Ian Stevenson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ian Stevenson
Lahir(1918-10-31)31 Oktober 1918
Montreal, Kanada
Meninggal8 Februari 2007(2007-02-08) (umur 88)
Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat
Sebab meninggalPneumonia
Warga negaraKanada karena kelahiran; Amerika, naturalisasi 1949
PendidikanUniversitas St. Andrews (1937–1939)
BSc (Universitas McGill, 1942)
MD (Sekolah Kedokteran Universitas McGill, 1943)
PekerjaanPsikiatis, director of the Division of Perceptual Studies at the University of Virginia School of Medicine
Dikenal atasRiset reinkarnasi
Suami/istriOctavia Reynolds (menikah pada tahun 1947)
Margaret Pertzoff (menikah pada tahun 1985)
Orang tuaIan dan Ruth Stevenson

Ian Pretyman Stevenson (31 Oktober 1918 – 8 Februari 2007) adalah seorang psikiatis Kanada-Amerika. Dia adalah seorang ilmuwan yang menggunakan hampir setengah abad berkeliling dunia untuk melakukan penelitian secara teliti dan mendetail mengenai ratusan kasus anak kecil yang dapat mengingat kehidupan lampaunya (secara spontan, tanpa menggunakan cara hipnosis). Dia merupakan penemu dari Penelitian Ilmiah pada kelahiran kembali.

Penelitian Stevenson yang berkaitan dengan kelahiran kembali, dipandang sebelah mata oleh sebagian orang sebagai hal yang tidak biasa. Pada tahun 1977, dalam menanggapi hasil penelitian Stevenson pada Journal of Nervous and Mental Disease, seorang psikiater bernama Harold Lief menggambarkan Stevenson sebagai ”seorang penyelidik yang metodis, hati-hati bahkan sangat hati-hati yang personalitasnya menghantuinya.” Ia juga menulis: ”Ia membuat kesalahan yang sangat besar, atau ia akan dikenal sebagai Galileo abad ke-20.”

Pada tahun 1943, Stevenson mendapatkan gelar medisnya dari Universitas McGill di Montreal, dan lulus sebagai peringat teratas di kelasnya. Pada tahun 1957, diusia 39 tahun, Dia menjadi ketua Departemen Psikiatri di Universitas Virginia. Dan karena pengaruh sang ibu yang merupakan seorang teosofi yang taat, yang digambarkan oleh Stevenson sebagai contoh Buddhisme bagi Orang Barat, Dia tertarik dengan paranormal, dan merasa terpanggil setelah melakukan perjalanan ke India pada tahun 1961 yang meyakinkannya bahwa kasus anak-anak yang dapat mengingat kehidupan lampau terjadi dimana-mana dan sangat mengesankan.

Tinggi dan kurus, kebapakan dalam penampilan dan perkataan, Stevenson merupakan seorang peneliti yang tidak kenal lelah dan sering lupa untuk makan. Ia mengatalogkan lebih dari 2500 kasus-kasus luar biasa yang sama, kebanyakan di Asia dan Timur Tengah tetapi juga di Eropa, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Buku pertamanya berjudul: “Twenty Cases Suggestive of Reincarnation,” diterbitkan pada tahun 1966, dan karyanya yang terakhir: “European Cases of the Reincarnation Type,” pada tahun 2003.

Pada tahun 1967 Dia menjadi direktur Division of Personality Studies, sekarang Division of Perceptual Studies, yang didanai oleh Chester Carlson, orang yang menciptakan proses Xerox.

Stevenson pensiun dari aktivitas penelitiannya pada tahun 2002, meninggalkan pekerjaannya untuk dilanjutkan oleh Dr. Bruce Greyson, M.D. Dan juga oleh Dr. Jim B. Tucker, M.D seorang psikiater anak yang melanjutkan pekerjaan Stevenson terhadap anak-anak, yang difokuskan pada kasus-kasus yang terjadi di Amerika Utara.

Dengan menyadari bahwa tujuan akhirnya agar ilmu pengetahuan ”secara serius mempertimbangkan kelahiran kembali sebagai suatu kemungkinan”, tidak dapat direalisasikan pada kehidupan sekarang, Prof. Dr. Ian Stevenson yang telah berusia 88 tahun, meninggal dunia karena penyakit radang paru-paru, pada tanggal 8 Februari 2007 di komunitas pensiunan di Westminster-Canterbury of the Blue Ridge, di Charlottesville, Virginia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Ian Stevenson/reincarnation
Consciousness
Miscellaneous