Huangshan Maofeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Huangshan Maofeng (Hanzi sederhana: ; Hanzi tradisional: 山毛/黄山毛峰; Pinyin: huángshān máofēng; dilafalkan [xwɑ̌ŋ.ʂán mɑ̌ʊ.fə́ŋ]) adalah teh hijau yang diproduksi di provinsi Anhui, timur laut Tiongkok. Teh ini adalah salah satu teh yang paling terkenal di Tiongkok dan hampir selalu dapat ditemukan dalam Daftar Teh Terkenal Tiongkok.

Lokasi perkebunan teh ini berada di dekat Gunung Huang (Gunung Kuning), yang merupakan rumah bagi banyak varietas terkenal teh hijau.

Daun teh Huangshan Maofeng.

Teh Huangshan Mao Feng diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi "Yellow Mountain Fur Peak" karena ada seperti rambut-rambut putih kecil yang menutupi daun teh dan bentuk daun yang akan diproses menyerupai sebuah puncak gunung. Teh terbaik dipetik di awal musim semi sebelum Festival Qingming. Saat memetik teh, hanya kuncup teh baru dan daun yang ada di sebelah kuncup yang dipetik. Dikatakan oleh para petani teh lokal bahwa daunnya mirip tunas anggrek.


Manfaat[sunting | sunting sumber]

Mencegah Gangguan Metabolisme

Ekstrak Teh Hijau Huangshan Maofeng (HTE) dapat mencegah gangguan metabolisme terkait obesitas dengan mempertahankan homeostasis mikrobiota usus dan Kelas Lipid Hepar pada Tikus Knockout Reseptor Leptin (Lepr - / -). Suplementasi teh ini secara signifikan mengurangi akumulasi lemak yang berlebihan, serta memperbaiki hiperlipidemia dan steatosis hepatik. HTE mempertahankan homeostasis mikrobiota dengan meningkatkan keanekaragaman mikrobiota usus dan memulihkan kelimpahan relatif mikrobiota yang bertanggung jawab untuk memproduksi asam lemak rantai pendek, termasuk Ruminococcaceae, Faecalibaculum, Veillonellaceae, dan lain-lain[1].

Meningkatkan Kerja Pembuluh Darah, Melindungi Cedera Ginjal, Mencegah Hipertensi

Suplementasi teh hijau Huangshan Maofeng (HSMF) pada pencegahan hipertensi yang diinduksi oleh deoksikortikosteron asetat (DOCA) dan garam pada tikus C57BL / 6 yang berusia 51 minggu (sudah tua) menunjukkan bahwa HSMF tergantung dosis dapat mencegah peningkatan tekanan darah sistolik dan tekanan darah diastolik. Selain itu, HSMF secara signifikan mengurangi kontraksi yang distimulasi agonis dari arteri mesenterika yang diisolasi dari tikus tua. HSMF juga melindungi ginjal dengan mempertahankan integritas glomerulus dan tubulus serta menurunkan kadar neutrophil gelatinase-associated lipocalin (NGAL) dalam plasma. HSMF juga menekan peradangan ginjal dengan mengurangi ekspresi sitokin inflamasi dan infiltrasi makrofag[2].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wu, Guohuo; Gu, Wei; Cheng, Huijun; Guo, Huimin; Li, Daxiang; Xie, Zhongwen (2022-09-20). "Huangshan Maofeng Green Tea Extracts Prevent Obesity-Associated Metabolic Disorders by Maintaining Homeostasis of Gut Microbiota and Hepatic Lipid Classes in Leptin Receptor Knockout Rats". Foods. 11 (19): 2939. doi:10.3390/foods11192939. ISSN 2304-8158. 
  2. ^ Liu, Zenghui; Xiao, Mengchao; Du, Zhaofeng; Li, Mengwan; Guo, Huimin; Yao, Min; Wan, Xiaochun; Xie, Zhongwen (2021-02). "Dietary supplementation of Huangshan Maofeng green tea preventing hypertension of older C57BL/6 mice induced by desoxycorticosterone acetate and salt". The Journal of Nutritional Biochemistry. 88: 108530. doi:10.1016/j.jnutbio.2020.108530. ISSN 0955-2863.