Hutan campuran Pegunungan Pindus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hutan campuran Pegunungan Pindus
Peta ecoregion PA1217
Ekologi
BiomaHutan dan semak belukar Mediterania
BatasHutan campuran Pegunungan Dinaric, Hutan campuran Balkan, Aegean and western Turkey sclerophyllous and mixed forests and Illyrian deciduous forests
Spesies burung229[1]
Spesies mamalia68[1]
Geografi
Area39.500 km2 (15.300 sq mi)
NegaraYunani, Makedonia Utara, Albania and Kosovo
Konservasi
Habitat yang berkurang36.395%[1]
Dilindungi4.32%[1]

Hutan campuran Pegunungan Pindus merupakan kawasan ekologi terestrial di Eropa menurut WWF dan Peta Digital Kawasan Ekologi Eropa yang dirilis oleh Badan Lingkungan Eropa. Kawasan ini terdiri dari bioma hutan dan semak belukar Mediterania, dan berada di zona Paleartik.

Hutan campuran Pegunungan Pindus terletak di montana bagian selatan Balkan di kisaran ketinggian yang luas di atas 300–500 m. Hutan ini mencakup Taygetus, Peloponnesus, di pegunungan Yunani Tengah (termasuk Pindus), timur Albania dan bagian barat daya dari Makedonia Utara, kawasan hutan ini juga meluas hingga lembah Sungai Drin di utara dan menempati area seluas 39.500 km² (15.300 sq. mi) di tiga negara.

Kawasan ekologi ini terkurung daratan dan dikelilingi oleh Hutan sklerofilik dan hutan campuran Aegea Turki Barat (di Yunani), Hutan gugur Illyrian (di Yunani dan Albania), Hutan campuran Pegunungan Dinar (di Albania di sebelah utara Drin) dan Hutan campuran Balkan (di Kosovo, Makedonia Utara dan Yunani).

Iklim kawasan ekologi ini sebagian besar bertipe Köppen Mediterania dengan musim panas yang panas (Csa).

Karena rentang ketinggian yang luas dari kawasan ekologi ini, elevasi tertinggi (di atas 1.000-1.400 m) ditutupi dengan hutan jenis konifera, dengan zona campuran berdaun lebar yang lebih rendah. Hutan jenis konifera didominasi oleh Pinus nigra subsp. nigra var. pallasiana, Abies cephalonica dan A. borisii-regis, dengan tumbuhan peluruh Beech Eropa di utara. Juniperus foetidissima tersebar luas di dekat garis pohon. Spesies dominan di dataran rendah sangat beragam, termasuk Aesculus hippocastanum (di tempat yang lebih lembab) dan berbagai pohon ek gugur (Quercus frainetto, Q. pubescens, Q. cerris, Q. trojana, [[Quercus petraea|Q. petraea] ]). Pohon ek hijau, terutama Q. calliprinos, dan spesies semak Mediterania sclerophyll lainnya berlimpah di lereng kering dan berbatu yang menghadap ke selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Hoekstra, J. M.; Molnar, J. L.; Jennings, M.; Revenga, C.; Spalding, M. D.; Boucher, T. M.; Robertson, J. C.; Heibel, T. J.; Ellison, K. (2010). Molnar, J. L., ed. The Atlas of Global Conservation: Changes, Challenges, and Opportunities to Make a DifferencePerlu mendaftar (gratis). University of California Press. ISBN 978-0-520-26256-0.