Hybodus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hybodus
Rentang fosil: Permian akhir-Kapur akhir, 260–66 jtyl
Hybodus fraasi di Museum für Naturkunde di Berlin
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Hybodus

Agassiz, 1837
Spesies
  • Hybodus houtienensis
  • Hybodus obtusus
  • Hybodus fraasi
  • Hybodus basani

Hybodus ("gigi punuk") adalah genus Chondrichthyes yang sudah punah. Pertama kali muncul pada akhir periode Permian, dan menghilang selama periode Kapur Akhir, selama periode Trias, Jura, dan Kapur, hybodont sangat sukses dan dapat ditemukan di laut dangkal di seluruh dunia. Untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, hybodont punah menjelang akhir periode Kapur.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Pemulihan H. fraasi
Hybodus hauffianus

Spesies Hybodus tumbuh sampai sepanjang 2 meter (6,6 kaki), dan dipercaya sebagai predator oportunis. Ukurannya tidak terlalu besar, namun memiliki bentuk hiu klasik yang ramping, lengkap dengan dua sirip punggung yang akan membantunya menyetir dengan tepat. Mulutnya tidak besar, dan daripada memburu mangsa besar secara kejam, Hybodus, mampu makan berbagai macam makanan. Mereka memiliki beberapa ciri khas yang membedakan mereka dari hiu primitif lainnya. Pertama, mereka memiliki dua tipe gigi yang berbeda, menunjukkan pola makan yang luas. Gigi yang lebih tajam akan digunakan untuk menangkap mangsa yang licin, sedangkan gigi yang lebih rata mungkin membantu mereka menghancurkan makhluk bercangkang. Kedua, mereka memiliki bilah tulang di sirip punggung mereka yang mungkin berfungsi sebagai pertahanan. Pejantan juga memiliki clasper, organ khusus yang secara langsung memasukkan sperma ke dalam betina, dan yang masih ada pada hiu modern.[1]

Fosil Hybodus termuda berasal dari Formasi Dinosaur Park. Mereka berasal dari 68,6 hingga 66 juta tahun yang lalu.[2]

Fosil gigi pertama dari Hybodus ditemukan di Inggris sekitar tahun 1845. Sejak itu gigi (dan duri punggung) telah ditemukan dari seluruh dunia.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Beberapa spesies Hybodus, termasuk H. butleri, H. rajkovichi, dan H. montanensis, kemudian dipindahkan ke Meristodonoides.[3]

  • Hybodus houtienensis
  • Hybodus obtusus
  • Hybodus fraasi
  • Hybodus basani

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Palmer, D., ed. (1999). The Marshall Illustrated Encyclopedia of Dinosaurs and Prehistoric Animals. London: Marshall Editions. hlm. 28. ISBN 978-1-84028-152-1. 
  2. ^ Neuman, A.G.; Brinkman, D.B. (2005). "Fishes of the fluvial beds". Dalam Currie, P.J.; Koppelhus, E.B. Dinosaur Provincial Park: A Spectacular Ancient Ecosystem RevealedPerlu mendaftar (gratis). Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press. hlm. 167–185. ISBN 978-0-253-34595-0. 
  3. ^ Underwood, Charlie J.; Cumbaa, Stephen L. (July 2010). "Chondrichthyans from a Cenomanian (Late Cretaceous) bonebed, Saskatchewan, Canada". Palaeontology. 53 (4): 903–944. doi:10.1111/j.1475-4983.2010.00969.xalt=Dapat diakses gratis. 

Sumber[sunting | sunting sumber]