The Lucifer and Biscuit Hammer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hoshi no Samidare)
The Lucifer and Biscuit Hammer
Sampul manga volume pertama
惑星のさみだれ
(Hoshi no Samidare)
Genre
Manga
PengarangSatoshi Mizukami
PenerbitShōnen Gahōsha
Penerbit bahasa Inggris
ImprintYoung King Comics
MajalahYoung King OURs
DemografiSeinen
Terbit28 April 200530 Agustus 2010
Volume10
Seri anime
SutradaraNobuaki Nakanishi
Skenario
  • Satoshi Mizukami
  • Yūichirō Momose
MusikTakatsugu Wakabayashi
StudioNAZ
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
MBS, TBS, BS-TBS, BS11, GYT, AT-X
Tayang 9 Juli 2022 24 Desember 2022
Episode24 + spesial
 Portal anime dan manga

The Lucifer and Biscuit Hammer (Jepang: 惑星のさみだれ, Hepburn: Hoshi no Samidare, terj. Samidare sang Bintang Kejora), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Lucifer and the Biscuit Hammer atau Samidare of the Stars, adalah seri manga Jepang yang ditulis oleh Satoshi Mizukami dan diilustrasikan oleh Shōnen Gahōsha. Manga ini dimuat di majalah manga seinen milik Shōnen Gahōsha, Young King OURs, mulai bulan April 2005 hingga bulan Agustus 2010. Manga ini diterbitkan di Amerika Utara oleh Seven Seas Entertainment. Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh NAZ dan ditayangkan mulai tanggal 9 Juli hingga tanggal 24 Desember 2022 pada blok pemrograman Animeism.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Yūhi Amamiya adalah seorang mahasiswa muda penyendiri yang suatu hari bangun dan menemukan seekor kadal bernama Noi di tempat tidurnya. Ia menjelaskan bahwa Yūhi telah dipilih sebagai ksatria kadal, seorang pejuang magis yang ditakdirkan untuk membantu seorang Putri mengalahkan seorang Penyihir yang berusaha menghancurkan dunia dengan palu raksasa yang melayang di angkasa yang disebut Palu Biskuit. Saat Yūhi awalnya tidak tertarik untuk terlibat, ia berubah pikiran ketika ia bertemu dengan seorang Putri bernama Samidare Asahina, yang memberitahu Yūhi tentang niat Samidare untuk mengalahkan Penyihir dan menyelamatkan dunia sehingga ia bisa menghancurkan dunia sendiri.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Putri[sunting | sunting sumber]

Samidare Asahina (朝日奈 さみだれ, Asahina Samidare)
Pengisi suara: Naomi Ōzora[2]
Seorang putri yang harus dilindungi. Ia adalah seorang gadis energik dari dialek Kansai. Ia memiliki kekuatan serangan yang eksplosif dengan kekuatan roh Anima. Setelah mengalahkan Animus, ia berencana untuk menghancurkan bumi dan menjadikan bumi miliknya selamanya.

Ksatria binatang[sunting | sunting sumber]

Yūhi Amamiya (雨宮 夕日, Amamiya Yūhi)
Pengisi suara: Junya Enoki, Kaede Hondo (muda)[2]
Seorang ksatria kadal yang dipilih oleh Noi yang tiba-tiba muncul. Ia berjanji setia terhadap ambisi liar Samidare dan berencana untuk menghancurkan bumi bersama. Kemampuannya adalah "Babiron".
Hangetsu Shinonome (東雲 半月, Shinonome Hangetsu)
Pengisi suara: Shuuhei Iwase, Anna Kitamoto (muda)[3][4]
Seorang ksatria anjing dan seorang guru seni bela diri kuno sehingga ia dijuluki "Dewa Angin" di dunia bawah tanah. Di antara ksatria binatang, ia memiliki kekuatan bertarung yang mahir dan mengajarkan cara bertarung dengan Samidare dan Yūhi. Mantranya adalah "Hōtengeki" yang mengarahkan medan gaya seperti tombak ke musuh.
Mikazuki Shinonome (東雲 三日月, Shinonome Mikazuki)
Pengisi suara: Gen Satō[3]
Seorang ksatria gagak dan adik laki-laki Hangetsu. Ia selalu mengejar kakak laki-lakinya yang perkasa. Ia biasanya orang yang ramah, tetapi ia senang bertarung dan jika ia adalah ksatria yang kuat, ia ingin bertarung terlepas dari lawan atau sekutunya. Mantranya adalah "Hōtenjin" yang menyerang dengan menjatuhkan sejumlah besar medan berbentuk tombak.
Sōichirō Nagumo (南雲 宗一朗, Nagumo Sōichirō)
Pengisi suara: Tetsu Inada[3]
Seorang ksatria kuda dan mantan detektif. Ia adalah seorang pemimpin ksatria yang memiliki rasa tanggung jawab yang kuat dan kepribadian yang serius. Mantranya adalah "Takamagahara" yang menahan lawan dengan medan gaya datar.
Yayoi Hakudō (白道 八宵, Hakudō Yayoi)
Pengisi suara: Aya Suzaki[3]
Seorang ksatria ular yang cantik, tetapi dengan pedang kayu, ia menjadi pendekar pedang yang tangguh. Ia senang dengan cosplay, tetapi ia merahasiakannya dari orang lain. Mantranya adalah "Furanberuju" yang berbentuk pita dan bisa dipakai di sekitar pedang kayunya.
Hyō Shimaki (風巻 豹, Shimaki Hyō)
Pengisi suara: Yoshitsugu Matsuoka[3]
Seorang ksatria kucing hitam yang bekerja di universitas dan belajar psikologi. Mantranya adalah "Kyuberei" yang menciptakan golem buatannya sendiri.
Tarō Kusakabe (日下部 太朗, Kusakabe Tarō)
Pengisi suara: Shun'ichi Toki, Hana Tamegai (muda)[3][5]
Seorang ksatria tikus dan seorang siswa SMA. Ia adalah sahabat masa kecil Hanako. Bercita-cita menjadi juru masak, ia bertugas membuat makanan ringan saat Yūhi dan Mikazuki lelah. Mantranya adalah "Aragami" yang menyala dengan memotong objek menjadi potongan-potongan kecil dan menghasilkan api dan energi panas.
Hanako Sorano (宙野 花子, Sorano Hanako)
Pengisi suara: Chinatsu Hirose[3]
Seorang ksatria belalang dan seorang siswa SMA yang berprestasi. Ia adalah sahabat masa kecil Tarō tanpa emosi. Mantranya adalah "Yokuhieru", yang menjepit molekul dan membekukannya seketika. Setelah Tarō meninggal karena serangan golem, ia mengubah mantranya menjadi "Kusakabe", yang mengarahkan medan gaya seperti tombak es, untuk mengenang Tarō.
Subaru Hoshikawa (星川 昴, Hoshikawa Subaru)
Pengisi suara: Chihaya Yoshitake[3]
Seorang ksatria ayam. Di tahun pertama SMP, ia adalah sahabat masa kecil Yukimachi. Berlawanan dengan penampilan dan sikapnya yang biasa, ia juga memiliki kelemahan. Mantranya adalah "Mutekinotate" dan "Saikyōnohoko" yang dibuat bersama Yukimachi.
Yukimachi Tsukishiro (月代 雪待, Tsukishiro Yukimachi)
Pengisi suara: Moeha Nochimoto[3]
Seorang ksatria kura-kura. Di tahun pertama SMP, ia adalah sahabat masa kecil Subaru. Meskipun ia bersikap santai, ia memiliki kekuatan untuk membuat keputusan dalam keadaan darurat. Mantranya adalah "Mutekinotate" dan "Saikyōnohoko" yang dibuat bersama Subaru.
Taiyō Akane (茜 太陽, Akane Taiyō)
Pengisi suara: Mutsumi Tamura[3]
Seorang ksatria burung hantu berusia 12 tahun. Ia sering diam dan menunggu karena lingkungan keluarganya. Setelah mendengar nasihat dari ajudannya, Loki Helios, yang lelah melawan Animus, ia bersekutu dengan Animus. Mantranya adalah "Pandora", yang dapat menghambat waktu dan menyembuhkan para ksatria lain.
Inachika Akitani (秋谷 稲近, Akitani Inachika)
Pengisi suara: Kazuhiro Yamaji, Haruki Ishiya (muda)[3]
Seorang ksatria ikan todak. Ia memiliki kekuatan supranatural yang telah hidup selama 500 tahun dan ia sebagai guru yang melatih Yukimachi dan Subaru. Mantranya adalah "Amenonuhoko", yang membuat sambaran petir.

Rekan ksatria[sunting | sunting sumber]

Noi Crezant (ノイ=クレザント, Noi Kurezanto)
Pengisi suara: Kenjiro Tsuda[2]
Ajudan ksatria kadal. Ia menghargai semangat ksatria dan memiliki rasa keadilan yang kuat dan serius. Ia mengawasi Yūhi dari dekat sembari ingin mencegah rencana menghancurkan bumi bersama Yūhi.
Ludo Shubarie (ルド=シュバリエ, Rudo Shubarie)
Pengisi suara: Shōya Ishige[3]
Ajudan ksatria anjing. Hangetsu menjulukinya "Noko", yang merupakan nama anjing yang dimilikinya ketika ia masih kecil, tetapi ia tidak menyukainya. Ia bertahan hingga akhir hayatnya dalam pertempuran terakhir.
(ムー, )
Pengisi suara: Atsuko Tanaka[3]
Ajudan ksatria gagak. Ia pendiam dan jarang berbicara.
Dance Dark (ダンス=ダーク, Dansu Dāku)
Pengisi suara: Kentarō Kumagai[3]
Ajudan ksatria kuda. Ia tidak mengizinkan Sōichirō untuk menungganginya hingga melukai pinggangnya.
Shea Moon (シア=ムーン, Shia Mūn)
Pengisi suara: Hyo-sei[3]
Ajudan ksatria ular. Ia memiliki kepribadian yang baik dan memanggil Yayoi dengan julukan "Yako".
Coo Ritter (クー=リッター, Kū Rittā)
Pengisi suara: Nagisa Kakegawa[3]
Ajudan ksatria kucing hitam. Ia selalu berbicara dengan kata terakhir "nano".
Lance Lumiere (ランス=リュミエール, Ransu Ryumiēru)
Pengisi suara: Kazutomi Yamamoto[3]
Ajudan ksatria tikus. Ia bertarung bersama Kil dan saling menjaga.
Kil Zonne (キル=ゾンネ, Kiru Zon'ne)
Pengisi suara: Ruriko Aoki[3]
Ajudan ksatria belalang. Ia awalnya memiliki kepribadian yang kejam, tetapi ia juga memiliki sisi yang penuh gairah.
Lee Soleil (リー=ソレイユ, Rī Soreiyu)
Pengisi suara: Mitsuo Iwata[3]
Ajudan ksatria ayam. Ia berkepribadian pemarah dan suka berperang. Ia menganggap Subaru seperti anaknya sendiri.
Ron Yue (ロン=ユエ)
Pengisi suara: Katsuji Mori[3]
Ajudan ksatria kura-kura. Ia berkepribadian santai seperti orang tua.
Loki Helios (ロキ=ヘリオス, Roki Heriosu)
Pengisi suara: Manabu Muraji[3]
Ajudan ksatria burung hantu. Ia berbicara seperti seorang filsuf dan ragu untuk melanjutkan pertempuran melawan Animus.
Zan Amal (ザン=アマル, Zan Amaru)
Pengisi suara: Tetsuei Sumiya[3]
Ajudan ksatria ikan todak. Kemampuannya sangat mengejutkan Inachika.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Hisame Asahina (朝日奈 氷雨, Asahina Hisame)
Pengisi suara: Azusa Tadokoro[2]
Seorang profesor di universitas tempat Yūhi kuliah sekaligus kakak perempuan Samidare. Ia menyayangi Samidare. Ia meraih gelar Ph.D. pada usia 27 tahun dan mendapatkan bantuan dari Hangetsu.
Anima (アニマ)
Pengisi suara: M.A.O[3]
Adik kembar Animus dan roh yang telah membuat kontrak dengan Samidare. Kelincahan mereka selalu membuat para ksatria binatang terkesan.
Animus (アニムス, Animusu)
Pengisi suara: Tatsumaru Tachibana[3]
Kakak kembar Anima dan seorang penyihir dengan kekuatan besar. Ia selalu terlihat lemah, tetapi ia berulang kali menghancurkan bumi demi mengetahui awal dari segalanya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga ini ditulis dan diilustrasikan oleh Satoshi Mizukami. Manga ini dimuat di majalah manga seinen milik Shōnen Gahōsha, Young King OURs, mulai tanggal 28 April 2005[6][7] hingga tanggal 30 Agustus 2010.[8] Shōnen Gahōsha mengumpulkan bab-babnya dalam sepuluh volume tankōbon yang dirilis mulai tanggal 27 Januari 2006[9] hingga tanggal 30 November 2010.[10]

JManga mulai menerbitkan manga ini secara digital di Amerika Utara pada bulan Februari 2012[1][11][12] dan menerbitkan lima volume sebelum perusahaan ditutup pada bulan Mei 2013.[13] Lisensi manga ini didapatkan oleh Seven Seas Entertainment pada bulan November 2013.[13][14] Crunchyroll menambahkan manga ini ke katalog daring pada bulan September 2014[15] dan BookWalker menambahkan manga ini pada tanggal 18 November 2015.[16]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 27 Januari 2006[17]ISBN 978-4-78-592605-24 November 2014[18]ISBN 978-1-62-692085-9
2 27 September 2006[19]ISBN 978-4-78-592687-84 November 2014[18]ISBN 978-1-62-692085-9
3 28 Mei 2007[20]ISBN 978-4-78-592787-517 Februari 2015[18]ISBN 978-1-62-692115-3
4 26 Oktober 2007[21]ISBN 978-4-78-592872-817 Februari 2015[18]ISBN 978-1-62-692115-3
5 26 Mei 2008[22]ISBN 978-4-78-592967-119 Mei 2015[18]ISBN 978-1-62-692130-6
6 29 Oktober 2008[23]ISBN 978-4-78-593050-919 Mei 2015[18]ISBN 978-1-62-692130-6
7 30 April 2009[24]ISBN 978-4-78-593153-725 Agustus 2015[18]ISBN 978-1-62-692169-6
8 10 November 2009[25]ISBN 978-4-78-593262-625 Agustus 2015[18]ISBN 978-1-62-692169-6
9 19 Mei 2010[26]ISBN 978-4-78-593385-224 November 2015[18]ISBN 978-1-62-692184-9
10 30 November 2010[27]ISBN 978-4-78-593518-424 November 2015[18]ISBN 978-1-62-692184-9

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan pada tanggal 24 Januari 2022. Seri ini diproduksi oleh NAZ dan disutradarai oleh Nobuaki Nakanishi, sedangkan Satoshi Mizukami, penulis manga ini, bersama Yūichirō Momose, menulis naskahnya. Hajime Hatakeyama merancang karakternya, sedangkan Takatsugu Wakabayashi menyusun musik seri ini. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 9 Juli hingga tanggal 24 Desember 2022 pada blok pemrograman Animeism di MBS, TBS, BS-TBS, BS11, GYT dan AT-X.[3][28] Lagu tema pembuka pertama untuk 12 episode pertama seri ini berjudul "Gyōkō" (暁光, "Dawn Light") yang dibawakan oleh Half time Old, sedangkan lagu tema penutup pertama untuk 12 episode pertama seri ini berjudul "Reflexion" yang dibawakan oleh SpendyMily.[29] Lagu tema pembuka kedua mulai episode 13 seri ini berjudul "Be the Hero" yang dibawakan oleh Raon, sedangkan lagu tema penutup kedua mulai episode 13 seri ini berjudul "Zero" yang dibawakan oleh Sano Ibuki.[30] Crunchyroll telah mendapatkan lisensi seri ini dan mulai menyiarkan sulih suara berbahasa Inggris mulai tanggal 22 Juli 2022,[31][32] sedangkan Muse Communication mendapatkan lisensi seri ini di Asia Selatan dan Asia Tenggara.[33]

No.Judul [34][a]Sutradara [b]Penulis skenarioStoryboardTanggal tayang asli [36]
1"Amamiya Yuuhi and the Lizard Knight"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Tokage no Kishi" (雨宮夕日とトカゲの騎士)
Kiyoto NakajimaYūichirō MomoseIce Mugino9 Juli 2022 (2022-07-09)[c]
Yūhi Amamiya, seorang mahasiswa biasa, bangun pada suatu pagi dan bertemu Noi Crezant, seekor kadal yang berbicara dan menyebut Yūhi sebagai seorang ksatria. Noi membuat permintaan konyol untuk melindungi sang putri dari penyihir jahat yang akan menghancurkan bumi dan menyelamatkan dunia, tetapi Yūhi tidak bisa mempercayai Noi. Segera setelah itu, golem yang dibuat oleh penyihir jahat itu muncul di hadapan Yūhi. Yūhi yang putus asa diselamatkan oleh seorang gadis bernama Samidare Asahina yang bertarung melawan golem itu.
2"Amamiya Yuuhi and Asahina Samidare"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Asahina Samidare" (雨宮夕日と朝日奈さみだれ)
Shunji YoshidaYūichirō MomoseIce Mugino16 Juli 2022 (2022-07-16)
Yūhi mengetahui alasan Samidare ingin menghancurkan bumi dengan tangannya sendiri dan masih berlatih setiap hari untuk meningkatkan kemampuannya, tetapi cara "disiplin" kakek Yūhi yang seperti kutukan membelenggunya bersama dengan ketakutannya akan rantai. Sementara itu, Yūhi mendapat telepon dari rumah keluarganya bahwa kakeknya berada di rumah sakit.
3"The Knight and the Pact"
Transkripsi: "Kishi to Keiyaku" (騎士と契約)
Mae SawadaYūichirō MomoseMae Sawada23 Juli 2022 (2022-07-23)[d]
Yūhi kembali ke rumah keluarganya dan bertemu dengan kakeknya. Di rumah sakit, kakeknya memberitahunya bahwa pikirannya telah berubah dari masa lalu dan meminta maaf atas apa yang dilakukannya pada Yūhi. Yūhi marah dan tidak terima dengan permintaan maaf kakeknya. Sementara itu, golem baru menyerang Yūhi. Tanpa bantuan Samidare, Yūhi bertarung melawan golem itu.
4"Asahina Hisame and Shinonome Hangetsu"
Transkripsi: "Asahina Hisame to Shinonome Hangetsu" (朝日奈氷雨と東雲半月)
Yasuo EjimaYūichirō MomoseYasuo Ejima30 Juli 2022 (2022-07-30)
Yūhi dan Samidare bertemu dengan Hangetsu Shinonome, seorang ksatria anjing, dan memperdalam persahabatan mereka. Yūhi sangat waspada terhadap kekuatan Hangetsu, yang mudah membunuh golem baru. Sementara itu, ayah Samidare kembali ke rumah saat Hangetsu dan Hisame Asahina, kakak Samidare, semakin dekat. Yūhi, yang diundang oleh Hangetsu dan Hisame untuk minum di kedai, memikirkan ayahnya yang telah meninggal.
5"The Knight, Shinonome Hangetsu"
Transkripsi: "Kishi Shinonome Hangetsu" (騎士 東雲半月)
Takahiro OnoYūichirō MomoseNagisa Miyazaki6 Agustus 2022 (2022-08-06)
Yūhi mengetahui bahwa Samidare sebenarnya memiliki riwayat penyakit sejak lahir dan Samidare tiba-tiba sehat berkat roh Anima. Yūhi juga mengetahui bahwa setelah pertempuran selesai, Samidare hanya memiliki beberapa hari lagi untuk hidup. Yūhi ingin menjadi lebih kuat dan Hangetsu menanggapi permintaannya itu. Hangetsu kemudian menceritakan masa lalunya kepada Yūhi.
6"The Crow Knight and Shinonome Mikazuki"
Transkripsi: "Karasu no Kishi to Shinonome Mikazuki" (カラスの騎士と東雲三日月)
Seung Deok KimYūichirō MomoseRyōji Fujiwara13 Agustus 2022 (2022-08-13)
Ksatria binatang muncul satu per satu di hadapan Yūhi, yang tidak bisa menerima kematian Hangetsu, di antaranya ksatria gagak Mikazuki Shinonome, adik Hangetsu, dan Mū, ksatria kuda Sōichirō Nagumo dan Dance Dark serta ksatria ular Yayoi Hakudō dan Shea Moon. Sōichirō Nagumo mengumpulkan para ksatria dan mencoba bertarung melawan golem baru. Namun, Mikazuki, yang haus akan pertarungan, menantang Sōichirō Nagumo, yang seharusnya menjadi sekutunya. Di sisi lain, Yūhi sudah tidak mampu lagi bertarung karena trauma Hangetsu yang tewas di hadapannya.
7"Amamiya Yuuhi and the Beast Knights (Part 1)"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Kemono no Kishidan (Zenpen)" (雨宮夕日と獣の騎士団(前編))
Seung Deok KimYūichirō MomoseMinoru Yamaoka20 Agustus 2022 (2022-08-20)
Berkat keinginan Hangetsu untuk "memberikan kemampuannya kepada Yūhi Amamiya", Yūhi dapat menggunakan teknik Hangetsu. Mikazuki, yang mengetahui hal ini, menantang Yūhi untuk berduel. Anggota ksatria binatang kini mulai bertambah, di antaranya ksatria kucing hitam Hyō Shimaki dan Coo Ritter, ksatria ayam Subaru Hoshikawa dan Lee Soleil, ksatria kura-kura Yukimachi Tsukishiro dan Ron Yue, ksatria tikus Tarō Kusakabe dan Lance Lumiere, ksatria belalang Hanako Sorano dan Kil Zonne serta ksatria burung hantu Taiyō Akane dan Loki Helios. Dan akhirnya, penyihir jahat bernama Animus muncul.
8"Amamiya Yuuhi and the Beast Knights (Part 2)"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Kemono no Kishidan (Kōhen)" (雨宮夕日と獣の騎士団(後編))
Mae SawadaYūichirō MomoseRyōji Fujiwara27 Agustus 2022 (2022-08-27)
Sepuluh orang ksatria binatang berkumpul di hadapan Samidare yang memiliki roh Anima. Sementara itu, Sōichirō Nagumo, yang mencoba mengatur para ksatria binatang, adalah seorang mantan detektif yang mengundurkan diri dari kepolisian karena kondisi tertentu, sedangkan Hyō Shimaki memiliki banyak percakapan dengan Animus di dunia mimpi. Animus mencoba mengajak Hyō Shimaki untuk bergabung dengannya, tetapi Hyō Shimaki menolak dan melawan Animus, tetapi perlawanannya ditepis oleh Taiyō, yang bersekutu dengan Animus.
9"Akitani Inachika"
Transkripsi: "Akitani Inachika" (秋谷稲近)
Yui KōbeYūichirō MomoseIce Mugino3 September 2022 (2022-09-03)
Yūhi, yang sedang menggali lubang di pegunungan untuk pertempuran mendatang, menggali sebuah kotak. Di dalamnya, ada surat yang ditujukan kepada Yūhi dari Inachika Akitani, seorang ksatria ikan todak yang memiliki penglihatan masa depan. Yūhi mulai membaca buku yang ditinggalkan oleh Inachika yang berisi riwayat hidup Inachika yang menakjubkan.
10"Hekatonbaion and the Beast Knights"
Transkripsi: "Hekatonbaion to Kemono no Kishidan" (ヘカトンバイオンと獣の騎士団)
Takahiro OnoYūichirō MomoseYutaka Kagawa10 September 2022 (2022-09-10)
Para ksatria binatang pergi ke pantai untuk latihan pertarungan atas saran Mikazuki. Golem baru muncul di depan para ksatria binatang yang menikmati laut. Para ksatria binatang mencoba melawan golem itu, tetapi Animus muncul dan menculik Yūhi dan Samidare. Para ksatria binatang yang tersisa bertarung melawan golem yang memiliki kekuatan serangan terbesar itu, meskipun Mikazuki meninggalkan mereka demi mengejar Animus. Pada akhirnya, Yūhi dan Samidare berhadapan dengan Animus.
11"The Asahina Family"
Transkripsi: "Asahina-ke" (朝日奈家)
Shunji YoshidaYūichirō MomoseMinoru Yamaoka17 September 2022 (2022-09-17)
Para ksatria binatang berlatih dengan golem buatan Hyō Shimaki. Yūhi secara bertahap menguasai teknik Hangetsu. Sementara itu, Samidare kabur dari rumah dan pergi ke rumah Yūhi di sebelah rumahnya dengan alasan tidak ingin bertemu dengan ibunya. Meskipun Yūhi senang dengan kehadiran Samidare di rumahnya, ia akhirnya dibawa oleh Hisame ke rumah keluarga Asahina untuk menginap.
12"The Spirit Anima and the Beast Knights"
Transkripsi: "Seirei Anima to Kemono no Kishidan" (精霊アニマと獣の騎士団)
Kiyoto NakajimaYūichirō MomoseRyōji Fujiwara24 September 2022 (2022-09-24)
Roh Anima tiba-tiba muncul bersama Samidare di hadapan Yūhi. Anima kemudian mengumpulkan para ksatria binatang dan tiba-tiba meningkatkan kekuatan Dance Dark menjadi ksatria binatang mitologi. Saat golem baru muncul, Samidare tidak bisa bergerak karena efek penggunaan kekuatan Anima terhadap Dance Dark. Para ksatria binatang memutuskan untuk melawan golem tanpa Samidare.
Spesial"Lucifer and the Biscuit Hammer, First Half"
Transkripsi: "Hoshi no Samidare Zenpansen" (惑星のさみだれ 前半戦)
N/AN/AN/A1 Oktober 2022 (2022-10-01)[e]
Mengulas episode 1 hingga episode 12 dari sudut pandang Noi Crezant.
13"The Hero, Kusakabe Tarou"
Transkripsi: "Yūsha Kusakabe Tarō" (勇者 日下部太朗)
Shigeki AwaiYūichirō MomoseKoichi Chigira8 Oktober 2022 (2022-10-08)
Tarō selalu khawatir tentang kemungkinan besar kematian Hanako karena keinginan kontrak ksatria yang telah disalahgunakan oleh Hanako. Sementara itu, para ksatria binatang terpaksa bertarung melawan golem baru bernama Boedromion yang telah muncul. Tarō berdiri di depan Hanako dalam pertempuran melawan golem baru yang semakin kuat setiap kali muncul.
14"The Knight, Sorano Hanako"
Transkripsi: "Kishi Sorano Hanako" (騎士 宙野花子)
Seung Deok KimYūichirō MomoseRyōji Fujiwara15 Oktober 2022 (2022-10-15)
Para ksatria binatang merasa sedih karena kehilangan Tarō, tetapi Hanako tidak dapat meneteskan air mata. Di hadapan Hanako, golem baru bernama Maimakterion muncul dan menyamar sebagai Tarō. Hanako sangat kesal, tetapi saat ia mengingat masa lalunya dengan Tarō, ia mendapatkan kembali ketenangannya ketika ia melihat perbedaan antara senyum asli Tarō dengan senyum palsu. Pada akhirnya, Hanako menantang golem Boedromion dalam pertempuran berkabung Tarō.
15"Amamiya Yuuhi and the Shinonome Brothers"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Shinonome Kyōdai" (雨宮夕日と東雲兄弟)
Ho Se LeeYūichirō MomoseMinoru Yamaoka22 Oktober 2022 (2022-10-22)
Mikazuki mengajak Yūhi untuk bekerja paruh waktu berbahaya bersamanya, yang didapatkan dari Hangetsu. Setelah pekerjaan paruh waktu tersebut, saat pesta minum bersama Samidare dan Anima, Mikazuki menceritakan kenangannya bersama Hangetsu kepada Yūhi. Mendengar cerita Mikazuki, Yūhi menantang Mikazuki untuk berduel lagi.
16"Yukimachi and Subaru"
Transkripsi: "Yukimachi to Subaru" (雪待と昴)
Yui KōbeYūichirō MomoseRyōji Fujiwara29 Oktober 2022 (2022-10-29)
Subaru dan Yukimachi mengingat masa lalu tentang pertemuan mereka dengan Lee dan Ron serta hari-hari mereka bersama Inachika Akitani. Mereka juga mengungkapkan keinginan yang sama seperti ksatria lainnya. Sementara itu, Taiyō menjalin persahabatannya dengan golem baru pengubah bentuk bernama Maimakterion.
17"The Hero and the Children"
Transkripsi: "Hīrō to Kodomotachi" (ヒーローと子供達)
Shunji YoshidaYūichirō MomoseIchizō Kobayashi5 November 2022 (2022-11-05)
Golem bernama Puanepsion selalu muncul tidak peduli berapa kali ia dikalahkan. Ia memburu para ksatria binatang bersama Maimakterion, yang meniru tokoh Magical Marie, hingga para ksatria nyaris tidak berhasil menyingkirkan dua golem itu. Taiyō, yang menyaksikan keberhasilan para ksatria dewasa dalam pertempuran, perlahan membuka diri kepada mereka.
18"Amamiya Yuuhi and Shinonome Hangetsu"
Transkripsi: "Amamiya Yūhi to Shinonome Hangetsu" (雨宮夕日と東雲半月)
Ryō ŌkuboYūichirō MomoseIce Mugino12 November 2022 (2022-11-12)
Suatu hari, Yūhi menerima berita tentang kematian kakeknya. Yūhi merenungkan ingatan kakeknya dan berteriak untuk mematahkan kutukan kakeknya, lalu ia akan diuji oleh Anima di dunia mimpi. Orang yang ditemuinya selama ujian itu adalah seseorang yang sangat baik padanya.
19"Maimakterion and the Beast Knights"
Transkripsi: "Maimakuterion to Kemono no Kishidan" (マイマクテリオンと獣の騎士団)
Inko MinaminoNoboru AkafukuRyōji Fujiwara19 November 2022 (2022-11-19)
Maimakterion muncul di depan para ksatria binatang di mana Yūhi dan Samidare tidak ada. Para ksatria binatang dikalahkan tanpa daya oleh kekuatan luar biasa dari Maimakterion. Maimakterion mengumumkan bahwa ia akan muncul kembali dalam sepuluh hari dan pergi meninggalkan mereka. Para ksatria binatang bersiap untuk pertempuran dengan pemikiran mereka sendiri.
20"Anima and Animus"
Transkripsi: "Anima to Animusu" (アニマとアニムス)
Seung Deok KimNoboru AkafukuRyōji Fujiwara26 November 2022 (2022-11-26)
Anima dan Animus adalah penyihir dari masa depan yang jauh. Ketika mereka masih kecil, mereka berdua adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat ulang-alik milik sebuah organisasi rahasia. Dari sana, pertempuran antara Animus yang menghancurkan bumi dan para ksatria binatang di bawah Anima dimulai. Dan seiring berjalannya waktu, Anima bertemu dengan Yūhi dan Samidare saat mereka masih kecil.
21"The Last Battle"
Transkripsi: "Saigo no Tatakai" (最後の戦い)
Shunji YoshidaYūichirō MomoseRyōji Fujiwara3 Desember 2022 (2022-12-03)
Para ksatria binatang akhirnya menghadapi pertempuran terakhir melawan Animus. Mereka menantang golem terakhir Animus, Poseideon, dan Palu Biskuit akhirnya diaktifkan.
22"Lucifer and the Biscuit Hammer Part 1"
Transkripsi: "Hoshi no Samidare" (惑星のさみだれ)
Ho Se LeeYūichirō MomoseKoichi Chigira10 Desember 2022 (2022-12-10)
Samidare berhasil menghancurkan Palu Biskuit milik Animus. Akhirnya, pertempuran antara Animus dan para ksatria binatang dimulai.
23"Lucifer and the Biscuit Hammer Part 2"
Transkripsi: "Wakusei no Samidare" (ほしのさみだれ)
Ho Se LeeYūichirō MomoseKoichi Chigira17 Desember 2022 (2022-12-17)
Para ksatria binatang akhirnya mengalahkan Animus. Samidare memberitahu para ksatria binatang tentang rencananya untuk menghancurkan bumi. Untuk menghentikan kehancuran bumi, para ksatria binatang menantang Yūhi yang melindungi Samidare. Pertempuran sejati untuk nasib bumi dimulai.
24"Ending and Continuing"
Transkripsi: "Owaru Mono to Tsudzuku Mono" (終わるものと続くもの)
Ho Se LeeYūichirō MomoseKoichi Chigira24 Desember 2022 (2022-12-24)
Semua pertempuran telah berakhir dan inilah waktunya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para ksatria binatang dan pengikut mereka. Yūhi dan Mikazuki memulai duel demi harga diri mereka di samping pengikutnya yang menghilang. Dan akhirnya, waktu akan berlalu. Para ksatria binatang yang telah berbagi hidup mereka dan mengatasi pertempuran hidup atau mati akan bertemu lagi.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Semua judul bahasa Inggris diambil dari Crunchyroll.[35]
  2. ^ Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.
  3. ^ Episode ini ditayangkan pada pukul 02:15 JST, 20 menit setelah waktu tayang aslinya.
  4. ^ Episode ini ditayangkan pada pukul 02:00 JST, 5 menit setelah waktu tayang aslinya.
  5. ^ Episode ini ditayangkan pada pukul 02:20 JST, 25 menit setelah waktu tayang aslinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Green, Scott (6 Maret 2012). ""Hoshi no Samidare" Debuts on JManga". Crunchyroll. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  2. ^ a b c d Pineda, Rafael Antonio (16 Maret 2022). "Lucifer and Biscuit Hammer Anime Reveals 4 Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal 16 Maret 2022. 
  3. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y Hodgkins, Crystalyn (16 April 2022). "Lucifer and the Biscuit Hammer Anime Reveals 24 More Cast Members, July Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 16 April 2022. 
  4. ^ 北元杏奈 [@ANNA_kitamoto] (14 Agustus 2022). "惑星のさみだれ 第5話にて 幼い半月を演じさせていただきました!半月さん...😢 AbemaTVやdアニメストアなどでも観れるので是非🌟 #惑星のさみだれ" (Tweet). Diakses tanggal 6 Oktober 2022 – via Twitter. 
  5. ^ 集貝 はな [@HN_TMGI_] (14 Oktober 2022). "TVアニメ「惑星のさみだれ」第14話 幼い太朗 役で出演させていただきました!配信等もございますのでぜひご覧ください👀✨ #惑星のさみだれ" (Tweet). Diakses tanggal 15 Oktober 2022 – via Twitter. 
  6. ^ "TOPICS" (dalam bahasa Jepang). Shōnen Gahōsha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Mei 2005. Diakses tanggal 24 Januari 2022. ★奇才、待望の新連載 [惑星のさみだれ]水上悟志 
  7. ^ YOUNGKING OURS 2005年6月号 (dalam bahasa Jepang). Shōnen Gahōsha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 Juli 2005. Diakses tanggal 24 Januari 2022. 
  8. ^ アワーズ付録、平野耕太「ドリフタ」1巻続きを別冊で網羅. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. 30 Agustus 2010. Diakses tanggal 24 Januari 2022. 
  9. ^ 惑星のさみだれ 第1巻( 水上悟志 ) (dalam bahasa Jepang). Shōnen Gahōsha. Diakses tanggal 24 Januari 2022. 
  10. ^ 惑星のさみだれ 第10巻( 水上悟志 ) (dalam bahasa Jepang). Shōnen Gahōsha. Diakses tanggal 24 Januari 2022. 
  11. ^ "JManga Adds The Lucifer and Biscuit Hammer, More Harlequin Manga". Anime News Network. 29 Februari 2012. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  12. ^ "JManga Adds 2 Works from Fumiko Shusai". Anime News Network. 28 Desember 2012. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  13. ^ a b "Seven Seas Adds The Lucifer and Biscuit Hammer Manga". Anime News Network. 11 November 2013. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  14. ^ Green, Scott (11 November 2011). ""Hoshi no Samidare" Debuts on JManga". Crunchyroll. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  15. ^ "Crunchyroll Manga Adds The Lucifer and Biscuit Hammer, Kippo to Catalog". Anime News Network. 28 September 2014. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  16. ^ "Hoshi no Samidare The Lucifer and Biscuit Hammer / 1". BookWalker. Diakses tanggal 9 Desember 2015. 
  17. ^ 惑星のさみだれ 1 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  18. ^ a b c d e f g h i j "Lucifer and the Biscuit Hammer". Seven Seas Entertainment. Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  19. ^ 惑星のさみだれ 2 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  20. ^ 惑星のさみだれ 3 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  21. ^ 惑星のさみだれ 4 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  22. ^ 惑星のさみだれ 5 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  23. ^ 惑星のさみだれ 6 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  24. ^ 惑星のさみだれ 7 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  25. ^ 惑星のさみだれ 8 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  26. ^ 惑星のさみだれ 9 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  27. ^ 惑星のさみだれ 10 (ヤングキングコミックス). Amazon.co.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 3 Oktober 2015. 
  28. ^ "Satoshi Mizukami's Lucifer and Biscuit Hammer Manga Gets TV Anime This Summer". Anime News Network. 24 Januari 2022. Diakses tanggal 24 Januari 2022. 
  29. ^ Pineda, Rafael Antonio (24 Juni 2022). "Lucifer and the Biscuit Hammer Anime's Video Reveals Theme Songs". Anime News Network. Diakses tanggal 24 Juni 2022. 
  30. ^ Mateo, Alex (3 Oktober 2022). "Lucifer and the Biscuit Hammer Anime's Video Previews 2nd Part, New Theme Songs". Anime News Network. Diakses tanggal 3 Oktober 2022. 
  31. ^ Mateo, Alex (22 Juni 2022). "Crunchyroll Announces Release Schedule for Summer 2022 Anime Season". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Juni 2022. 
  32. ^ Pineda, Rafael Antonio (22 Juli 2022). "Crunchyroll Reveals Dub Casts for Lucifer and the Biscuit Hammer, Shadows House Season 2". Anime News Network. Diakses tanggal 22 Juli 2022. 
  33. ^ "【MUSE ASIA 2022 DISTRIBUTION ANNOUNCEMENT】 《The Lucifer and Biscuit Hammer》 Coming to you in Summer 2022!". Facebook. 16 April 2022. Diakses tanggal 17 April 2022. 
  34. ^ "Terebi Anime "Hoshi no Samidare" Kōshiki Saito" TVアニメ『惑星のさみだれ』公式サイト [TV Anime "Lucifer and the Biscuit Hammer" Official Website]. hoshinosamidare.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 9 Juli 2022. 
  35. ^ "Lucifer and the Biscuit Hammer - Watch on Crunchyroll". Crunchyroll. Diakses tanggal 9 Juli 2022. 
  36. ^ "惑星のさみだれ | スーパーアニメイズム | MBS 毎日放送". MBS (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 22 Juli 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]