Hotel Jingxi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hotel Jingxi.
Hotel Jingxi
Hanzi tradisional: 京西賓館
Hanzi sederhana: 京西宾馆
Makna harfiah: Wisma ibu kota barat

Hotel Jingxi terletak di Distrik Haidian, Beijing, Tiongkok,[1] dekat dengan Museum Militer dan Kementerian Pertahanan.[2] Hotel ini dikelola oleh Badan Administrasi Kantor Komisi Militer Pusat dan dijaga ketat serta tertutup bagi masyarakat umum.[3]

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Dibangun pada 1959 untuk peringatan 10 tahun berdirinya Republik Rakyat Tiongkok, hotel ini menjadi tempat pertemuan tingkat atas.[2]

Hotel Jingxi telah beberapa kali menjadi tempat sidang paripurna Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok[4] dan menjadi tuan rumah peristiwa bersejarah Tiongkok, seperti "sidang" Jenderal Chen Zaidao selama Revolusi Kebudayaan, memutuskan untuk menindak Kelompok Empat,[1] serta tempat pertemuan yang diadakan kurang dari tiga minggu setelah militer menghancurkan unjuk rasa Lapangan Tiananmen 1989, saat itu Komite Sentral menegaskan bahwa partai telah “mencapai kemenangan yang menentukan dalam menghentikan kerusuhan dan menumpas pemberontakan kontra-revolusioner".[2]

Pertemuan penting lain yang telah terjadi di hotel ini termasuk sidang penting Sidang Paripurna ke-3 Komite Sentral ke-11 pada 1978 ketika Tiongkok memulai era reformasi ekonomi modern dan Sidang Paripurna ke-3 serta ke-4 Komite Sentral ke-18 yang dipimpin oleh Xi Jinping, Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok.

Stasiun kereta bawah tanah terdekat dari Hotel Jingxi adalah Stasiun Museum Militer di Jalur 1 dan Jalur 9 Beijing Subway.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The truth about Beijing's Jingxi Hotel's corridors of party power". South China Morning Post. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  2. ^ a b c "Chinese Leaders Want a Secure Place of Their Own". WSJ. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  3. ^ "Chinese Communist Party meeting puts Xi in the spotlight". Toronto: The Globe and Mail. 8 November 2013. Diakses tanggal 10 November 2013. 
  4. ^ "The Communist Party plenum: Behind closed doors". The Economist. 8 November 2013. Diakses tanggal 10 November 2013.