Idiazabal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Idiazabal
Idiazabal2.jpg
Negara asal Spanyol
Kawasan, kota Basque
Sumber susu Domba
Dipasteurisasi Tidak
Tekstur Keras
Kadar lemak 45%
Waktu pematangan 2-5 bulan[1]

Idiazabal adalah keju bertekstur keras dari desa Basque di Spanyol yang dibuat dengan menggunakan susu domba mentah.[1] Bentuk dari keju ini adalah silinder dengan berat 1 hingga 3 kilogram.[1] Tekstur dari keju Idiazabal padat, rapuh dan memiliki warna seperti gading.[1] Apabila warna kulit keju ini kuning muda maka keju tersebut tidak diasapkan.[1] Sedangkan bila kulit keju tersebut berwarna oranye kemerah-merahan hingga coklat, maka keju tersebut telah diasapkan.[1] Selama berabad-abad keju ini telah dibuat oleh para gembala di pegunungan Urbia dan Aralar.[2] Secara tradisional keju ini dijual pada akhir bulan September, ketika para gembala dan domba-dombanya terpaksa turun dari gunung karena musim dingin yang telah dimulai.[2] Keju Idiazabal yang dibuat oleh para gembala tersebut merupakan versi yang diasapkan.[2] Ketika itu tidak ada cerobong asap pada rumah-rumah di pegunungan sehingga aroma dari asap tersebut melekat kuat pada keju.[2] Awalnya mereka mengasapkan keju Idiazabal dengan tujuan agar keju tersebut tahan lebih lama dan dapat dijual pada musim dingin.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 146-147.
  2. ^ a b c d (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 96.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]