If I Stay (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
If I Stay
IfIStayMoviePoster2014.jpg
Poster film If I Stay
SutradaraR. J. Cutler
ProduserDenise Di Novi
Alison Greenspan
SkenarioShauna Cross
BerdasarkanIf I Stay
oleh Gayle Forman
PemeranChloë Grace Moretz
Mireille Enos
Jamie Blackley
Joshua Leonard
Stacy Keach
Aisha Hinds
MusikHeitor Pereira
SinematografiJohn de Borman
PenyuntingKeith Henderson
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Agustus 2014 (2014-8-18) (New York)
  • 22 Agustus 2014 (2014-8-22) (Amerika Serikat)
Durasi
106 menit[2]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$11 juta[3]
Pendapatan kotor$78.874.843[3]

If I Stay adalah film drama fantasi romantis Amerika Serikat tahun 2014 yang disutradarai oleh R. J. Cutler dan diproduseri oleh Denise Di Novi dan Alison Greenspan. Naskah film ini ditulis oleh Shauna Cross berdasarkan novel If I Stay karya Gayle Forman. Film ini dibintangi oleh Chloë Grace Moretz, Mireille Enos, Jamie Blackley, Joshua Leonard, Stacy Keach dan Aisha Hinds.

Film If I Stay ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 18 Agustus 2014 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 Agustus 2014.[4] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Mia Hall (Chloë Grace Moretz) dan keluarganya bersiap-siap untuk melanjutkan aktivitas normal mereka ketika diumumkan di radio bahwa sekolah telah diliburkan. Ayah Mia, Denny (Joshua Leonard), merupakan seorang guru dan ia tidak masuk kerja karena musim salju. Ibu Mia, Kat (Mireille Enos), yang merupakan seorang agen perjalanan, memutuskan untuk menelepon dan pergi mengunjungi kakek dan nenek Mia yang tinggal di sebuah peternakan bersama keluarganya. Mia juga sedang berkencan dengan seorang bintang rock terkenal bernama Adam Wilde (Jamie Blackley).

Adegan kembali ke kehidupan awal Denny, yang merupakan bintang rock, dan Kat yang belum berpengalaman ketika mereka mengajak Mia ke kelas musik di mana Mia memutuskan bahwa ia ingin mulai bermain cello. Setelah orang tuanya melihat bahwa Mia sangat tertarik dengan cello, mereka menyewa seorang guru untuk membantu Mia bermain. Kat hamil dan melahirkan adik Mia, Teddy (Jakob Davies), yang menurut Mia adalah alasan Denny meninggalkan band-nya.

Beberapa tahun kemudian, Mia masih tertarik dengan cello dan bermain di ruang band sekolah tempat Adam mengintip Mia bermain, melihat Mia untuk pertama kalinya, membuat Adam bertanya kepada Kim (Liana Liberato), sahabat baik Mia, tentang Mia. Adam kemudian meminta Mia untuk berkencan di pertunjukan cello di mana mereka menunjukkan kasih sayang satu sama lain.

Kembali ke masa kini, keluarga Mia melakukan perjalanan ke peternakan kakek dan nenek Mia dan mobil mereka bertabrakan dengan truk yang akan datang. Mia tampaknya mengalami out-of-body experience di mana ia mengetahui dirinya tidak bersepatu dan melihat tubuhnya tergeletak di jalan sementara paramedis berusaha untuk membantunya dan keluarganya. Mia mencoba bertanya kepada paramedis tentang apa yang terjadi, tetapi ia menyadari bahwa tidak ada satu pun yang bisa melihat atau mendengarnya. Mia, yang sekarang berada di rumah sakit, panik karena ia tidak tahu kondisi salah satu anggota keluarganya saat ini ketika mereka membawa Mia untuk dioperasi. Perawat yang simpatik, perawat Ramirez (Aisha Hinds), memberitahu Mia — melalui tubuh fisiknya, bukan roh Mia — bahwa terserah padanya apakah ia mau tinggal atau tidak.

Adegan kembali ketika Mia menghadiri salah satu konser Adam dengan band-nya, Willamette Stone, di mana Mia merasa tidak cocok. Band Adam terus mendapatkan pengakuan dan mendapatkan kontrak label musik, membuat Mia tertekan dengan hubungannya dengan Adam karena jadwal perjalanan band Adam yang padat. Saat makan malam, kakek Mia (Stacy Keach) menyarankan agar Mia mendaftar ke Juilliard School, sebuah ide yang awalnya ditolak oleh Mia, tetapi ia kemudian mempelajarinya lebih lanjut. Mia akhirnya mengikuti audisi di San Francisco. Perlu beberapa saat bagi Mia untuk memberitahu Adam tentang audisinya dan ketika ia memberitahunya, Adam kecewa dan meninggalkan Mia untuk pertunjukan selama seminggu.

Kembali ke masa kini, Mia menjalani operasi. Ia melihat seorang dokter berbicara dengan kakek dan neneknya yang berdiri di luar ruang pediatrik di mana Teddy berada dalam kondisi koma. Adam datang ke rumah sakit untuk melihat Mia, tetapi ia tidak diperbolehkan masuk karena ia bukan anggota keluarga dekat. Kemudian terungkap bahwa ibu Mia, Kat, dinyatakan meninggal ketika sampai di rumah sakit dan ayah Mia, Denny, meninggal di ruang operasi. Mia kemudian mengetahui bahwa Teddy telah meninggal karena epidural hematoma. Sang kakek berbicara kepada Mia dan mengungkapkan bahwa ayahnya meninggalkan band-nya karena ia ingin memberikan kehidupan yang lebih baik untuk Mia dan menjadi ayah yang lebih baik. Sang kakek sambil menangis memberikan restu kepada Mia untuk pergi meninggalkan kehidupan ini jika Mia menginginkannya, membuat Mia dapat memutuskan bahwa ia ingin mati sehingga ia dapat bergabung dengan keluarganya di alam lain.

Adegan kembali ketika Mia mengikuti audisinya untuk Juilliard School di mana ia memainkan yang terbaik yang pernah dimainkannya, membuatnya berpikir bahwa jika ia diterima, Mia akan melanjutkan pendidikannya di sana. Setelah Mia berdamai dengan Adam, mereka berbicara tentang kemungkinan besar Mia untuk pergi ke Juilliard School, yang pada akhirnya menyebabkan mereka berpisah.

Setelah beberapa waktu, Mia tampaknya cukup stabil untuk menerima lebih banyak pengunjung. Mia tampak secara simbolis tentang melepaskan ketika ia mendengar musik di pertunjukan cello yang dihadirinya bersama Adam. Terungkap bahwa Adam telah datang untuk melihat Mia dan bahwa ia memainkan iPod-nya untuk Mia. Adam membawa surat dari Juilliard School untuk Mia yang berisi bahwa Mia telah diterima dan membiarkan Mia tahu bahwa Adam akan melakukan apapun yang Mia inginkan jika ia tetap tinggal. Adam mulai memainkan lagu yang akhirnya ditulisnya tentang Mia. Mia, setelah mengingat kembali semua momen bahagia dalam hidupnya, mengenggam tangan Adam, membuka matanya dan melihat Adam saat Adam berada di atasnya dan berkata, "Mia?"

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film If I Stay mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 35%, berdasarkan 129 ulasan, dengan rating rata-rata 5/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 46 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film If I Stay mendapatkan $50.474.843 di Amerika Utara dan $28.400.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $78.874.843, melebihi anggaran produksi film $11 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $15.679.190, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Guardians of the Galaxy dan Teenage Mutant Ninja Turtles.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hot Trailer: 'If I Stay'". 
  2. ^ "If I Stay (12A)". British Board of Film Classification. July 31, 2014. Diakses tanggal July 31, 2014. 
  3. ^ a b c d "If I Stay (2014)". Box Office Mojo. Diakses tanggal May 23, 2018. 
  4. ^ "Warner Bros., MGM Partner on YA Pic 'If I Stay,' Set 2014 Release". The Hollywood Reporter. January 9, 2014. Diakses tanggal January 10, 2014. 
  5. ^ "If I Stay (2014)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "If I Stay reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]