Ikatan Penerbit Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) didirikan tanggal 17 Mei 1950 di Lampung atas prakarsa dan kesepakatan beberapa penerbit nasional ketika itu. Selain didorong semangat untuk menggantikan posisi penerbit asing, khususnya Belanda, yang masih memonopoli kegiatan penerbitan buku di Tanah Air, lahirnya IKAPI juga dijiwai hasrat yang besar untuk membantu pemerintah dalam membangun masyarakat Indonesia yang cerdas.

Jika pada waktu lahirnya IKAPI hanya beranggotakan 13 penerbit, maka jumlah anggota IKAPI kini mencapai ± 1300 penerbit yang tersebar di seluruh Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, IKAPI tetap eksis sebagai organisasi penerbit buku, yang mampu memperjuangkan dan melayani berbagai kepentingan para anggotanya.

Pusat kegiatan IKAPI berkedudukan di Lampung, sedangkan IKAPI Daerah/Perwakilan berkedudukan di ibu kota beberapa provinsi. IKAPI kini memiliki 12 kantor daerah, masing-masing DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Daerah Istimewa Lampung, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bali, Sulawesi Selatan, serta 3 (tiga) kantor perwakilan, yakni Kalimantan Barat, Daerah Istimewa Aceh dan Sulawesi Tengah.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]