ISO 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

ISO 4, yang dideskripsikan sebagai Informasi dan dokumentasi – Aturan untuk penyingkatan kata judul dan judul terbitan,[1][2] merupakan sebuah standar internasional yang menentukan sistem penyeragaman untuk penyingkatan dari judul serial, yaitu judul terbitan (publikasi) seperti jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala. International Standard Serial Number (ISSN), yang ditunjuk oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi untuk mengurus ISO 4,[3] menjaga "Daftar Singkatan Kata Judul", yang merupakan standar penyingkatan kata yang umum ditemukan dalam judul serial.

Penggunaan umum ISO 4 adalah untuk menyingkatkan nama jurnal ilmiah dengan menggunakan "Daftar Singkatan Kata Judul".[4] Contohnya, ketika mengambil rujukan dari European Physical Journal, standar ISO 4 menetapkan "Eur. Phys. J." sebagai singkatannya. Perhatikan pula bahwa ISO 4 khususnya berguna untuk menyingkatkan judul jurnal, seperti huruf "J." yang menjadi bentuk singkat dari "jurnal".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ISO 4:1997 - Information and documentation -- Rules for the abbreviation of title words and titles of publications". iso.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2016. 
  2. ^ Hans F. Ebel, Claus Bliefert, William E. Russey (2004). The Art of Scientific Writing From Student Reports to Professional Publications in Chemistry and Related Fields. John Wiley & Sons. ISBN 3-527-29829-0. id: Aj1Filb-TvoC. 
  3. ^ "ISSN, a standardised code". issn.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2016. 
  4. ^ "Access to the LTWA". issn.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Februari 2016.