Humble Bundle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Humble Bundle, Inc.
Humble Bundle Logo.svg
Tanggal pembentukan 2010; 8 tahun lalu (2010)
Pendiris Jeff Rosen
John Graham
Jenis Anak perusahaan
Kantor pusat San Francisco, California, Amerika Serikat
Daerah layanan
Dunia
Situs web humblebundle.com

Humble Bundle adalah toko daring yang menjual permainan video. Sebelumnya, Humble Bundle hanya menjual bundel permainan video yang harganya ditentukan sendiri oleh pembeli, sebagian akan disumbangkan ke yayasan amal dan sisanya diberikan kepada tiap-tiap pengembang permainan video. Sampai saat ini, Humble Bundle masih menawarkan bundel permainan video dengan batas waktu tertentu, ditambah toko daring yang menjual permainan video satuan. Konsep awal Humble Bundle dicetuskan oleh Wolfire Games pada awal tahun 2010, tetapi sejak penjualan bundel kedua mulai dijadikan perusahaan sendiri yang tugasnya mengelola promosi, pembayaran, dan distribusi bundel. Pada bulan Oktober 2017, perusahaan ini diakuisisi oleh Ziff Davis, LLC melalui IGN Entertainment meski terus beroperasi sebagai anak perusahaan terpisah.

Bundel-bundel keluaran awal biasanya merupakan kumpulan permainan video independen yang menawarkan dukungan lintas platform (meliputi Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux) tanpa manajemen hak digital. Bundel Humble Bundle yang dijual beberapa bulan sekali, masing-masing selama dua minggu, mulai menarik perhatian media sehingga beberapa di antaranya mencapai angka penjualan lebih dari 1 juta dolar AS. Setelah itu, bundel mulai lebih sering dikeluarkan, ditambah kumpulan permainan video dari penerbit besar, permainan video untuk gawai Android, serta bundel musik, buku, dan komik digital.

Humble Bundle mendukung beberapa yayasan amal, meliputi Child's Play, Electronic Frontier Foundation, charity: water, Palang Merah Amerika, dan Yayasan Wikimedia.[1] Hingga Oktober 2015, jumlah sumbangan dana yang berhasil digalang Humble Bundle telah mencapai lebih dari 65 juta dolar AS yang tersebar ke 50 yayasan amal.[2] Hingga akhir Oktober 2014, para pengembang yang permainan videonya masuk Humble Bundle telah menghasilkan pendapatan lebih dari 100 juta dolar AS.[3][4] Kesuksesan pendekatan penjualan "bayar sesuka hati" yang dilakukan Humble Bundle telah ditiru oleh distributor digital lainnya, misalnya Indie Gala dan Indie Royale.

Sebagai badan usaha, Humble Bundle berkantor pusat di San Francisco, California, Amerika Serikat, dengan sekitar 50 karyawan.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Major Benefactors, diakses tanggal 15 Januari 2016.
  2. ^ a b Nutt, Christian (13 Oktober 2015). "Humble Bundle sheds staff at San Francisco HQ". Gamasutra. Diakses tanggal 13 Oktober 2015. 
  3. ^ Brigthman, James (16 Desember 2014). "Humble Bundle has raised over $50 million". GamesIndustry.biz. Diakses tanggal 16 Desember 2014. 
  4. ^ Humble Bundle raises $50m for charity, developers gross $100m, diakses tanggal 17 Desember 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]