Hubungan Laos dengan Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan Laos-Thailand
Peta memperlihatkan lokasiLaos and Thailand

Laos

Thailand

Laos dan Thailand telah memiliki hubungan bilateral sejak zaman kerajaan pendahulu mereka Lan Xang dan Ayutthaya pada abad ke-15. Kedua negara tesebut berbagai perbatasan dan memiliki kesamaan linguistik dan budaya. Kerajaan Lan Xang meliputi seluruh timur laut Thailand pada awal abad ke-18.[1] Wilayah timur laut Thailand, Isan, memiliki akar Laos yang kuat. Secara linguistik, para penduduk Isan, sepertiga populasi Thai, memakai bahasa Isan, sebuah dialek Lao.[1] Diplomasi terkonsentrasi pada Sungai Mekong, yang dipandang sebagai "sungai perdamaian dan persahabatan yang sebenarnya", seperti yang dinyatakan dalam pernyataan oleh kedua perdana menteri negara masing-masing pada 1976.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ward, Oliver (2016-12-03). ""They're so Lao": Explaining the Thai sense of superiority". ASEAN Today. Diakses tanggal 21 January 2017. 
  2. ^ Brown, MacAlister, and Joseph J. Zasloff. "Relations with Thailand". Laos: a country study (Andrea Matles Savada, ed). Library of Congress Federal Research Division (July 1994).

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]