Ikosahedron reguler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dalam geometri, sebuah ikosahedron reguler (/ˌkɒsəˈhdrən, -kə-, -k-/ atau /ˌkɒsəˈhdrən/[1]) adalah polihedron cembung dengan 20 wajah, 30 sisi dan 12 simpul. Ini merupakan salah satu dari lima padatan Platonik, dan salah satu dengan sisi paling banyak.

Ikosahedron memiliki lima wajah segitiga sama sisi rapat di setiap simpul. Hal ini ditunjukkan oleh simbol Schläfli {3,5}, atau kadang-kadang oleh figur simpulnya yang bernilai 3.3.3.3.3 atau 35. Ini merupakan hasil rangkap dari dodekahedron, yang diwakili oleh {5,3}, dan memiliki tiga wajah pentagonal di sekitar masing-masing simpul.

Sebuah ikosahedron reguler adalah bipiramida pentagonal setengah girial dan antiprisme pentagonal dalam salah satu dari enam orientasi.

Namanya berasal dari bahasa Yunani dari bahasa gre εἴκοσι (eíkosi), berarti "dua puluh", dan ἕδρα (hédra), berarti "kursi". Bentuk jamaknya bisa berupa "ikosahedron" atau "ikosahedra" (/-drə/).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jones, Daniel (2003) [1917], Peter Roach, James Hartmann and Jane Setter, ed., English Pronouncing Dictionary, Cambridge: Cambridge University Press, ISBN 3-12-539683-2 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]