Hydnora africana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Hydnora africana

Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmagnoliids
OrdoPiperales
FamiliAristolochiaceae
GenusHydnora
SpesiesHydnora africana
Thunb.

Hydnora africana adalah spesies tumbuhan yang tergolong ke dalam famili Hydnoraceae. Tumbuhan ini berasal dari wilayah Afrika bagian selatan dan merupakan tumbuhan parasit yang menyerang akar tumbuhan dari famili Euphorbiaceae.[1] Tumbuhan ini tidak memiliki klorofil dan tidak melakukan fotosintesis. Tumbuhan ini memperoleh nutrien dari tumbuhan inangnya. Hydnora Africana memiliki enzim yang dapat melarutkan akar tumbuhan inangnya agar dapat menempel pada tumbuhan tersebut.[2] Spesies ini tumbuh di bawah tanah, kecuali untuk bunganya yang muncul di atas permukaan dan mengeluarkan bau tinja untuk menarik penyerbuknya (contohnya adalah kumbang kotoran).[3] Bunganya merupakan perangkap yang dapat mengurung penyerbuknya selama beberapa hari hingga sebuk sarinya menempel di tubuh penyerbuk yang menjadi korban.[4] Setelah itu bunganya akan melepaskan si penyerbuk itu agar sang penyerbuk dapat menyebarkan serbuk sari Hydnora africana ke tempat lain.[2]

Buah[sunting | sunting sumber]

H. Africana menghasilkan buah di bawah tanah yang membutuhkan waktu dua tahun untuk matang. Rasa dan tekstur buah ini mirip dengan kentang. Diameter buahnya dapat mencapai delapan sentimeter.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://botany.org/Parasitic_Plants/Hydnora_africana.php Diarsipkan 2017-08-04 di Wayback Machine. Botanical Society of America: Hydnora africana
  2. ^ a b Campbell, Dana. "Jackal Food (Hydnora Africana)". Encyclopedia of Life. Diakses tanggal 28 October 2014. 
  3. ^ Waser, Nickoloas Merritt; Ollerton, Jeff, ed. (2006). "Table 6.1: Angiosperms with rewardless flowers". Plant-Pollinator Interactions: From Specialization to Generalization. University of Chicago Press. hlm. 126–9. ISBN 978-0-226-87400-5. 
  4. ^ "BSA Parasitic Plant Pages- Hydnora Africana". Botanical Society of America. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 June 2013. Diakses tanggal 9 June 2013.