Ika Vantiani

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ika Vantiani merupakan seniman perempuan Indonesia yang membuat karya dengan medium Kolase. Beliau banyak terlibat dalam kegiatan kesenian seperti pameran, lokakarya dan pelatihan. Namun demikian Ika Vantiani tidak memiliki latar belakang seni sama sekali, Beliau lulusan London School of Public Relation dan pernah bekerja selama 13 tahun dibidang Advertising. Kecintaan dan obsesinya terhadap Art and Craft membuatnya dikenal sebagai salah satu seniman kolase, baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu Ika juga aktif mengisi lokakarya kolase, zine dan menjadi Kurator di beberapa pameran besar seperti pameran Internasional seperti Jakarta Biennale pada tahun 2017.[1] Dalam membuat karya Ika menggunakan berbagai medium, salah satu medium yang digunakannya adalah buku. Ika menggunting beberapa buku bekas yang kemudian dijadikannya Kolase. Ika vantiani memulai menekuni kolase pada awal tahun 2000 saat itu ia senang membuat kolase dari majalah bekas, kemudian ia terlibat dalam komunitas seniman internasional yang membuatnya semakin cinta terhadap Art and Craft. Karyanya banyak bercerita seputar isu perempuan, media dan konsumsi.

Pameran[sunting | sunting sumber]

Selected Solo Exhibitions 2012 “ARTJOG Enlightenment”, Jogja National Museum, Yogyakarta, Indonesia Her Finger Power”, Lir Space, Yogyakarta, Indonesia.

Selected Group Exhibitions 2018 “ARTJOG Enlightenment”, Jogja National Museum, Yogyakarta, Indonesia.

Instalasi Kata Perempuan dalam Kamus Bahasa Indonesia, berkolaborasi dengan Yolando Siahaan, Galeri Nasional, Jakarta, Indonesia, 2018


  1. ^ Destriyani, Christmastuti (2016-02-15). "Ika Vantiani: Komunikasi Lewat Kolase". Provoke! Online. Diakses tanggal 2018-12-18.