Icelandic Airlines Penerbangan 001

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Icelandic Airlines Penerbangan 001
DC-8 yang mirip dengan pesawat nahas ini.
Ringkasan kecelakaan
Tanggal15 November 1978
RingkasanCFIT
LokasiKatunayake, Sri Lanka
Penumpang249
Awak13
Cedera32
Tewas183
Selamat79
Jenis pesawatDouglas DC-8
OperatorIcelandic Airlines (Garuda Indonesia)
RegistrasiTF-FLA
AsalBandar Udara Internasional Jeddah, Jeddah, Arab Saudi
TujuanBandar Udara Internasional Bandaranaike, Colombo, Sri Lanka

Icelandic Airlines LL 001 merupakan penerbangan sewaan yang jatuh pada tanggal 15 November 1978 saat mendekati landasan pacu bandara internasional Colombo, Sri Lanka. Kecelakaan pesawat Douglas DC-8 menewaskan 8 dari 13 awak Islandia, 5 awak cadangan dan 170 jamaah haji dari Kalimantan Selatan, Indonesia, dari total 262 penumpang dan awak pesawat. Laporan resmi otoritas Sri Lanka menyebutkan bahwa penyebab jatuhnya pesawat ini adalah awak pesawat gagal mengikuti prosedur pendekatan. Meski begitu, otoritas Amerika Serikat dan Islandia secara resmi mengklaim kerusakan peralatan di bandara dan kesalahan pengendali lalu lintas udara sebagai penyebab musibah ini. Ini merupakan musibah terburuk sepanjang sejarah penerbangan Islandia.

Pesawat ini berangkat dari Jeddah, Arab Saudi, dengan rute akhir Bandar Udara Internasional Juanda, Indonesia. Rencananya pesawat mendarat di Bandar Udara Internasional Bandaranaike, Colombo, untuk mengisi bahan bakar dan mengganti awak kabin yang bertugas. Badai petir terjadi di wilayah tersebut dan rincihan angin sangat dikhawatirkan.

Pesawat[sunting | sunting sumber]

Pesawat yang terlibat dalam insiden ini adalah DC-8 yang disewa untuk keperluan Haji. Nomor registrasinya adalah TF-FLA dengan nama pesawat "Leifur Eiríksson".

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi dan pranala luar[sunting | sunting sumber]