang (Zainichi Korea) yang tinggal di sana, serta karena banyaknya restoran yakiniku (barbekyu ala Korea). Banyak keluarga dari Korea telah tinggal di distrik Tsuruhashi selama tiga generasi atau lebih. Ikuno-ku terletak di bagian tenggara Kota Osaka dan berbatasan dengan Kota Higashiosaka di timur, Higashinari-ku Kota Osaka di utara, Tennoji-ku di barat, dan Abeno-ku, Higashisumiyoshi-ku dan Hirano- ku di selatan.

Populasi[sunting | sunting sumber]

Populasi dan kepadatan Ikuno-ku adalah yang terbesar keenam di Kota Osaka, tetapi terus menurun. Jumlah pendaftaran orang asing adalah yang terbesar di kota, dan satu dari empat penduduk di sini berkebangsaan asing. Proporsi lansia juga lebih tinggi dari rata-rata keseluruhan Kota Osaka.

Seiring bertambahnya usia penduduk di Ikuno-ku, berbagai layanan dan bantuan disediakan untuk para lansia. Pusat layanan perawatan rumah kota, Okachiyama, adalah salah satunya. Ikuno-ku dengan demikian berkembang menjadi kota yang nyaman bagi semua penduduknya termasuk para lansia dan penyandang cacat, yang semuanya akan puas dengan kehidupan mereka di sini.

Orang asing di Ikuno-ku,Osaka[2]
Kebangsaan Populasi (2018)
 South Korea 22,764
 China 2,269
 Vietnam 1,623
Lainnya 1,033


Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Ikuno-ku adalah kota bisnis kecil yang khas dari periode sebelum Perang Dunia II. Meskipun padatnya konsentrasi rumah, pabrik dan toko di sepanjang jalan sempit dapat memancing bahaya kebakaran, secara tradisional hubungan antar manusia yang erat berkontribusi pada komunitas lokal yang aktif. Jalan-jalan sempit membutuhkan pembangunan kembali yang substansial. Penyelesaian Jalur Ekspres Namba-Katae sangat ditunggu-tunggu, karena hanya ada beberapa jalan timur-barat.

Di dalam Ikuno-ku terdapat Jalur JR Loop, Jalur Kintetsu Nara dan Osaka, serta Jalur Subway Sennichimae, tetapi tidak ada yang melalui pusat Ikuno. Perpanjangan Jalur Subway No.8 sangat diinginkan untuk menyediakan transportasi kereta api bagi warga kabupaten untuk kehidupan sehari-hari.

Banyak proyek yang sedang berjalan untuk mengembangkan distrik tersebut menjadi kawasan pemukiman yang nyaman yang diimbangi dengan fungsi komersial dan industrinya. Di selatan Ikuno, rumah-rumah apartemen baru sedang dibangun untuk penghuni asli, serta banyak alun-alun kota. Pembangunan jalan kota dan taman juga direncanakan. Penduduk di wilayah Tsuruhashi membentuk Komite Pembangunan Kota Baru, yang diikuti dengan pembentukan Asosiasi Pembangunan Kembali Tsuruhashi Baru, keduanya berfungsi sebagai stimulus untuk pengembangan kota yang berorientasi pada penduduk.

Orang-orang terkenal[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ryall, Julian. "Big trouble in Little Korea: spiral of race hate grips Tokyo." (print title: "Big trouble in Little Korea") South China Morning Post. Wednesday 3 July 2013. Retrieved on 5 July 2013. "Shin-Okubo began attracting the Korean community about 30 years ago, says Shin Sang-yoon, a director of the chamber of commerce, simply because it was then one of the cheapest areas of Tokyo. It is a similar story in the Tsuruhashi area of Osaka,[...]"
  2. ^ "生野区 外国人統計)". Diakses tanggal April 14, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Ikuno-ku, Osaka di Wikimedia Commons

Koordinat: 34°39′10″N 135°32′22″E / 34.65278°N 135.53944°E / 34.65278; 135.53944