Hubungan India dengan Thailand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hubungan India–Thailand
Peta memperlihatkan lokasiIndia and Thailand

India

Thailand


Hubungan diplomatik antara India dan Thailand didirikan pada 1947, setelah India meraih kemerdekaan. Kepulauan Andaman dan Nikobar di India berbagi perbatasan maritim dengan Thailand di sepanjang Laut Andaman. Beberapa tahun lampau sejak 2001, hubungan kedua negara tersebut makin hangat dengan meningkatnya hubungan komersial dan ekonomi, pertukaran kunjungan tingkat tinggi di kedua negara, dan menandatangani sejumlah besar Perjanjian yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan. Thailand dan India bekerja sama dalam berbagai ranah seperti dialog kemitraan India dengan ASEAN, ASEAN Regional Forum (ARF), dan East Asia Summit, sebuah kelompok sub-regional BIMSTEC yang meliputi Bangladesh, India, Sri Lanka, Thailand, Myanmar, Nepal and Bhutan, dan hubungan transportasi trilateral dengan Thailand, Myanmar dan India. India adalah anggota Asia Cooperation Dialogue (ACD) yang diinisiasikan oleh Thailand pada 2002 dan Mekong–Ganga Cooperation (MGC), kelompok enam negara.

Kedutaan Thai di India terletak di New Delhi, dengan tiga konsulat di Mumbai, Kolkata, dan Chennai. India memiliki kedutaan besar di Bangkok dan satu konsulat di Chiang Mai.

Selain itu, India dan Thailand memiliki hubungan kebudayaan sepanjang berabad-abad dan India sangat mempengaruhi budaya Thai. Terdapat sejumlah kata dalam bahasa Thai yang berasal dari bahasa Sanskerta, bahasa klasik India. Pali, yang merupakan bahasa Magadha dan merupakan bahasa pengantar Theravada, merupakan akar penting lainnya dari pengucapan Thai. Agama Buddha, agama besar di Thailand, berasal dari India. Kisah Hindu Ramayana juga dikenal di seluruh Thailand dengan sebutan Ramakien.

Referensi[sunting | sunting sumber]