Hot Wheels

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hot Wheels
Hot Wheels
TipeMainan berbahan metal
PerusahaanMattel
NegaraAmerika Serikat
Keberadaan1968–sekarang

Hot Wheels adalah mainan mobil berbahan metal (die-cast) yang diproduksi oleh produsen mainan anak-anak, Mattel Inc., Amerika Serikat, sejak tahun 1968, yang juga memproduksi mainan mobil-mobilan bermerk Matchbox yang telah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak tahun 1970’an.

Dewasa ini, Hot Wheels sudah tidak melulu berupa permainan mobil-mobilan, tetapi sudah dikembangkan beberapa produk pendukung seperti video games, serial TV/video/DVD, t-shirt, dll.

Hot Wheels di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, Hot Wheels masuk pada tahun 2002, peluncurannya disemarakkan dengan trek permainan terpanjang se Asia (200 meter), yang rekornya diakui oleh MURI. Bahkan sejak 2002 pula, telah berdiri perkumpulan kolektor Hot Wheels Indonesia salah satunya Pusat Ngumpulnya Diecaster atau sering di sebut PND. Di kalangan penghoby semakin banyak cara untuk menikmati mainan ini, jika dulunya hanya sebatas koleksi dalam perkembangannya mainan ini juga dimainkan dalam bentuk balap mainan, custom dan fotography. Dalam photography Hotwheels di gunakan sebagai objek pemotretan. Salah satu komunitas yang ada adalah Hotwheels Photography yang berdiri sejak tahun 2014 dan memiliki banyak member dari penjuru dunia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]