Huruf insular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huruf insular (Gaelik)
Permulaan Injil Markus dari Kitab Durrow
Jenis aksara
BahasaLatin, Irlandia, Inggris
Periode
fl. 600–850 M
Aksara terkait
Silsilah
Abjad Latin
  • Huruf insular (Gaelik)
 Artikel ini mengandung transkripsi fonetik dalam Alfabet Fonetik Internasional (IPA). Untuk bantuan dalam membaca simbol IPA, lihat Bantuan:IPA. Untuk penjelasan perbedaan [ ], / / dan  , Lihat IPA § Tanda kurung dan delimitasi transkripsi.

Huruf insular adalah suatu langgam tulisan tangan latin Abad Pertengahan yang pertama kali digunakan di Irlandia sekitar abad 7 M yang kemudian menyebar ke Inggris Anglo-Saxon dan benua Eropa di bawah pengaruh Kristen Irlandia. Langgam ini dapat dikenal dengan sejumlah nama: Langgam Irlandia, Hiberno-Saxon, dan sebagainya, tetapi Istilah "Insular" yang berasal dari bahasa Latin Insula (pulau) merupakan istilah yang paling umum digunakan mengingat perkembangan yang sebagian besarnya terjadi di wilayah Kepulauan Britania.[1]

Langgam Insular umum diasosiasikan sebagai bagian dari Seni Insular yang sebagian besar artefaknya terdiri dari naskah-naskah beriluminasi. Langgam Insular sendiri terdiri dari sekelompok gaya tulisan terkait yang digunakan secara hierarkis, bergantung pada isi dan bagian teks yang bersangkutan. Meskipun sebagian besar naskah Insular merupakan naskah keagamaan Kristianiti dengan bahasa Latin, langgam ini juga digunakan untuk genre dan bahasa vernakuler. Salah satu contoh terbaik dari penggunaan langgam ini dapat ditemukan di Kitab Kells dan Kitab Durrow.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Marcos, Juan Jose (2 January 2017). "Manual for Latin Paleography:5th Edition" (PDF). guindo.pntic.mec.es. Diakses tanggal 2018-12-19.