Kumpai (tumbuhan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Huperzia)
Kumpai
Huperzia

Huperzia selago di Austria
Taksonomi
DivisiPteridophyta
KelasLycopodiopsida
OrdoLycopodiales
FamiliLycopodiaceae
SubfamiliHuperzioideae
GenusHuperzia
Bernh., 1800
Tata nama
Dinamakan berdasarkanVegetable Lamb of Tartary
Spesies
Lihat teks.
Kumpai rantai (Huperzia phlegmaria)

Kumpai (dari bahasa Sunda)[2] adalah tumbuhan paku dari divisio Lycopodiophyta yang kebanyakan tumbuh secara epifit. Kumpai adalah anggota suku Lycopodiaceae, sebagai anaksuku Huperzioideae (menurut PPG I (2016)[3]) atau marga Huperzia arti luas (sensu lato). Dalam sumber-sumber lama pada era pra-molekular, kumpai merupakan bagian dari marga Lycopodium. Penjelasan lebih lanjut diberikan di bagian Taksonomi.

Beberapa anggotanya adalah tanaman hias gantung populer, seperti kumpai lubang (kumpai tali atau kumpai ekor tikus, Huperzia carinata), kumpai picisan (Huperzia nummularifolia), kumpai ekor monyet (Huperzia squarrosa) dan kumpai rantai (Huperzia phlegmaria).

Morfologi[sunting | sunting sumber]

Sporofit dari genus ini memiliki pucuk yang tidak bercabang yang umumnya tegak dan berbentuk bulat pada penampang melintang. Batang horizontal tidak ada. Daunnya tidak memiliki barisan yang berbeda, dan biasanya berbentuk agak lanset. Pada beberapa spesies, ukurannya bervariasi sesuai dengan musim di mana mereka tumbuh. Cabang-cabang yang mengandung gemmae – struktur seperti kuncup di mana tanaman bereproduksi secara aseksual – terjadi di antara daun. Gemmae berbentuk segitiga, dengan delapan daun dalam pola konstan: empat diratakan menjadi bidang dan dua daun lateral yang besar. Sporangia berbentuk ginjal (reniform), terdapat di pangkal daun yang tidak termodifikasi atau tereduksi. Akar diproduksi di dekat puncak tunas, dan bermigrasi ke bawah di dalam korteks batang untuk muncul di permukaan tanah. Gametofit yang tidak bercabang tidak fotosintesis, melainkan di bawah tanah dan mikoriza .

Flora Amerika Utara membedakan Huperzia dari genus Phlegmariurus tropis epifit berdasarkan perbedaan seperti tunas kompleks dan khusus, permata dan cabang kecil tempat mereka dilahirkan, dan gametofit tidak bercabang.

Taksonomi[sunting | sunting sumber]

Genus Huperzia diperkenalkan oleh Johann Jakob Bernhardi pada tahun 1801. Bernhardi memisahkan Huperzia dari Lycopodium . Spesies tipenya adalah Lycopodium selago yang menjadi Huperzia selago .Pada klasifikasi menurut Pteridophyte Phylogeny Group (PPG I) (2016), Huperzia ditempatkan ke dalam anaksuku Huperzioideae dari suku Lycopodiaceae.[4] Studi filogenetik yang dilakukan Field et al. (2016), yang didasarkan pada data molekular dan morfologi, mencapai kesimpulan bahwa pilihan satu genus (Huperzia s.l.) maupun pembagian dalam tiga genus (Huperzia s.s., Phlegmariurus, dan Phylloglossum) dapat diterima.[5]

Huperzioideae (Huperzia sensu lato, dipakai untuk artikel ini)

Phylloglossum

Huperzia (arti sempit, sensu stricto)

Phlegmariurus

Banyak dari jenis yang sebelumnya ditempatkan dalam Huperzia arti luas dimasukkan dalam Phlegmariurus. Sebelumnya, Flora of North America juga telah memisahkan Huperzia dari Phegmariurus. Namun, Phlegmariurus sebenarnya secara morfologi sulit untuk dibedakan dari Huperzia sehingga ada penulis yang lebih menyukai pengelompokan dalam satu marga Huperzia.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Klasifikasi PPG I menyebutkan ada 25 spesies dalam genus Huperzia . Hingga September 2020, Ferns of The World mendaftarkan 56 jenis, dengan catatan bahwa "banyak spesies masih perlu dipindahkan ke genera terpisah lainnya".

Jenis yang dialihkan karena perbedaan sistem klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Dalam versi satu marga, Phylloglossum drummondii menjadi sinonim bagi Huperzia drummondii. Sementara, hingga Oktober 2019, jenis-jenis yang dialihkan dari Huperzia ke Phlegmariurus menurut Checklist of Ferns dan Lycophytes of the World (versi tiga marga) adalah sebagai berikut.

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Sesuai batasan dalam klasifikasi PPG I, Huperzia didistribusikan di habitat beriklim sedang, Arktik dan alpine, termasuk juga yang ada di pegunungan di Asia tropis. Spesiesnya terestrial atau epifit. Phlegmariurus adalah epifit, dan memiliki distribusi tropis di seluruh dunia, sehingga ketika Huperzia didefinisikan secara luas untuk mencakup ketiga genera dari subfamili Huperzioideae, ia memiliki distribusi hampir di seluruh dunia, tidak ada terutama di Afrika Utara, Semenanjung Arab dan Asia Barat.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

{{Reflist|refs= [1]

[4]

[5]

[6]

[7]

[8]

[9]

  1. ^ a b "Huperzia Bernh.", The International Plant Names Index, diakses tanggal 2020-09-16 
  2. ^ Kamus Basa Sunda: Kum - Kunci
  3. ^ PPG I (2016). "A community-derived classification for extant lycophytes and ferns". Journal of Systematics and Evolution. 54 (6): 563–603. doi:10.1111/jse.12229. 
  4. ^ a b PPG I (2016), "A community-derived classification for extant lycophytes and ferns", Journal of Systematics and Evolution, 54 (6): 563–603, doi:10.1111/jse.12229 
  5. ^ a b Field, Ashley R.; Testo, Weston; Bostock, Peter D.; Holtum, Joseph A. M.; Waycott, Michelle (2016), "Molecular phylogenetics and the morphology of the Lycopodiaceae subfamily Huperzioideae supports three genera: Huperzia, Phlegmariurus and Phylloglossum", Molecular Phylogenetics and Evolution, 94 (Pt B): 635–657, doi:10.1016/j.ympev.2015.09.024, PMID 26493224 
  6. ^ Hassler, Michael; Schmitt, Bernd (April 2020), "Huperzia", World Ferns, 8.30, diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-02, diakses tanggal 2020-09-16 
  7. ^ Hassler, Michael; Schmitt, Bernd (April 2020), "Phlegmariurus", World Ferns, 8.30, diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-02, diakses tanggal 2020-09-16 
  8. ^ Wagner Jr., Warren H.; Beitel, Joseph M., "Huperzia", dalam Flora of North America Editorial Committee, Flora of North America (online), eFloras.org, diakses tanggal 2020-09-16 
  9. ^ "Huperzia Bernh.", Plants of the World Online, Royal Botanic Gardens, Kew, diakses tanggal 2020-09-15