Musik house

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari House music)
Jump to navigation Jump to search

Musik house adalah genre musik dansa elektronik yang berasal dari kota Chicago, Amerika Serikat pada awal tahun 1980. Musik house pada awalnya dicirikan oleh ketukan 4/4 yang berulang-ulang, ritme umumnya disediakan mesin drum, iringan irama simbal hi-hat dan bassline disintesis. Sementara musik house ditampilkan memiliki beberapa karakteristik yang mirip dengan musik disko, yang didahului dan terpengaruh olehnya, seperti kedua DJ dan produser rekaman membuat musik dansa, musik house lebih elektronik dan minimalis. Secara mekanis, ritme yang berulang-ulang pada musik house adalah salah satu dari komponen utamanya. Banyak musik house yang merupakan lagu instrumental, tanpa vokal; beberapa bernyanyi sepanjang lagu dengan lirik, dan beberapa orang bernyanyi tetapi tanpa lirik yang sebenarnya.

Musik ini awalnya dipopulerkan sekitar tahun 1984 di Chicago, namun mulai tahun 1985, menyebar ke kota-kota besar lainnya seperti Detroit, Toronto, New York City, San Francisco, Boston, Montreal, Manchester,[1] Miami, London,[1] dan Paris. Kemudian mulai memengaruhi musik populer di Eropa, dengan lagu-lagu seperti "House Nation" oleh House Master Boyz dan Rude Boy of House (1987) dan "Doctorin' The House" oleh Coldcut (1988) dalam tangga lagu pop. Sejak awal hingga pertengahan 1990-an, musik house telah meresap ke dalam lingkungan pop dan musik dansa di seluruh dunia.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Musik house dibuat oleh para DJ, produser rekaman dan artis musik, seringkali dengan kontribusi dari penampil lain pada penyintesis dan instrumen elektronik lain. Struktur dalam lagu-lagu musik house umumnya melibatkan sebuah intro, sebuah chorus, berbagai bagian versi, sebuah bagian tengah dan sebuah outro. Beberapa lagu tidak memiliki versi, mengambil sebuah bagian vokal dari chorus dan mengulang siklus yang sama. Ketukan drum adalah satu dari elemen yang penting dalam genre dan hampir selalu disediakan oleh sebuah mesin drum elektronik, seperti Roland TR-808 atau TR-909, bukan oleh drummer manusia memainkan drumkit. Ketukan drum pada musik house adalah "four on the floor", dengan drum bass dimainkan di setiap ketukan dan mereka biasanya menampilkan suara hi-hat mesin drum yang tidak mengikuti ketukan standar. Musik house seringkali berdasar dari pengulangan bass berat atau bassline yang diproduksi penyintesis dan/atau dari sampel pada lagu-lagu disko dan funk.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Fikentscher, Kai (July–August 2000). "The club DJ: a brief history of a cultural icon" (PDF). UNESCO Courier. UNESCO: 47. Around 1986/7, after the initial buzz surrounding house music in Chicago, it became clear that the major recording companies and media institutions were reluctant to market this music, associated with gay African Americans, on a mainstream level. House artists turned to Europe, chiefly London but also cities such as Amsterdam, Berlin, Manchester, Milan, Zurich, and Tel Aviv. [...] A third axis leads to Japan where, since the late 1980s, New York club DJs have had the opportunity to play guest-spots.