Hotel Internasional Yanggakdo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hotel Internasional Yanggakdo
Nama Korea
Chosŏn'gŭl양각도국제호텔
Hancha羊角島國際호텔
McCune–ReischauerYanggakto Kukche Hot'el
Alih aksaraYanggakdo Gukje Hotel

Hotel Internasional Yanggakdo adalah hotel terbesar yang sedang beroperasi dan bangunan tertinggi kedua di Korea Utara, setelah Hotel Ryugyong.[1] Hotel ini terletak di Pulau Yanggak di sungai Taedong, dua kilometer ke arah tenggara pusat Pyongyang, ibu kota Korea Utara. Tinggi bangunan ini adalah 170 meter dan punya restoran berputar lambat di lantai ke-47. Dikatakan bahwa hotel ini memiliki 1.000 kamar dan punya total ruang lantai sebesar 87.870 meter persegi. Struktur dari hotel ini dibangun antara tahun 1986 dan 1992 oleh Perusahaan Konstruksi Campenon Bernard Prancis dan dibuka pada tahun 1995.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Selain tempat resepsi, di lantai pertama terdapat tempat untuk membeli set mata uang Korea Utara, kartu pos dan surat-surat, dan komoditas dasar dengan harga negara-negara Barat. Terdapat sebuah bar, dan sebuah toko buku yang menyediakan material bacaan Korea Utara termasuk terbitan koran-koran lokal berbahasa Inggris, The Pyongyang Times, oleh-oleh dan foto-foto dari Kim Il-sung, Kim Jong-il, dan Kim Jong-un, buku-buku anak dan material yang menggambarkan penggambaran Korea Utara atas sejarah wilayahnya.

Selain restoran berputar, panduan hotel yang diberi kepada tamu-tamu menunjukkan bahwa hotel ini memiliki empat restoran lagi di lantai kedua - ini termasuk ruang makan nomor satu dan dua, ruang perjamuan utama dan ruang makan untuk makanan Jepang, Tionghoa, dan Korea.

Lantai kelima terbatas hanya untuk para tamu hotel,[1] dan juga tombol untuk lantai tersebut tidak tersedia di panel lift.[2] Di lantai bawah tanah (basement) terdapat arena boling, sebuah ruang biliar, sebuah kolam renang, sebuah salon, sebuah kasino, dan sebuah klub pijat yang dijalankan oleh sebuah perusahaan Tiongkok dengan karyawan eksklusif perempuan.

Pada awalnya, terdapat lapangan golf berukuran 9.000 meter persegi dengan sembilan lubang di tanah hotel ini. Pada tahun 2011 lapangan golf tersebut dibongkar demi membuat ruang untuk pembangunan kompleks kesehatan yang didanai oleh Tiongkok.[3][4] Juga terletak di Pulau Yanggak, di sebelah tanah hotel ini, Bioskop Internasional Pyongyang. Upacara pembukaan dan penutupan Festival Film Internasional Pyongyang diadakan di sini.

Hotel Internasional Yanggakdo adalah pemberhentian standar untuk tur-tur di Korea Utara, dan ditampilkan dalam novel grafik Pyongyang.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Johnson, R (2013-04-24). "A Creepy Journey To The Hidden 5th Floor Of A Pyongyang Hotel". Business Insider. New York City. Diakses tanggal 2014-12-07. 
  2. ^ "Creepy North Korea: The Hidden 5th Floor…". The Monsoon Diaries. 2011-08-23. Diakses tanggal 2015-08-03. 
  3. ^ Sthankiya, Nayan. "North Koreans Eager to Play Golf as Well". Seoul Times. Diakses tanggal 2007-05-23. 
  4. ^ "Yanggakdo Golf Course is no more…". North Korean Economy Watch. Diakses tanggal 2013-02-16.