Hukum pemisahan Kevin Bacon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kevin Bacon

Six degrees of Kevin Bacon adalah sebuah permainan yang berdasarkan pada konsep enam derajat pemisahan, yang menyatakan bahwa setiap dua orang di Bumi saling berkaitan dengan orang lain setidaknya dalam rentang enam atau lebih sedikit hubungan individual. Dalam permainan ini, penggemar film layar lebar saling menantang untuk mencari hubungan paling dekat dengan seorang aktor dan Kevin Bacon, dengan asumsi bahwa setiap orang yang bekerja pada industri film Hollywood dapat terhubung dengan Bacon melalui peran mereka di sebuah film. Pada tahun 2007, Bacon mendirikan sebuah organisasi amal yang bernama SixDegrees.org

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara tentang film The River Wild dengan majalah Premiere pada bulan Januari 1994, Kevin Bacon mengatakan bahwa ia "sudah pernah bekerja dengan semua orang di Hollywood, atau semua orang yang pernah bekerja dengan mereka".[1] Setelah wawancara tersebut, sebuah utasan panjang yang berjudul "Kevin Bacon is the Center of the Universe" (Kevin Bacon adalah Pusat Alam Semesta) muncul di sebuah newsgroup.[2]

Empat siswa Albright College, salah satunya Brian Turtle, mengklaim menemukan permainan "Six Degrees of Kevin Bacon" setelah menonton dua filmnya, setelah menonton dua film yang menampilkan BaconFootloose dan The Air Up There. Mereka mulai menghitung berapa banyak film yang menampilkan Bacon dan jumlah orang yang mungkin sudah bekerja dengannya.[3] Dalam sebuah wawancara, Turtle menjelaskan bahwa permainan ini adalah "trik pesta kami yang paling konyol: orang-orang akan mulai melempar nama-nama kepada kami dan kami akan menghubungkan nama-nama tersebut ke Kevin Bacon."

Turtle dan kawan-kawannya menulis sepucuk surat kepada pembawa acara populer Jon Stewart, memberitahukannya bahwa "Kevin Bacon adalah pusat dari dunia hiburan" dan menjelaskan permainan ini. Mereka kemudian diundang untuk tampil bersama Bacon di The Jon Stewart Show dan The Howard Stern Show. Bacon mengakui bahwa pada awalnya dia awalnya tidak menyukai permainan itu, karena dia percaya ia ditujukan untuk membuatnya terlihat konyol, tetapi pada akhirnya dapat menikmatinya. Mereka pada akhirnya merilis sebuah buku, Six Degrees of Kevin Bacon ( ISBN   9780452278448 ); kata pengantarnya ditulis oleh Bacon.[4] Sebuah permainan papan berdasarkan konsep ini juga dirilis oleh Endless Games.

Bilangan Bacon[sunting | sunting sumber]

Bilangan Bacon seorang aktor dihitung berdasarkan tingkat pemisahan yang dimiliki sang aktor berdasarkan hubungan keterkaitannya dengan Bacon. Ini adalah contoh penerapan bilangan Erdős pada dunia film Hollywood. Semakin tinggi bilangan Bacon seseorang, maka semakin besar pula jurang pemisah antara orang tersebut dengan Kevin Bacon.

Perhitungan bilangan Bacon untuk aktor X adalah algoritma jalur terpendek yang diterapkan pada co-stardom network:

  • Kevin Bacon memiliki bilangan Bacon 0.
  • Para aktor yang pernah bekerja secara langsung dengan Kevin Bacon memiliki bilangan Bacon 1.
  • Jika bilangan Bacon terendah dari aktor mana pun yang pernah tampil dengan X dalam film apa pun adalah N, bilangan Bacon X adalah N +1.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Elvis Presley :

Oleh karena itu, Asner memiliki bilangan Bacon 1, dan Presley (yang tidak pernah muncul dalam film bersama dengan Bacon) memiliki bilangan Bacon 2.

Ian McKellen :

Oleh karena itu, McAvoy dan Fassbender memiliki bilangan Bacon 1, dan McKellen memiliki bilangan Bacon 2.

Oleh karena beberapa orang memiliki bilangan Bacon dan bilangan Erdős yang terbatas, maka ada beberapa orang yang memiliki bilangan Erdős–Bacon, yang dihitung dengan menjumlahkan bilangan Erdős dan Bacon seseorang.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Teotonio, Isabel (September 13, 2012). "Google adds Six Degrees of Kevin Bacon to search engine". Toronto Star. Diakses tanggal January 31, 2018. 
  2. ^ Ruthven, Alexander (April 7, 1994). "Kevin Bacon is the Center of the Universe". rec.arts.movies. Google groups. Diakses tanggal 2009-07-19. 
  3. ^ Interview with inventors in the college's magazine, The Albright Reporter, Spring 1999
  4. ^ Fass, Craig; Turtle, Brian; Ginelli, Mike (1996). Six Degrees of Kevin Bacon. New York City: Plume. ISBN 978-0-452-27844-8.