Huang Gongwang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Huang Gongwang

Hanzi tradisional: 黃公望
Hanzi sederhana: 黃公望
Style name
Hanzi tradisional: 子久
Hanzi sederhana: 子久
Gunung batu Tianchi, koleksi Museum Istana, Beijing.

Huang Gongwang (1269–1354) nama lahir "Lu Jian", adalah pelukis, penyair, dan penulis asal Changshu, Jiangsu, Tiongkok pada akhir Dinasti Song. Ia merupakan yang tertua dari "Empat Pelukis Dinasti Yuan" (Hanzi: 陸堅; Pinyin: Lù Jiān).

Ketika dia baru berusia 10 tahun, Dinasti Song runtuh dan digantikan oleh Dinasti Yuan dari Mongol. Setelah dewasa, seperti kebanyakan cendekiawan Tiongkok lainnya pada waktu itu, dia juga berusaha untuk dapat bekerja di pemerintahan, tetapi ia hanya mendapat jabatan kecil di kantor pajak pertanahan provinsi. Suatu ketika ia dituduh terlibat dalam komplotan kasus memfitnah seorang menteri dan dijatuhi hukuman penjara. Setelah habis masa hukumannya, ia mendalami ajaran Taoisme (seperti yang dilakukan banyak orang pada zaman itu - termasuk pelukis terkenal lainnya, Ni Zan), mereka kecewa dengan kenyataan hidup yang sering kali tidak adil.[1] Dia menghabiskan tahun-tahun terakhirnya di pegunungan Fuchun dekat Hangzhou, mengabdikan dirinya untuk Taoisme, di daerah pegunungan itu sekitar 1350, ia menyelesaikan salah satu karyanya yang paling terkenal "Kediaman di Pegunungan Fuchun" (富春山居圖, Dwelling in the Fuchun Mountains).

Salah satu pengaruh terkuat Huang Gongwang adalah tekniknya menggunakan sapuan kuas yang sangat kering bersama-sama dengan sapuan tinta lembut (ketika warna ditorehkan pada bagian gambar tertentu menggunakan kuas lembut dengan sapuan lebar maka akan menghasilkan sapuan warna yang terpadu) untuk membuat lukisan lanskapnya. Dia juga menulis kitab risalah melukis lanskap, Petunjuk Melukis Pemandangan (寫山水訣, Xiě Shānshuǐ Jué).

Seperti biasa, cendekiawan Tiongkok di zamannya, ia juga menulis puisi dan memiliki bakat dalam bidang musik.

Bagian pertama lukisan Kediaman di Pegunungan Fuchun, saat ini disimpan di Museum Provinsi Zhejiang, Hangzhou.
Bagian kedua lukisan Kediaman di Pegunungan Fuchun, sekarang menjadi koleksi di Museum Istana Nasional, Taipei.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sherman E. Lee and Wai-Kam Ho. Chinese Art Under the Mongols: The Yuan Dynasty (1279-1368). The Cleveland Museum of Art, 1968, p. 80.