Hutchison Asia Telecom Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hutchison Asia Telecommunications Limited
Jenis Publik
Didirikan 1985
Kantor pusat Hong Kong
Daerah layanan Indonesia
Sri Lanka
Vietnam
Tokoh penting Canning Fok (Ketua)
Dennis Lui (CEO)
Produk Telekomunikasi telepon genggam dan jaringan tetap
Induk CK Hutchison Holdings

Hutchison Asia Telecommunications Limited (sebelumnya bernama Hutchison Telecommunications International Limited) adalah perusahaan jasa telekomunikasi multinasional korporasi yang berkantor pusat di Hong Kong dan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki Hutchison Whampoa. Ini mengoperasikan layanan telekomunikasi bergerak GSM di Sri Lanka dan Vietnam, dan CDMA di Indonesia dengan merek termasuk Hutch, 3 dan Vietnamobile.

Hutchison Telecom sebelumnya adalah perusahaan yang terdaftar dengan daftar utama di Hong Kong Stock Exchange dan American Depositary Shares yang dikutip di New York Stock Exchange. Pada bulan Mei 2010, Hutchison Telecom menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hutchison Whampoa Group yang berbasis di Hong Kong dan sahamnya dihapuskan.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1999 dan 2000, Hutchison Telecom menjual kepentingan Orange dan VoiceStream dan menginvestasikan kembali sebagian besar hasil penjualan untuk mengembangkan generasi ketiga globalnya 3G) bisnis telekomunikasi mobile broadband, berdasarkan standar 3G UMTS.

Pada awal 2007, Hutchison Telecom menjadi berita utama dengan menjual 67% sahamnya di jaringan telepon genggam India Hutch Essar ke Vodafone untuk US$ 13,1 miliar (yang menghasilkan $ 2 miliar adalah hutang).

Pada tahun 2009, Hutchison menjual saham pengendali di Orange Israel ke Scailex Corporation. Dengan demikian, merek menggunakan merek Orange untuk menyediakan layanan mobile.

Pada tahun 2009, Hutchison Telecommunications Hong Kong Holdings terdaftar di Hong Kong Stock Exchange.[2]

Urusan perusahaan[sunting | sunting sumber]

Hutchison Telecom sebelumnya tercatat di bursa saham Hong Kong dan New York.[3] Ini sepenuhnya dimiliki oleh Hutchison Whampoa.

Operasi saat ini[sunting | sunting sumber]

3G[sunting | sunting sumber]

Perusahaan induk Hutchison Telecom, Hutchison Whampoa, mengembangkan layanan 3G dengan merek 3. Ini adalah pertama untuk menggelar layanan 3G komersial berdasarkan kecepatan tinggi mobile video telephony, streaming dan download, serta layanan musik, suara dan data. Hutchison Whampoa Limited saat ini memegang lisensi 3G di sebelas pasar: Australia, Austria, Denmark, Indonesia, Irlandia, Italia, Makau, Swedia dan Inggris.

3 Indonesia[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2005, Hutchison Telecom mengakuisisi 60% saham di PT Hutchison 3 Indonesia (sebelumnya dikenal sebagai PT Cyber ​​Access Communications dan PT Hutchison CP Telecommunications) dari Charoen Pokphand Group Indonesia. Pada tahun 2006, HCPT mengumumkan bahwa mereka mempertahankan Siemens untuk merancang, membangun dan mengoperasikan jaringan nirkabel nasional 2G dan 3G mutakhir. HCPT meluncurkan layanan komersialnya pada tanggal 30 Maret 2007 dengan merek 3.

Indonesia adalah pasar nirkabel yang sangat menarik dengan populasi yang cukup besar dan tingkat penetrasi mobile yang relatif rendah. Ini adalah contoh bagus dari visi dan strategi Hutchison Telecom dalam mencapai pertumbuhan di pasar negara berkembang.

Pada akhir September 2009, basis pelanggan HCPT tumbuh menjadi sekitar 7,3 juta.

Hutch Sri Lanka[sunting | sunting sumber]

Operasi Sri Lanka perusahaan tersebut, yang biasa dikenal dengan Hutch, berkembang dengan cepat. Perusahaan ini baru saja memperkenalkan fitur 3G HSPA+ pada jaringannya dan juga sistem pembagian waktu udara yang disebut "me2u" untuk mentransfer kredit dari satu telepon Hutch ke telepon lainnya.

Vietnamobile[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juli 2004, Hutchison Telecommunications (Vietnam) S.à r.l. ("Hutchison Telecom Vietnam"), anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Hutchison Telecom, mengadakan kontrak kerjasama bisnis dengan Hanoi Telecom Joint Stock Company. Pada bulan Februari 2005, Hutchison Telecom diberi lisensi investasi oleh pemerintah untuk proyek tersebut dan pada bulan Januari 2007, meluncurkan layanan CDMA dengan merek HT Mobile.

Sementara mereka menawarkan jaringan unggulan, serapan pasar sangat terhambat oleh minimnya handset CDMA yang terjangkau, khususnya pilihan bahasa Vietnam, ditambah dengan tren produsen terkemuka untuk meningkatkan pengembangan handset di pasar ini.

Pada tanggal 8 Maret 2008, mereka menerima persetujuan pemerintah untuk beralih dari teknologi CDMA ke GSM. Setelah berhasil melakukan konversi, layanan GSM diluncurkan pada bulan April 2009 dengan merek baru "Vietnamobile". Merek ini melampaui satu juta pelanggan dalam enam bulan peluncuran, kebanyakan di segmen prabayar.

Vietnamobile menawarkan beberapa potensi pertumbuhan tertinggi di wilayah ini.

Mantan operasi[sunting | sunting sumber]

Hutchison India[sunting | sunting sumber]

Hutchison Essar Limited memulai operasinya dengan merek "Orange" di Mumbai. Di negara bagian lain dipasarkan dengan merek "Hutch". Kemudian diubah menjadi "Hutch" secara nasional saat mereka berkembang pesat menjadi penyedia layanan seluler terbesar ketiga di India dan melanjutkan pangsa pasarnya melalui akuisisi BPL, Fascel, Command & Aircel Digilink. Pada tanggal 31 Maret 2007 Hutch Essar menjual 67,1% sahamnya kepada Vodafone.

Hutchison Orange Israel[sunting | sunting sumber]

Bahkan setelah menjual Orange ke Mannesmann AG pada bulan Februari 1999,[4] Hutchison terus menggunakannya di Israel. Baru-baru ini mereka telah menjual saham pengendali dalam usaha ini ke Scailex Corporation. Dengan demikian ia mengakhiri kisah merek Orange yang terkait dengan Hutchison Telecom. Meskipun Scailex Corp masih menggunakan merek ini untuk Operasi mereka.

Hutch Thailand[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Hutchison Telecom dan CAT Telecommunications Company Limited ("CAT Telecom") mengadakan usaha patungan dengan mendirikan Hutchison CAT Wireless MultiMedia Ltd. ("Hutchison CAT") untuk menyediakan layanan pemasaran eksklusif untuk CAT Telecom's CDMA telekomunikasi bergerak di 25 provinsi yang berada di Kawasan Metropolitan Bangkok dan di wilayah tengah, pantai timur dan daerah pantai barat Thailand.

Pada tahun 2003, Hutchison CAT meluncurkan layanan pemasaran untuk layanan mobile CDMA CAT Telecom dengan merek Hutch, memberikan layanan suara dan data nirkabel berkecepatan tinggi kepada pelanggan.

Pada 2013 Hutch Thailand telah mengakhiri layanan CDMA-nya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]