Ikan goreng (Indonesia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Iwak goreng / Ikan goreng
Ikan gurame goreng kipas, masakan Sunda
Tempat asalIndonesia[1] dan Malaysia
DaerahAsia Tenggara
Dibuat olehIndonesia dan Melayu
Suhu penyajianHangat
Bahan utamaIkan, dibumbui dengan bawang putih, bawang merah dan bumbu-bumbu lainnya serta digoreng dengan minyak sawit
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Ikan goreng atau iwak goreng adalah istilah umum yang merujuk pada berbagai jenis hidangan Indonesia dan Malaysia yang dibuat dengan cara menggoreng ikan atau makanan laut lainnya.

Ikan goreng sangat terkenal di Indonesia. Biasanya ikan dibumbu celup dengan cara dimarinasi dengan campuran bumbu rempah. Beberapa resep menggunakan kecap manis untuk melapisi ikan setelah digoreng.[2] Ikan goreng biasanya digoreng rendam di dalam minyak goreng yang banyak sehingga berwarna kuning keemasan dan bertekstur renyah. Cara ini biasanya digunakan untuk menggolah ikan mas, gurami dan bandeng agar duri halusnya menjadi renyah dan mudah hancur sehingga dapat dimakan langsung.

Bumbu[sunting | sunting sumber]

Ikan goreng kunyit, ikan goreng yang dibumbui kunyit.

Sebelum digoreng, ikan ini biasanya dimarinasi dengan menggunakan campuran bumbu, dan terkadang dibumbui kecap manis. Campuran bumbu biasanya bervariasi tergantung wilayahnya, tetapi umumnya terdiri atas campuran sari jeruk nipis, bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, kunyit, lengkuas dan garam. Beberapa resep ikan bakar ada yang menggunakan adonan encer atau telur untuk melapisi ikan sebelum digoreng. Setelah matang, ikan goreng biasanya langsung dimakan hangat-hangat bersama nasi putih dan sambal terasi atau sambal kecap (kecap manis yang dicampur irisan cabai, bawang merah) sebagai saus cocolan. Di Indonesia Timur seperti Manado dan Maluku, ikan goreng biasanya dimakan dengan saus pedas dabu-dabu atau colo-colo.

Beberapa resep ikan goreng mungkin menambahkan campuran bumbu yang dicampur, dilumuri, atau disiram di atas ikan goreng, misalnya bumbu acar kuning, dibuat dari campuran kunyit, bawang putih, dan bumbu lainnya dengan irisan mentimun, wortel, cabai, dan bawang merah utuh, serta irisan tomat dengan cuka. Resep lain yang dapat diterapkan pada ikan goreng adalah rica-rica dan asam pedas.

Variasi[sunting | sunting sumber]

Ikan goreng, mungkin kakap maluku (Lutjanus boutton) dijual di Palopo, Sulawesi Selatan.

Terdapat beraneka ragam jenis dan resep ikan goreng. Pebedaannya biasanya berdasarkan resep bumbu rendam (marinasi), bumbu siram yang disiramkan di atas ikan goreng, saus cocolan atau saus celup seperti aneka jenis sambal, serta tentunya perbedaan bahan utamanya, yaitu aneka spesies ikan yang digoreng. Hampir semua jenis ikan yang dapat dimakan, dapat dijadikan ikan goreng. Ikan air tawar yang populer digoreng antara lain gurami, ikan bilis (mystacoleucus), ikan patin (pangasidae), ikan nila, ikan mujair, ikan lele, ikan gabus, dan ikan mas. Ikan laut yang digunakan antara lain ikan bandeng, ikan tongkol atau cakalang, tuna, bawal, tenggiri, ikan cue, baronang, kerapu, kakap merah, ikan teri, ikan belanak, ikan todak, hiu atau ikan cucut, dan ikan pari.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sara Schonhardt, photos by Melanie Wood, for (25 February 2016). "40 Indonesian foods we can't live without". CNN. 
  2. ^ "Fried Fish with Sweet Soy Sauce". Indochine kitchen. June 22, 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 June 2013. Diakses tanggal 13 August 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]