Ibrahim Mohamed Solih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Ibrahim Mohamed Solih
އިބްރާހީމް މުޙައްމަދު ޞާލިޙު
The Prime Minister, Shri Narendra Modi meeting the President of Maldives, Mr. Ibrahim Mohamed Solih, in Male, Maldives on November 17, 2018 (cropped).JPG
Presiden Maladewa 7
Mulai menjabat
17 November 2018
Wakil PresidenFaisal Naseem
PendahuluAbdulla Yameen
Informasi pribadi
Lahir4 Mei 1964 (umur 55)
Bendera Maladewa Pulau Hinnavaru, Atol Lhaviyani, Maladewa
Partai politikPartai Demokratik Maladewa (setelah 2003)
PasanganFazna Ahmed
Anak2
Tempat tinggalMalé

Ibrahim Mohamed Solih (bahasa Dhivehi: އިބްރާހީމް މުޙައްމަދު ޞާލިޙު; lahir di Pulau Hinnavaru, Atol Lhaviyani, Maladewa, 4 Mei 1964; umur 55 tahun) lebih dikenal dengan Ibu,[1] adalah politikus Maladewa[2] yang menjadi Presiden Maladewa saat ini. Ia menjabat sejak 17 November 2018 setelah mengalahkan petahana Abdulla Yameen dalam Pemilihan Presiden 2018.

Dia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 1994, berusia 30 tahun, sebagai anggota parlemen dari atol daerahnya Faadhihpolhu (Lhaviyani). Solih memainkan peran utama dalam pembentukan Partai Demokratik Maladewa[3] (MDP) dan Gerakan Reformasi Politik Maladewa dari 2003 hingga 2008, yang menyebabkan negara mengadopsi konstitusi modern baru dan demokrasi multipartai untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Solih juga anggota senior parlemen[4] dan Majelis Rakyat.

Kehidupan awal dan pribadi[sunting | sunting sumber]

Solih lahir di Pulau Hinnavaru tetapi pindah ke pulau ibu kota Maladewa di Male pada usia muda untuk menempuh pendidikan, dan dia telah menjadi penduduk sejak itu. Dia adalah satu dari 13 anak. Ia menikah dengan Fazna Ahmed dan mereka memiliki seorang putri bernama Sarah (23) dan seorang putra bernama Yaman (21).[5]

Solih adalah salah satu teman terdekat mantan presiden Mohamed Nasheed, yang juga merupakan sepupu pertama dari istri Solih, Fazna.[5] Solih dan Presiden Nasheed memainkan peran penting dalam membangun demokrasi multipartai di Maladewa. Ibrahim Mohamed Solih telah menjadi sosok senior di partai tersebut dan memimpin kelompok parlementer pertama Partai Demokratik Maladewa (MDP) pada tahun 2009.

Pendidikan dan karier bisnis[sunting | sunting sumber]

Solih menyelesaikan pendidikan menengahnya di sekolah Mejeedhiyya, Male. Selama masa sekolahnya, dia adalah seorang siswa terkenal dan ikut serta dalam beberapa kegiatan di sekolah, terutama pada olahraga.

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Solih telah menjadi pemimpin kelompok parlemen dari Partai Demokrat Maladewa (MDP) sejak 2011.[6]

Dia juga menjabat sebagai pemimpin kelompok parlemen bersama gabungan sejak koalisi oposisi dibentuk pada bulan Maret 2017.

Solih terpilih sebagai kandidat presiden baru[7] untuk koalisi partai oposisi yang berusaha merebut posisi presiden petahana Yameen Abdul Gayoom dalam pemilihan 2018, ketika mantan presiden Mohamed Nasheed berubah pikiran untuk maju dalam pemilihan tersebut.[8]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Ibrahim selama hari-hari awal di sekolah Mejeediyya
Tim sepak bola Sekolah Majeediyya - Ibrahim berdiri di paling kiri
Kandidat presiden 2018, Ibrahim Mohamed Solih berkampanye di pulau-pulau
Solih berkampanye di Pulau Maduvvari Atol Raa

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Who is Ibrahim Mohamed Solih, president-elect of the Maldives?". The Hindu. 24 September 2018. Diakses tanggal 6 October 2018. 
  2. ^ "The race of his life: An introduction to the Maldives' latest presidential hopeful". Maldivesindependent.com. Diakses tanggal 16 July 2018. 
  3. ^ "Ibrahim Mohamed Solih – Maldivian Democratic Party". Mdp.org.mv. Diakses tanggal 16 July 2018. 
  4. ^ "People's Majlis – Chair announces Majority and Minority Leaders of the 18th People's Majlis". Majlis.gov.mv. Diakses tanggal 16 July 2018. 
  5. ^ a b "The race of his life: An introduction to the Maldives' latest presidential hopeful". Maldives Independent. Diakses tanggal 23 September 2018. 
  6. ^ "Ibrahim Mohamed Solih". Maldivian Democratic Party. Diakses tanggal 24 September 2018. 
  7. ^ "Maldives opposition selects veteran Ibrahim Solih for Sept presidential poll". Reuters. Diakses tanggal 24 September 2018. 
  8. ^ "MP Ibu declared MDP's Presidential Candidate". En.mihaaru.com. Diakses tanggal 16 July 2018.