Ikan genghis khan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan Genghis Khan
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Subkelas:
Infrakelas:
Superordo:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
P. sanitwongsei
Nama binomial
Pangasius sanitwongsei
Smith, 1931
Sinonim
  • Pangasius beani Smith, 1931
  • Pangasius sanitwangsei Smith, 1931

Ikan Genghis khan (Pangasius sanitwongsei ) merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang biasa dijadikan ikan hias. Ikan ini sering juga disebut dengan ikan hiu air tawar disebabkan bentuk dan cara berenangnya yang mirip dengan ikan hiu. Ikan yang mempunyai nama lain paroon shark ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis ikan patin[2].

Persebaran[sunting | sunting sumber]

Habitat ikan ini berasal dari perairan sungai Chao Phraya dan Mekong yang melintasi negara Kamboja, Laos, Cina, Thailand, dan Vietnam.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Ikan ini sangat aktif berenang ke sana kemari, bahkan terkadang ikan ini sering sekali menabrakkan diri ke kaca akuarium dengan keras jika dipelihara di dalam akuarium. Oleh karena itu jika ingin memelihara ikan ini harap menyediakan akuarium yang luas, dengan ukuran minimal 1,5 meter dengan ketebalan kaca aquarium 12 mm.

Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan predator yang mempunyai mulut yang lebar. Oleh karena itu, ikan ini bisa saja digabung dengan ikan lainnya asalkan ikan yang ingin digabung sebaiknya berukuran sama besarnya dengan ikan ini, karena jika ukurannya tidak sama besar maka ikan yang digabung akan dimangsa oleh ikan ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jenkins, A.; Kullander, F.F.; Tan, H.H. (2009). "Pangasius sanitwongsei". The IUCN Red List of Threatened Species. IUCN. 2009: e.T15945A5324983. doi:10.2305/IUCN.UK.2009-2.RLTS.T15945A5324983.en. 
  2. ^ "Mengenal Ikan Genghis khan, Si Ikan Predator Air tawar Yang Mirip Ikan Hiu". ikanesia.id. 22 Maret 2020. Diakses tanggal 2023-04-13.