Ikon Bunda Maria dari Kazan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah salinan gambar Bunda Maria dari Kazan (Abad ke-16).

Bunda Maria dari Kazan (bahasa Inggris: Our Lady of Kazan atau Theotokos of Kazan; bahasa Rusia: Казанская Богоматерь tr. Kazanskaya Bogomater) adalah sebuah gambar suci pada Gereja Ortodox Rusia, yang menampilkan Perawan Maria sebagai pelindung Kota Kazan. Salinan dari gambar tersebut juga dimuliakan di Gereja Katolik. Ikon ini dianggap sebagai lambang dari Rusia selama berabad-abad, hingga akhirnya dicuri dan sepertinya dihancurkan pada Tahun 1904. Dua Katedral utama Kazan, di Moscow dan St. Petersburg, memuliakan Bunda Maria dari Kazan, sebagaimana banyak gereja lain yang tersebar di sana. Hari sucinya dirayakan setiap tanggal 21 Juli dan 4 November (yang juga merupakan Hari Raya Persatuan).

Salinan yang kuno dan dipuja dipajang pada Katedral Kazan di Moskow, di Yaroslavl, dan di St. Petersburg.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara Kazan Theotokos dimana gambar disimpan hingga tahun 1904.

Keajaiban yang cukup fenomenal dari Ikon ini terjadi pada abad ke XVI. Saat itu Tsar Ivan Grozny menaklukkan Kazan ke wilayah kekuasaannya. Beberapa waktu kemudian di Kazan terjadi kebakaran hebat. Bunda Maria muncul dalam mimpi seorang gadis kecil yang bernama Matrona, untuk mengabarkan bahwa dibawah puing reruntuhan gereja terdapat IkonNya. Matrona segera menceritakan mimpinya itu kepada orangtuanya, tetapi tidak mendapat tanggapan. Akhirnya Matrona memutuskan untuk mencari sendiri Ikon tersebut dan berhasil menemukannya.

Di lokasi penemuan Ikon dibangun sebuah biara khusus wanita atas perintah Tsar Ivan Grozny. Matrona dan ibunya menjadi biarawati dan beberapa tahun kemudian Matrona berhasil menjadi kepala biara wanita tersebut.

30 tahun kemudian terjadi agresi dari pihak Polandia ke ranah Rusia. Dalam usaha menghadapi musuh, dari Kazan dikirimlah reduplikasi Ikon Suci Bunda Maria dari Kazan itu ke pasukan Rusia.

Para prajurit Rusia berpuasa dan berdoa selama 3 hari di hadapan Ikon Suci tersebut. Pada akhirnya musuh dapat dikalahkan. Di Moscow, untuk menghormati Ikon Bunda Maria dari Kazan dan mengenang kemenangan atas musuh Negara, didirikanlah sebuah gereja.

Ikon Suci Bunda Maria dari Kazan ini terkenal dengan sederetan keajaibannya. Setiap reduplikasi Ikon Suci walaupun hanya kopian, tetapi mereka menghasilkan keajaiban yang sama dari yang aslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]