Hubungan India dengan Vietnam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan India-Vietnam
Peta memperlihatkan lokasiIndia and Vietnam

India

Vietnam

Republik India dan Republik Sosialis Vietnam menikmati hubungan bilateral yang kuat.

Hubungan kebudayaan dan ekonomi antara India dan Vietnam bermula pada abad ke-2.[1] Kerajaan India Chăm Pa memiliki beberapa pengaruh pada musik Vietnam.[1] Pada era kontemporer, hubungan antara India dan Vietnam dinaungi oleh beberapa ranah pembagian kepentingan politik.[2] India sangat mendukung aksi AS pada Perang Vietnam dan menjadi salah satu dari beberapa negara non-komunis yang membantu Vietnam pada Perang Kamboja-Vietnam.[2]

Pada 1992, India dan Vietnam mendirikan hubungan ekonomi khusus, yang meliputi pengeboran minyak, pertanian dan industri.[2] Hubungan antara kedua negara tersebut, khususnya hubungan pertahanan, secara khusus dimanfaatkan dari kebijakan Look East India.[3] Kerjasama militer bilateral meliputi penjualan peralatan militer, berbagi intelijensi, angkatan laut bersama dan pelatihan perlawanan terhadap pemberontakan dan peperangan hutan.[4] India juga giat mengirimkan kapal-kapal perangnya saat berkunjung ke laut-laut Vietnam.

Misi diplomatik[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Sharma, Geetesh. India-Vietnam Relations: First to Twenty-First Century. Kolkata, Dialogue Society, 2004

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Sharma, Geetesh (2010). Trace of Indian Culture in Vietnam. Rajkamal Prakashan. ISBN 9788190540148. 
  2. ^ a b c Frost, Frank (1993). Vietnam's foreign relations: dynamics of change. Institute of Southeast Asian. ISBN 9789813016651. 
  3. ^ Nanda, Prakash (2003). Rediscovering Asia: evolution of India's look-east policy. Lancer Publishers. ISBN 9788170622970. 
  4. ^ Blank, Stephen. Natural Allies?: Regional Security in Asia and Prospects for Indo-American Strategic Cooperation. DIANE Publishing.