I Am Number Four (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
I Am Number Four
I Am Number Four Poster.jpg
Poster film I Am Number Four
SutradaraD. J. Caruso
ProduserMichael Bay
SkenarioAlfred Gough
Miles Millar
Marti Noxon
BerdasarkanI Am Number Four
oleh Pittacus Lore
PemeranAlex Pettyfer
Timothy Olyphant
Teresa Palmer
Dianna Agron
Callan McAuliffe
Kevin Durand
Jake Abel
MusikTrevor Rabin
SinematografiGuillermo Navarro
PenyuntingVince Filippone
Jim Page
Perusahaan
produksi
DreamWorks Pictures
Reliance Entertainment
Bay Films
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Februari 2011 (2011-2-18) (Amerika Serikat)
Durasi
110 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$60 juta[2]
Pendapatan kotor$149.878.437[2]

I Am Number Four adalah film fiksi ilmiah petualangan Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh D. J. Caruso dan diproduseri oleh Michael Bay. Naskah film ini ditulis oleh Alfred Gough, Miles Millar dan Marti Noxon berdasarkan novel I Am Number Four karya Pittacus Lore. Film ini dibintangi Alex Pettyfer, Timothy Olyphant, Teresa Palmer, Dianna Agron, Callan McAuliffe, Kevin Durand dan Jake Abel.

Film I Am Number Four dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 18 Februari 2011.[3][4] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

John Smith (Alex Pettyfer) adalah makhluk asing dari planet Lorien. Ia dikirim ke Bumi ketika ia masih kecil dengan delapan anak lainnya untuk melarikan diri dari Mogadorian yang menyerang mereka dan menghancurkan planet Lorien. Di Bumi, John dilindungi oleh seorang penjaga bernama Henri (Timothy Olyphant) dan telah mengembangkan kekuatannya, termasuk peningkatan kekuatan, kecepatan dan kelincahan, seperti tujuh kekuatan lain yang akan dikembangkannya di kemudian hari, yang dikenal sebagai warisan. John dilindungi oleh pesona Loric yang melindunginya dari semua serangan Mogadorian ketika ia terluka. John hanya bisa terluka setelah tiga Lorien pertama dibunuh secara berurutan.

Komandan Mogadorian (Kevin Durand) beserta anak buahnya mengetahui tentang sembilan anak tersebut dan datang ke Bumi untuk menemukan mereka. Lorien hanya bisa dibunuh secara berurutan dari yang pertama hingga kesembilan. Tiga dari mereka sudah mati, sementara John adalah Lorien keempat. Mengetahui hal ini, ia dan Henri pindah dari rumah tepi pantai di Florida ke sebuah pertanian tua di Paradise, Ohio, di mana John berteman dengan seorang ahli teori konspirasi bernama Sam Goode (Callan McAuliffe) dan seekor anjing yang diberi nama seperti Bernie Kosar. John juga jatuh cinta pada seorang fotografer amatir bernama Sarah Hart (Dianna Agron). Mantan kekasih Sarah, pemain football Mark James (Jake Abel) adalah pengganggu yang menyiksa John dan Sam.

Ketika Festival Halloween diadakan, Mark dan teman-temannya mengejar Sarah dan John ke dalam hutan di mana mereka mencoba mengalahkan John. Namun, John menggunakan kekuatannya untuk melawan mereka dan menyelamatkan Sarah. Sam melihat hal ini dan memaksa John untuk mengungkapkan asal-usulnya yang sebenarnya. Keesokan harinya, ayah Mark (Jeff Hochendoner), sherif setempat, menginterogasi Henri di tempat John ketika Mark dan teman-temannya diserang.

Henri memberitahu John bahwa terlalu banyak orang yang curiga dengan mereka sehingga mereka harus pergi, tetapi John menolak demi Sarah. Sementara itu, Mogadorian terus mencari John ketika mereka diikuti oleh Lorien keenam, Number Six (Teresa Palmer), yang juga mencari John. Penjaga Number Six terbunuh dan Number Six menyadari bahwa enam Lorien yang tersisa harus bersatu dan melawan Mogadorian. Ia mengetahui bahwa Number Three telah mati dan John sedang diburu.

Mogadorian akhirnya menemukan John dan memanfaatkan dua teori konspirasi untuk menangkap Henri. Ketika John dan Sam pergi untuk menyelamatkannya, mereka diserang. Mereka berhasil melawan Mogadorian, tetapi Henri meninggal setelah John dan Sam melarikan diri dengan beberapa artefak Lorien, termasuk batu biru yang berfungsi sebagai alat pelacak untuk menemukan Lorien lainnya. Ayah Sam, seorang ahli teori konspirasi yang menghilang saat berburu alien di Meksiko, memiliki batu yang lain. Ketika Sam mencarinya, John mencoba untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Sarah di sebuah pesta, hanya untuk menemukan bahwa Mogadorian telah menjebaknya dan Henri atas pembunuhan para ahli teori konspirasi. Mark melihat John dan memanggil ayahnya, yang menyudutkan John dan Sarah. John menyelamatkan Sarah ketika Sarah jatuh, mengungkapkan kekuatannya dan mereka melarikan diri ke sekolah menengah mereka.

Sementara itu, Komandan Mogadorian tiba di Paradise dengan truk iring-iringan. Komandan Mogadorian berhadapan dengan Mark dan ayahnya dan setelah melukai sherif, ia memaksa Mark untuk menunjukkan di mana John bersembunyi. Mark membawa Komandan Mogadorian ke sekolah, yang diketahuinya adalah tempat persembunyian Sarah.

Di sana, John, Sarah dan Sam diserang oleh Mogadorian yang membawa dua Piken untuk memburu mereka bertiga. Mereka diselamatkan oleh Number Six dan Bernie, yang sebenarnya adalah Chimera yang berubah bentuk dan dikirim oleh orang tua biologis John untuk melindunginya. John dan Number Six, yang bisa berubah tak terlihat dan dapat menghadang serangan energi, melawan Mogadorian. Mereka akhirnya mengalahkan mereka semua, termasuk Komandan Mogadorian.

Keesokan harinya, John dan Number Six menyatukan batu biru mereka dan menemukan lokasi dari empat Lorien lainnya yang masih hidup. John memutuskan untuk membiarkan Sam ikut dengan mereka dengan harapan menemukan ayah Sam. Mereka berangkat untuk mencari Lorien yang lain sehingga mereka semua dapat melindungi Bumi dari Mogadorian, meninggalkan Sarah dan Mark yang telah menyesal. Mark berbohong kepada ayahnya tentang keberadaan John dan memberitahu John untuk menuju ke barat karena Mark memberitahu ayahnya bahwa John menuju ke timur. Mark juga mengembalikan kotak ajaib yang ditinggalkan oleh John, yang disembunyikan oleh Henri sebagai bukti kepolisian. John mengucapkan terima kasih dan berjanji kepada Sarah bahwa ia akan kembali ke Paradise untuk bertemu dengan Sarah. John, bersama Sam, Bernie dan Number Six, melakukan perjalanan menuju matahari terbenam, lalu tersenyum dan bersumpah untuk melindungi rumah baru mereka, Bumi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Alex Pettyfer sebagai Daniel Jones / John Smith / Number Four
  • Timothy Olyphant sebagai Henri
  • Teresa Palmer sebagai Jane Doe / Number Six
  • Dianna Agron sebagai Sarah Hart
  • Callan McAuliffe sebagai Sam Goode
  • Kevin Durand sebagai Komandan Mogadorian
  • Jake Abel sebagai Mark James
  • Jeff Hochendoner sebagai Sherif James
  • Patrick Sebes sebagai Kevin
  • Greg Townley sebagai Number Three
  • Reuben Langdon sebagai penjaga Number Three
  • Emily Wickersham sebagai Nicole
  • Brian Howe sebagai Frank
  • Andy Owen sebagai Bret
  • Charles Carroll sebagai ayah tiri Sam
  • Garrett M. Brown sebagai Mr. Simms
  • Cooper Thornton sebagai Mr. Hart
  • Judith Hoag sebagai Mrs. Hart
  • Beau Mirchoff sebagai Drew
  • Tucker Albrizzi sebagai Tuck

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film I Am Number Four mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 32%, berdasarkan 164 ulasan, dengan rating rata-rata 4,8/10.[5] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 36 dari 100, berdasarkan 30 kritik, menunjukkan "ulasan yang buruk".[6] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "B+" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[7]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film I Am Number Four mendapatkan $55.100.437 di Amerika Utara dan $94.778.000 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $149.878.437, melebihi anggaran produksi film $60 juta.[2]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $19.449.893, menempati posisi kedua di box office di belakang film Unknown.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "I Am Number Four (12A)". British Board of Film Classification. February 2, 2011. Diakses tanggal January 21, 2016. 
  2. ^ a b c d "I Am Number Four (2011)". Box Office Mojo. Diakses tanggal January 21, 2016. 
  3. ^ Schooley, Tim (April 7, 2010). "DreamWorks production of "I Am Number Four" to shoot in Pittsburgh". Pittsburgh Business Times. Diakses tanggal June 5, 2010. 
  4. ^ "DJ Caruso Talks I Am Number Four". Empire. December 8, 2010. Diakses tanggal December 8, 2010. 
  5. ^ "I Am Number Four (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "I Am Number Four reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  7. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]