Hubungan sedarah antara saudara kembar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hubungan sedarah antara saudara kembar adalah subkelas dari inses antara saudara dan termasuk baik dalam hubungan heteroseksual dan homoseksual. Sementara dalam budaya Eropa barat modern, perilaku seperti itu dianggap tabu dan sangat langka, inses antara saudara kembar adalah ciri umum di Indo-Eropa, Indonesia dan mitologi Oseania, dan ada beberapa masyarakat di mana larangan itu terbatas atau diterima sebagian.

Dalam masyarakat Bali[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya tradisional Bali, saudara kembar dari lawan jenis biasa dinikahkan satu sama lain, karena diasumsikan bahwa mereka berhubungan seks di dalam rahim. Penjelasan antropologi standar dari kebiasaan ini yang berbasis di penjelasan konflik antara keturunan dan afinitas di masyarakat Bali.[1] Hubungan sedarah antara saudara kembar adalah fitur umum dari beberapa mitologi Bali dan mitos penciptaan di Asia tenggara yang menonjolnya beberapa fitur kembar atau pasangan saudara. Dalam salah satu cerita yang lebih umum, saudara menikahi adiknya dan dia menanggung anaknya, tetapi pada menemukan bahwa mereka adalah saudara kandung, mereka dipaksa untuk berpisah.[2] Seperti dalam mitologi lain, para dewa Bali sering kali menikah dengan saudara mereka tanpa ada masalah seperti yang dihadapi pasangan hubungan sedarah manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Boon, James A. (1990). Affinities and Extremes: Crisscrossing the Bittersweet Ethnology of East Indies History, Hindu-Balinese Culture and Indo-European Culture. Chicago University Press. hlm. 113. ISBN 978-0226064635. 
  2. ^ Errington, Atkinson, Shelley, Jane Monnig (1990). Power and Difference: Gender in Island Southeast Asia. Stanford University Press. hlm. 227. ISBN 0804717818.