IOS 11

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

iOS 11 adalah rilis utama kesebelas dari sistem operasi mobile iOS yang dikembangkan oleh Apple Inc., yang menjadi penerus iOS 10. Telah diumumkan di Konferensi Pengembang Perusahaan di seluruh dunia pada tanggal 5 Juni 2017. Versi beta pertama dirilis untuk pengembang setelah Presentasi utama, dengan versi beta publik untuk rilis pada pertengahan 2017, dan versi terakhir untuk konsumen di akhir 2017.

iOS 11 memperkenalkan perubahan desain yang signifikan untuk sistem operasi. Layar kunci dan Pusat Pemberitahuan digabungkan, memungkinkan semua pemberitahuan ditampilkan secara langsung di layar kunci, dengan opsi untuk menggulir ke atas dan ke bawah untuk menampilkan atau menyembunyikan konten. Berbagai halaman Pusat Kontrol disatukan menjadi satu halaman, dengan kemampuan ikon Touch 3D untuk lebih banyak pilihan, dan pengguna dapat menyesuaikan pengaturan yang ditunjukkan. App Store menerima perombakan visual yang lengkap, membawa fokus yang lebih besar pada konten editorial dan sorotan harian. IPad menerima perluasan fitur perangkat lunak eksklusif, termasuk aplikasi file manager "File" untuk mengorganisir file dan file lokal yang tersimpan dalam layanan awan, bersama dengan dock aplikasi yang selalu dapat diakses, dukungan file drag-and-drop antara aplikasi, dan aplikasi baru. Antarmuka multitasking menampilkan beberapa aplikasi sekaligus. Siri akan bisa menerjemahkan antara bahasa, akan menampilkan lebih banyak suara manusia, dan menggunakan teknik "on-device learning" yang berpikiran privasi untuk lebih memahami kepentingan pengguna dan menawarkan saran yang lebih baik. Kamera akan menampilkan pengaturan baru untuk foto mode potret yang lebih baik dan akan menggunakan teknologi pengkodean baru untuk mengurangi ukuran foto dan video. Pesan akan diintegrasikan dengan iCloud untuk pesan tersinkronisasi sepenuhnya di perangkat iOS dan macOS, dan akan mendukung pembayaran Apple-to-person Apple Pay.

  1. 1 Sejarah
  2. 1.1 Pendahuluan dan rilis awal
  3. 2 Fitur sistem
  4. 2.1 Layar kunci
  5. 2.2 Pusat Kontrol
  6. 2,3 Siri
  7. 2.4 Pengaturan
  8. 2,5 iPad
  9. 2.6 Kamera
  10. 2.7 Perubahan lainnya
  11. 3 fitur aplikasi
  12. 3.1 Mail
  13. 3.2 Pesan
  14. 3.3 App Store
  15. 3.4 Peta
  16. 3.5 Foto
  17. 3.6 Podcast
  18. 3.7 Catatan
  19. 3.8 Safari
  20. 4 API Pengembang
  21. 5 Fungsi yang dihapus
  22. 6 Perangkat yang didukung
  23. 6.1 iPhone
  24. 6.2 iPod Touch
  25. 6,3 iPad
  26. 7 Referensi
  27. 8 Pranala luar

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pendahuluan dan rilis awal[sunting | sunting sumber]

iOS 11 diperkenalkan di alamat utama Apple Worldwide Developers Conference pada tanggal 5 Juni 2017. Versi beta pengembang pertama dirilis setelah presentasi utama, dengan versi beta publik untuk rilis di kemudian hari pada pertengahan 2017, dan versi terakhir untuk pengguna akhir pada akhir 2017.

Fitur sistem[sunting | sunting sumber]

Layar kunci[sunting | sunting sumber]

Layar kunci dan Pusat Pemberitahuan digabungkan, memungkinkan pengguna melihat semua pemberitahuan secara langsung di layar kunci. Menggulir ke atas dan ke bawah akan menampilkan atau menyembunyikan notifikasi

Pusat Kontrol[sunting | sunting sumber]

Pusat Kontrol menerima perancangan ulang yang signifikan, menyatukan halaman yang berbeda menjadi satu dan memungkinkan pengguna 3D Sentuh ikon untuk opsi tombol tambahan. Slider membiarkan pengguna mengatur volume dan kecerahan. Control Center dapat disesuaikan melalui aplikasi Settings, dan memungkinkan berbagai fitur pengaturan yang lebih luas ditampilkan, termasuk layanan seluler, Low Power Mode, dan jalan pintas ke aplikasi Catatan

Siri[sunting | sunting sumber]

Asisten pribadi Siri yang cerdas akan memiliki bahasa yang lebih manusiawi dan terjemahan bahasa yang mendukung, dengan bahasa Inggris, Cina, Prancis, Jerman, Italia, Melayu, dan Spanyol tersedia saat diluncurkan. Ini juga akan mendukung pertanyaan tindak lanjut oleh pengguna. Pengguna juga bisa mengetik Siri.

Siri akan dapat menggunakan "pembelajaran di perangkat", teknik belajar lokal yang berpikiran privasi untuk memahami perilaku dan minat pengguna di dalam aplikasi yang berbeda, untuk menawarkan saran dan rekomendasi yang lebih baik.

Perangkat yang didukung[sunting | sunting sumber]

iPhone[sunting | sunting sumber]

iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus,

iPod Touch 6th Generation
Iphone 5S