Hubungan Denmark dengan Indonesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hubungan Denmark-Indonesia
Peta memperlihatkan lokasiDenmark and Indonesia

Denmark

Indonesia

Denmark dan Indonesia mendirikan hubungan diplomatik pada tahun 1974. Denmark memiliki sebuah kedubes di Jakarta,[1] dan Indonesia memiliki sebuah kedubes di Copenhagen.[2] Hubungan bilateral tersebut bersifat kuat,[3] serta tanggapan kemanusiaan terhadap tsunami Samudra Hindia Desember 2004, yang diklaim merenggut 45 nyawa orang Denmark. Pada 2015, setelah berfokus pada Tiongkok dan Korea Selatan, Denmark meluaskan hubungannya dengan Indonesia, dengan harapan agar hubungan tersebut akan membantu Denmark untuk menjalin hubungan kuat dengan seluruh wilayah Asia Tenggara.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Government of Denmark. "Danish embassy in Jakarta, Indonesia". Kementerian Urusan Luar Negeri (Denmark). Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 January 2011. Diakses tanggal 19 February 2011. 
  2. ^ Government of Indonesia. "Indonesian embassy in Hellerup, Denmark". Ministry of Foreign Affairs of Republic of Indonesia. Diakses tanggal 19 February 2011. 
  3. ^ Government of Denmark. "Danish embassy: Indonesia". Foreign Ministry of Denmark: AsiaPortal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 21 July 2011. Diakses tanggal 19 February 2011. 
  4. ^ Yohanna Ririhena (9 October 2015). "Bright future seen for Indonesian-Danish relations". The Jakarta Post.